Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Memahami Pengertian dan Fungsi URL pada Website

by Lakuuu 2 April 2022

memahami-pengertian-dan-fungsi-url-pada-website

Mungkin sebagian Sobat Lakuuu masih belum mengetahui dengan jelas pengertian dan fungsi URL pada mesin pencarian Google. Kepanjangan dari kata itu sendiri adalah Uniform Resource Locator.

Hidup di zaman teknologi serba canggih ini, manusia dituntut untuk bisa beradaptasi cepat dengan perkembangannya. Termasuk mempelajari lebih jauh seputar sistem jejaring internet yang dapat mengakses berbagai informasi dengan cepat.

Terlebih, jika Sobat Lakuuu sekalian merupakan pebisnis yang ingin memanfaatkan pemasaran secara online. Seluk beluk dari membuat website dan menyebarkan link untuk promosi membutuhkan usaha agar hasilnya sempurna.

Karena itu, kami akan menjelaskan secara sederhana namun rinci seputar pengertian, fungsi, jenis hingga cara memasukannya ke dalam Google.

Memahami Pengertian dan Fungsi URL pada Website


Memasuki penjelasan mengenai pengertian serta fungsi URL, arti singkatan ini bisa dikatakan sebagai suatu rangkaian karakter. Di mana hasil dari tumpukan sistem itu membentuk sebuah format dengan standar tertentu.

Dari titik ini dapat digunakan untuk menemukan alamat sebuah sumber yang berada di internet. Baik tujuan informasi tersebut berupa teks, gambar, dokumen, video dan sebagainya.

Agar Sobat Lakuuu lebih mendapatkan gambarannya, maka dimulai dari bayangan saat ingin membuka sebuah file pada komputer atau laptop namun lupa letak pastinya. Lalu umumnya mencari perintah ‘search’ untuk mencarinya.

URL secara sederhananya sama dengan kerja sistem pada komputer atau laptop itu. Jika dijabarkan dengan kalimat jelas yang terstruktur maka, URL berfungsi sebagai pengenal situs di internet.

Karena itu, jika Sobat Lakuuu berniat untuk membuat suatu website, baik sebagai blog pribadi, perusahaan atau bisnis lainnya, harus mengirimkan alamat situs ke mesin pencari seperti Google.

Dengan begitu, pengguna internet dapat dengan mudah melacak situs Sobat Lakuuu sesuai dengan kata kunci yang diminta. Dan memungkinkan Google untuk bisa mempromosikan situs secara gratis.

Pengertian dan fungsi URL, sudah menyimpulkan beberapa alasan mengapa zaman ini tidak lagi atau jarang menggunakan IP Address. Selain caranya kurang efektif, Sobat Lakuuu perlu menghafal daftar IP Adress setiap website.

Karena itu, kehadiran URL di tengah padatnya aktivitas jejaring internet serta pengguna online sangat memudahkan penelusuran untuk mencari informasi. Sebagai saran, Sobat Lakuuu perlu memastikan alamat website sudah cukup mudah diingat.

4 Bagian URL dan 2 Jenisnya


Pengertian dan fungsi URL merupakan pembuka yang membawa Sobat Lakuuu kepada tahap mengenal dua jenis dengan bagian komponennya. Berikut 4 bagiannya:

1.  Domain.

Domain merupakan identitas atau nama dari alamat situs yang Sobat Lakuuu miliki. Terdapat dua jenis yaitu, berbayar seperti .com, .net juga .info, lalu gratis, blogger.com.

2.  Protokol.

Protokol termasuk komponen penting yang berfungsi untuk memudahkan pengguna internet membuka tautan tanpa harus menuliskan ulang. Nama dari komponennya adalah http (Hypertext Transfer Protocol).

3.  Direktori.

Sesuai pengertian dan fungsi URL, maka sistemnya juga akan berhubungan dengan direktori yang merupakan kategori untuk penutup, letaknya di belakang domain.

4.  Nama Host Komputer.

Bagian yang berada di paling akhir nama host komputer disebut World Wide Web (www). Namun, tidak semua website kini menggunakannya.

Setelah komponen bagian, maka ada dua jenis URL, yaitu Absolut dan Relative. Absolute merupakan tampilan struktur lengkap dengan menyertakan nama domain. Alamat yang ada pada sistem ini langsung menentukan lokasi.

Dan format susunannya dari sebuah URL Absolute adalah Domain-Direktori-Dokumen. Tepatnya, direktori terletak di domain, sedangkan dokumen ada dalam suatu direktori domain utama.

Yang kedua adalah, URL Relative, yaitu sistem menentukan sebuah alamat aktif saat itu. Sistem ini tidak memiliki penyusunan baku seperti URL Absolute.

Cara Memasukan URL ke Google


Pengertian dan fungsi URL, serta komponen dengan jenisnya sudah diketahui jelas, kini bagaimana caranya memasukan URL ke dalam Google? Cara sederhana ini diharapkan dapat menjadi penuntun, berikut beberapa langkahnya :

Pertama, Sobat Lakuuu mengunjungi halaman pengiriman URL Google. Ada dua cara, yang paling sederhana adalah memasukkan alamat websitenya untuk mencapai halaman sama. Setelah itu diminta memasukan informasi akun.

Kedua, setelah masuk ke dalam halaman, akan ada kolom perintah yang fungsinya memasukan URL sobat Lakuuu. Sehingga setelah terdaftar, Google dapat memunculkannya pada mesin pencarian.

Tahap ketiga, memasukan huruf-huruf pengecekan demi memastikan Sobat Lakuuu mengirim dengan cara manual bukan mesin atau sampah sistem. Karena kasus seperti ini sudah sering terjadi.

Terakhir, jika “Add URL” muncul Sobat Lakuuu hanya perlu mengklik dan proses penambahan URL mungkin memakan waktu hingga 60 hari. Saran ini sebagai solusi bagi Sobat Lakuuu yang ingin mendaftar.

Terlebih bagi Sobat Lakuuu yang memiliki bisnis online, mengetahui segala keseluruhan fungi dan cara memasukan link ke mesin pencarian Google merupakan hal utama.

Karena itu, tulisan ini dapat Sobat Lakuuu jadikan langkah awalnya mengenal URL. Memahami pengertian dan fungsi URL lebih jauh akan memudahkan pengguna untuk bisa memanfaatkannya.