Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Mengasah Skill Lebih Mudah dengan 5 Platform Ini

by Lakuuu Team 14 October 2021

mengasah-skill
Ada berbagai hal yang bisa Sobat Lakuuu kerjakan sambil menunggu panggilan job interview atau bahkan sekedar mengisi waktu luang, terlebih di masa pandemi. Salah satunya adalah dengan belajar hal baru. 

Kini, sudah banyak platform yang menghadirkan pembelajaran secara online yang bisa Sobat Lakuuu manfaatkan untuk mengasah dan belajar keahlian baru, baik gratis maupun berbayar. 

Berikut, 5 website pengembangan skill yang bisa Sobat Lakuuu gunakan untuk memperkaya kemampuan dari mana saja dan kapan saja. 

5 Daftar Platform Belajar Online untuk Mengasah Skill

1. Skill Academy by RuangGuru
Gambar: https://skillacademy.com/
Salah satu platform belajar online terbesar di Indonesia RuangGuru, merilis platform yang menjadi solusi dalam meningkatkan technical and soft skill di berbagai bidang, yang dipersembahkan khusus untuk para mahasiswa, umum, dan profesional. 

Hampir mirip dengan RuangGuru, Skill Academy memiliki banyak materi pembelajaran yang bisa Sobat Lakuuu pilih sesuai dengan minat atau kebutuhan, bersama mentor berpengalaman di masing-masing bidang. 

Konten belajar yang disajikan pun tidaklah membosankan. Sobat Lakuuu akan disuguhkan dengan teori pembelajaran dalam bentuk video yang atraktif, catatan dalam bentuk pdf, hingga kuis atau uji kompetensi di akhir pembelajaran.

Harga kelas online sangat bervariasi yang bisa disesuaikan dengan budget Sobat Lakuuu miliki. 

Dan, yang paling seru nya lagi adalah, ketika pembelajaran selesai, Sobat Lakuuu akan mendapatkan sertifikat digital sebagai tanda bukti kelulusan. Hebat bukan?

2. Luarsekolah
Gambar: https://luarsekolah.com/
Konsep yang serupa juga ditawarkan oleh Luarsekolah yang merupakan platform marketplace edukasi vokasi, dan pengembangan diri berbasis online. 

Sobat Lakuuu dapat memilih kelas sesuai dengan minat dan materi pengembangan diri yang ingin dipelajari. 

Selain dalam bentuk video dan pdf, konten pembelajaran yang disajikan juga tersedia dalam bentuk audio, yang bisa Sobat Lakuuu dengarkan di mana saja. 

Selain menawarkan pembelajaran kepada para muridnya, Luarsekolah juga memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk menjadi mentor dan membagikan ilmu yang dimiliki, demi mencerdaskan generasi di era sekarang. 

3. IndonesiaX
 
Gambar: https://www.indonesiax.co.id/
Satu lagi platform pengembangan diri asal Indonesia yang memiliki kualitas bahan ajar yang tidak boleh dipandang sebelah mata adalah IndonesiaX.

IndonesiaX merupakan platform penyedia kursus online yang dibawakan langsung oleh para instruktur berpengalaman dari universitas, institusi, dan para praktis dari berbagai bidang terbaik di Indonesia. 

Hal yang menarik dari IndonesiaX adalah hampir seluruh online course yang ditawarkan dapat diakses secara gratis, alias tanpa dipungut biaya apapun! 

4. Udemy
 
Gambar: https://www.udemy.com/
Setelah dari dalam negeri, kini kita terbang menuju platform pembelajaran online yang memiliki skala jauh lebih luas lagi bernama Udemy.

Udemy merupakan website belajar mengajar online yang dikhususkan bagi semua orang yang ingin belajar keterampilan baru sesuai dengan minatnya.

Walau platform belajar online ini bukan berasal dalam negeri, beberapa konten videonya memiliki subtitle yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. 

Sama seperti website self-improvement lainnya, Udemy juga akan memberikan penghargaan berupa sertifikat kelulusan setelah Sobat Lakuuu menyelesaikan kelas.

5. Skillshare
 
Gambar: https://www.skillshare.com/
Pasti Sobat Lakuuu sudah familiar dengan platform pengembangan diri Skillshare, bukan? Salah satu website belajar online ini memang sangat terkenal menyajikan ilmu-ilmu eksklusif dari para profesional di masing-masing bidang. 

Selain beragam, konten yang disajikan pun sangat berkualitas sehingga kegiatan belajar menjadi jauh lebih menyenangkan. 

Materi pembelajaran animasi, desain, ilustrasi, gaya hidup, fotografi, menulis, bisnis dan lainnya siap untuk Sobat Lakuuu jelajahi. 

Berbeda dengan platform pembelajaran kebanyakan yang menggunakan sistem bayar satu kali pada masing-masing kelas, Skillshare menerapkan sistem berlangganan per bulannya untuk bisa mendapatkan akses tanpa batas ke semua kelas.