Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Mengenal Gaya Hidup IKIGAI dan Penerapannya untuk Bisnis

by Lakuuu 21 April 2022

mengenal-gaya-hidup-ikigai-dan-penerapannya-untuk-bisnis

Membangun bisnis bukanlah hal mudah, namun hal tersebut dapat diterapkan dengan gaya hidup IKIGAI yang berasal dari istilah bahasa Jepang. Bisa dikatakan, istilah ini merujuk pada kesenangan dan makna dari kehidupan.

Jika merujuk pada arti secara harfiah, kata tersebut berasal dari ‘iki’ yang memiliki arti kehidupan dan ‘gai’ berarti nilai. Dengan begitu, bisa dikatakan lifestyle ini merupakan alasan hidup dari ketika bangun pada pagi hari.

Menerapkan gaya hidup dengan IKIGAI juga bisa diterapkan dalam menjalani bisnis karena memiliki pilar dan konsep yang mendukung. Sobat Lakuuu juga dapat menyesuaikan passion, kebutuhan, kesukaan, juga keahlian dalam menghadapi dunia kerja.


Beberapa Pengertian Gaya Hidup IKIGAI


Sebelum masuk dalam tips gaya hidup ini dalam dunia bisnis, maka ada baiknya jika mengerti lebih dulu pengertiannya. Dengan begitu, Sobat Lakuuu yang ingin mencobanya tidak akan hal sulit untuk dilakukan.

Terdapat empat elemen penting dalam irisan IKIGAI, yaitu Passion, Vocation, Profession, dan juga Mission. Jika Sobat Lakuuu ingin menemukan konsep gaya hidup IKIGAI ini, maka perlu untuk menyeimbangkan keempatnya dan saling melengkapi.

Ada penjelasan mengenai keempat pilar tersebut agar hidup menjadi lebih memiliki makna dan terasa bahagia. Berikut pengertiannya satu per satu.

1. Passion
Passion berkaitan dengan kegiatan yang disenangi dan membuat seseorang menjadi lebih bergairah dalam melakukannya. Ini bisa jadi merupakan hobi maupun kesenangan pribadi dari masing-masing orang.


2. Vocation
Selanjutnya adalah vacation yang merupakan pendapatan dari sesuatu yang dilakukan. Karena bagaimanapun juga setiap orang memerlukan penghasilan untuk bertahan hidup dan memenuhi semua kebutuhannya.


3. Profession
P
rofession menjadi sesuatu di mana seseorang merasa telah ahli dalam bidangnya. Keahlian bisa didapatkan melalui beberapa hal baik dari menempuh pendidikan maupun mengikuti kursus-kursus pelatihan.

4. Mission
Mission merupakan sesuatu yang dibutuhkan lingkungan di sekitar dan Sobat Lakuuu bisa berkontribusi meskipun dalam hal-hal kecil. Terkadang memang tidak sesuai dengan passion namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.


Pilar-pilar dalam Gaya Hidup IKIGAI


Bukan hanya empat elemen penting, dalam gaya kehidupan IKIGAI juga terdapat lima pilar. Semua pilar ini akan menjadi penopang dalam konsep itu sendiri.

Pilar pertama adalah dengan mengawali hari di pagi hari dengan hal-hal kecil bersifat positif. Bisa saja dengan bersyukur sehingga memberikan semangat baru untuk melakukan berbagai kegiatan pada hari tersebut.

Pilar kedua adalah dengan membebaskan diri sendiri, berpikir polos dan apa adanya seperti anak kecil. Cara pandang anak-anak ini akan membuat seseorang lebih merasa senang dan kehidupan bisa mengalir dan bebas dari segala beban.

Pilar ketiga merupakan keselarasan dan juga kesinambungan karena sebagai makhluk sosial maka harus hidup berdampingan dan tetap selaras. Gaya hidup IKIGAI juga merupakan cara menghargai juga menghormati karakter sertiap orang di sekitar.

Pilar keempat merupakan kegembiraan pada hal kecil dan menghargainya. Dengan hal-hal kecil yang dihargai, maka nantinya akan menghasilkan karya luar biasa.

Pilar terakhir adalah menikmati waktu serta kondisi yang saat ini sedang dijalani. Meskipun keadaan sekitar merupakan hal-hal sederhana, namun hidup bisa menjadi lebih bermakna jika dihargai dan dinikmati.


Tips Gaya Hidup IKIGAI untuk Bisnis


Gaya dalam kehidupan IKIGAI tidak hanya akan membuat hidup menjadi lebih bahagia dan bermakna, namun juga dapat diterapkan ketika akan memulai bisnis. Tips untuk melakukannya adalah seperti penjelasan berikut.


1. Bisnis Sesuai Passion
Setiap orang pasti memiliki passion dan juga termasuk dari elemen penting dari lifestyle dari Jepang ini. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis pastikan terlebih dahulu passion yang Sobat Lakuuu miliki karena tentu akan berbeda dengan yang lain.

Daripada mencuri ide bisnis orang lain, lebih baik mempelajari cara kerja bisnis yang dapat diterapkan nantinya. Tentu saja sesuai dengan passion dari Sobat Lakuuu. Jika memiliki lebih dari satu passion, maka dapat menghubungkannya dengan pelanggan sebagai sasaran bisnis.

2. Bisnis Sesuai Keahlian
Selain sesuai dengan passion, bisa juga menyesuaikannya dengan keahlian yang memang sudah dikuasai. Dengan begitu, Sobat Lakuuu juga akan memiliki kesempatan lebih besar untuk berhasil dalam berbisnis sebab ilmu yang dimiliki akan sangat membantu.

Memiliki passion tanpa keahlian akan kurang sempurna dalam penguasaannya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika mempelajari ilmu lebih dalam lagi dengan pendidikan, kursus, maupun seminar-seminar agar semakin mahir.

3.
Bisnis yang Dibutuhkan
Sobat Lakuuu dapat memiliki target penjualan juga keuntungan untuk dicapai jika produk tepat sasaran. Artinya, menjual sebuah produk dari kalangan tertentu misalnya anak-anak, remaja, atau orang tua yang memang banyak dibutuhkan.

4. Bisnis Tepat Monetisasi
Monetisasi merupakan cara mengubah sesuatu agar mendapatkan keuntungan lebih, setidaknya balik modal bisa cepat. Jika Sobat Lakuuu gagal dalam monetisasi, maka ada baiknya untuk mempelajarinya perlahan demi perlahan.

Memiliki bisnis yang lancar bukan sesuatu yang mudah dilakukan jika tidak menggunakan cara-cara dan lifestyle yang tepat. Gaya hidup IKIGAI merupakan salah satu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan bisnis yang sedang dijalani.