Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

5 Tips dan Trik Membuat Pelanggan Baru Jadi Pelanggan Setia

by Lakuuu 14 December 2021

membuat-pelanggan-baru-jadi-pelanggan-setia
Salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap pebisnis adalah mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia. Tentu, proses yang dilalui sangatlah menantang, mengingat ada beberapa area yang harus ditingkatkan, seperti kualitas produk atau jasa, serta pelayanan pelanggan.

Dengan meningkatkan dua hal di atas, nantinya akan banyak pelanggan yang kembali, karena mereka sudah mengetahui kualitas dari bisnis Sobat Lakuuu. Tak jarang, mereka juga akan merekomendasikan bisnis Sobat Lakuuu ke jaringan pertemanannya.

Berikut, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk membuat pelanggan baru menjadi pelanggan setia dengan mudah dan efektif.

5 Tips Agar Pelanggan Baru Jadi Pelanggan Setia dengan Mudah

Membangun hubungan yang baik antara brand dan pelanggan adalah kunci kesuksesan suatu bisnis. Dengan demikian, cobalah jangkau para pelanggan agar mereka merasa dihargai dan diakui keberadaannya sebagai seseorang yang penting.

Pastikan pelanggan merasa dilibatkan di berbagai aspek brand. Saat pelanggan sudah merasa dilibatkan, mereka akan sangat merasa dihargai dan yang kemudian dapat membangun relasi yang baik.

Berikut 5 cara yang bisa Sobat Lakuuu coba untuk membuat pelanggan terus kembali dan menjadi pelanggan tetap.

1. Berikan penawaran yang eksklusif

Salah satu trik marketing yang bisa Sobat Lakuuu terapkan agar pelanggan tetap tinggal dan menjadi loyal adalah dengan memberikan penawaran-penawaran yang bersifat eksklusif. Penawaran ini bisa berupa voucher belanja, reward yang bisa ditukarkan dengan barang tertentu, atau cashback.

Cobalah untuk rutin memberikan penawaran ini sebulan sekali, atau dalam beberapa bulan sekali. Cara ini nyatanya cukup efektif untuk membuat pelanggan tetap melakukan pembelian.

2. Mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan

Memahami masing-masing kebutuhan pelanggan adalah cara yang paling jitu untuk membuat pelanggan baru menjadi pelanggan setia. Cari tahu apa kebutuhan mereka, kemudian tawarkan produk atau jenis layanan apa yang cocok untuk menyelesaikan masalah mereka.

Kesigapan merek dalam menyelesaikan masalah pelanggan akan sangat berpengaruh terhadap keputusan lagi atau tidaknya seorang konsumen untuk berbelanja di kemudian hari.

3. Bangun komunikasi yang baik

Komunikasi yang dimaksud disini tidaklah terbatas hanya sapaan setiap bertemu dengan pelanggan atau mampu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Tapi, lebih daripada itu.

Jika Sobat Lakuuu memiliki toko offline, cobalah untuk berbincang-bincang singkat dengan pelanggan. Buat mereka nyaman terlebih dahulu. Berikan jokes yang mungkin akan disambut positif oleh konsumen, tanyakan apa kebutuhannya, dan segera tawarkan produk yang cocok.

Sobat Lakuuu juga bisa memberikan perhatian yang sama di media sosial. Cobalah untuk rutin membalas inbox atau DM yang masuk, dan membalas komen di setiap postingan. Ajak mereka untuk saling tanya jawab dengan memanfaatkan fitur stiker Instagram Story.

Dengan demikian, komunikasi antara pelanggan tidak terbatas berupa komersial saja, tetapi sudah lebih mendekat kepada kekeluargaan.

4. Lebihkan harapan pelanggan

Pelanggan sangat suka dengan kejutan. Berikan pelanggan perhatian lebih atau kejutan yang tidak pernah mereka sangka sebelumnya.

Pengantaran produk yang ternyata lebih cepat dari dugaan pelanggan, pembuatan produk yang diperkirakan selesai akhir bulan, tapi ternyata selesai hanya dalam seminggu adalah beberapa contoh yang bisa dilakukan.

Memberikan hadiah secara cuma-cuma juga bisa dilakukan agar mereka menjadi pelanggan tetap dan loyal dengan merek.

5. Tampakkan apresiasi ke pelanggan

Adapun apresiasi yang bisa diberikan adalah dengan memberikan penawaran-penawaran menarik untuk para pelanggan lama, seperti membagikan kartu hadiah, atau membuatkan program loyalti.

Bagi pelanggan baru, Sobat Lakuuu bisa menunjukkan benefit produk dan menonjolkan kualitas layanan pelanggan. Sobat Lakuuu juga bisa memberikan potongan harga khusus pelanggan baru di awal, agar mereka merasa senang.

Apresiasi sejatinya tidak hanya datang dari potongan harga atau promo-promo menarik, mengucapkan selamat ulang tahun melalui email, atau mengirimkan rangkaian bunga juga bisa dilakukan agar mereka merasa diapresiasi dan diakui keberadaannya.