Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Mengenal Android Studio untuk Pengembangan Aplikasi

by Lakuuu - 3 April 2022

mengenal-android-studio-untuk-pengembangan-aplikasi
Source: Android Police


Mengenal Android Studio untuk pengembangan aplikasi para developer menjadi hal utama yang perlu dipertimbangan dari aspek segala keuntungannya. Jika diingat, di zaman teknologi canggih manusia tidak pernah lepas dari gadget.

Inilah yang menyebabkan banyak peluang besar bagi para developer untuk unjuk gigi. Bersaing dalam segi kreativitas dan inovasi terbaik agar bisa menarik calon konsumen menyukai serta menggemari karyanya.

Salah satu sistem yang seakan menjadi dasar atau pusat teknologi adalah Android.  Dan sistem ini sudah disematkan pada berbagai perangkat lunak gadget yang sering Sobat Lakuuu gunakan yaitu, smartphone.

Smartphone memiliki dua jenis, yaitu android oleh Google berbasis Linux, dan Iphone. Android sendiri memiliki struktur sistem Open-Source. Sehingga Sobat Lakuuu dapat mengunggah dan mendownloadnya untuk digunakan sendiri.

Mengenal Android Studio untuk Pengembangan Aplikasi


Mengenal tentang Android Studio, rasanya akan terasa lebih lengkap jika mengetahui sekilas tentang seluk beluk sejarahnya. Andorid muncul pertama kali pada bulan Oktober 2003, di Palo Alto, California, USA.

Dasar tujuan pembuatannya sederhana dan sudah memikirkan jangka panjang, serta kenyamanan masing-masing penggunanya. Selain diluncurkan demi menciptakan tatanan praktis dari segi kemudahan, sistem ini dirancang untuk dapat mengerti user-nya.

Hal ini juga tidak terlepas dari fakta sistemnya yang Open-Source. Setelah itu, pada bulan Agustus 2005, sistemnya berhasil diakuisisi oleh Google Inc lengkap dengan seluruh sahamnya.

Hari bersejarah itulah yang membuat nama android dan Google saling bersanding hingga saat ini. Serta menambahkan sistem Linux sebagai penunjang kebutuhan mobile phone.

Dan pada akhirnya, tahun 2013, masyarakat dunia mengenal Android Studio untuk pertama kali. Melalui Google I/O Conference. Tidak butuh waktu lama, tahun 2014, Google sudah mampu mengeluarkan versi betanya.

Sistem inilah yang akan membantu Sobat Lakuuu memenuhi segala kebutuhan pengembangan aplikasi secara berkala, kapan saja, dan dengan cara praktis. Sistemnya dapat menyediakan wadah untuk mengelola manajemen file aplikasi.

Pada prosesnya ketika menggunakan sistem ini, Sobat Lakuuu hanya perlu menulis, mengedit, menyimpan dan menguji proyek beserta file yang diperlukan. Bahasa pemrograman yang diterapkan adalah Java.

Keunggulan dari perangkat ini sendiri sangat beragam, dan dapat dilihat dari segi berbeda. Umumnya, menggunakan sistem ini, Sobat Lakuuu sudah dapat mengakses Android Software Development Kit (SDK).

Komponen ini merupakan sebuah kode Java yang memungkinkan Sobat Lakuuu menyusuri secara mulus tanpa hambatan di device. Maka dari itu, untuk menjalankan Java dengan Android SDK diperlukan Android Studio.

Apa Saja Fitur yang Diberikan Android Studio?


Setelah mengenal Android Studio semakin jauh, Sobat Lakuuu juga perlu mengetahui apa saja fitur yang tersedia. Terlebih, ini demi mengantisipasi adanya bug pada aplikasi dan bisa segera diatasi. Berikut beberapa fiturnya:

1.    Environment, berfungsi untuk mempermudah Sobat Lakuuu yang ingin mengembangkan aplikasi.
2.    Support, fitur ini digunakan sebagai pengembang aplikasi dan Wear.
3.    Template, sesuai namanya, dasar dari komponen ini untuk menentukan desain masing-masing bagiannya.
4.    Editor Layout, digunakan untuk interface drag-and-drop.
5.    Refactoring, dapat memperbaiki secara cepat khusus sistem ini.
6.    Adanya dukungan build berbasis Gradle.
7.    Fitur Proguard.
8.    Emulator, yaitu komponen yang juga memiliki banyak fitur di dalamnya.
9.    Memungkinkan terintegrasi secara baik dengan Goolge Cloud Messaging dan App Engine.
10.   Pendukung kelengkapan program basic CXX dan NDK.

Jika sudah mengenal Android Studio hingga tahap ini, sudah dipastikan banyak sebagian dari Sobat Lakuuu yang tertarik untuk mencobanya. Karena itu, Kami akan menjelaskan cara mendownloadnya.

Sangat mudah, bisa langsung menuju situs resmi Androd yang juga sudah akan mendapatkan SDK-nya. Dan untuk proses running aplikasi Sobat Lakuuu membutuhkan JDK (Java Development Kit).

Satu hal penting yang harus dipastikan, sediakan storage cukup ketika mendownloadnya pada komputer atau laptop agar terpasang dengan benar dan lancar.

Kelebihan Android Studio Jika Digunakan oleh Developer


Seperti mempelajari sebuah mata pelajaran di sekolah, ketika Sobat Lakuuu menyelesaikan satu bab, maka diperlukan pemahaman atas bab lainnya. Sama halnya dengan mengenal Android Studio, kini akan mendalami kelebihannya.

Bagi Sobat Lakuuu yang sangat menggemari bidang teknologi, ini dapat menjadi sebuah tiket menuju peluang besar.

Karena itu, untuk meningkatkan kepercayaan pada sistemnya, dan demi kelancaran pengembangan karya, ada beberapa alasan sistem ini baik digunakan. Pertama, mempercepat segala proses pembuatan aplikasi Sobat Lakuuu.

Kedua, Android Studio dikemas dengan sebuah tools sederhana, sehingga mudah dipahami dan digunakan. Dan dengan satu tools saja, Sobat Lakuuu sudah mendapatkan banyak keuntungan, serta terasa jika semua menjadi praktis.

Ditambah lagi dengan tools testing atau pengujian aplikasi. Ketiga, dapat menghemat waktu kerja sehingga tetap masih dapat produktif. Keempat, menambah ilmu coding secara otodidak atau dibantu professional.

Sebagai seorang perancang dengan berbagai ide kreatif dan penuh inovasi, sudah pasti Sobat Lakuuu menginginkan segalanya lancar namun tetap nyaman digunakan.

Karena itu, dibutuhkan perangkat lain demi melengkapi kegiatan tersebut. Mengenal Android Studio beserta fiturnya, dapat  menunjang kinerja developer yang ingin  mengembangkan aplikasinya menjadi lebih mudah.
Bagikan artikel