Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Lakuuu

Meningkatkan Traffic dan Penjualan dengan Email Marketing

by Lakuuu Team 16 August 2021

meningkatkan-traffic-dengan-email-marketing
Email marketing saat ini baik penggunaannya untuk meningkatkan traffic dan penjualan. Strategi marketing online saat ini sebagai salah satu strategi yang paling menjanjikan. Untuk Sobat Lakuuu implementasikan di berbagai bisnis.

Biasanya dengan adanya perkembangan teknologi saat ini. Hal itu yang akan menuntut segalanya menjadi cepat dan praktis. Salah satu strateginya dengan menggunakan email. Kebanyakan orang saat ini rajin mengecek email setiap harinya.

Strategi marketing online satu ini, dengan sebuah istilah kegiatan mengirimkan pesan yang komersial. Seperti halnya promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership, dan yang lainnya.

Inilah Cara Meningkatkan Traffic dan Penjualan dengan Email Marketing

Hampir setiap orang menggunakan media email. Sehingga strategi marketing online ini akan membantu menyampaikan pesan lebih cepat dan mudah. Untuk itu ketahui cara meningkatkan penjualan dengan strategi marketing online berikut ini.

Memiliki Tujuan Jelas

Saat merencanakan menggunakan strategi marketing online satu ini. Tentunya harus memiliki tujuan yang jelas. Adanya tujuan akan membantu Sobat Lakuuu membangun strateginya dengan orientasi pada hasil.

Seperti halnya dalam bentuk peningkatan penjualan atau traffic ke website. Selain itu dapat digunakan untuk komunikasi dengan pelanggan setia atau jumlah akun baru.

Membuat Nama Domain yang Sesuai

Sebelum mengirimkan email, pastikan sudah membuat nama domain yang tepat. Apabila memiliki nama domain yang tepat, akan membantu memiliki alamat email yang profesional. Sebaiknya tidak menggunakan platform email marketing gratisan atau sembarang nama domain. Sobat Lakuuu dapat memilih menggunakan nama domain baru dengan ekstensinya yang unik.

Menggunakan nama dan ekstensi domain yang unik tidak hanya akan tampak keren. Namun juga menjadikan email Sobat Lakuuu berbeda dari yang lain. Sehingga sebelum Sobat Lakuuu mengirimkan email, perlu memastikan terlebih dahulu. Sobat Lakuuu sudah memiliki nama domain dan alamat email yang tampak profesional. 

Memiliki Email Personal

Semakin banyak hal yang menjadi digital dan mudah dalam mengaksesnya. Maka semakin penting pula, komunikasi ke konsumen yang lebih personal. Email yang personal dan menyenangkan, nantinya akan meningkatkan angka transaksinya. Bahkan angka transaksinya dapat mencapai enam kali lipat. 

Untuk membuat email marketing yang personal cukup mudah. Awalnya dengan melakukan pengumpulan data saat pelanggan melakukan sign-up ke website Sobat Lakuuu. Kemudian menggunakan data personal tersebut dalam email. Seperti dengan menambahkan nama pelanggannya ke subjek email yang dikirimkan. Cara ini akan membantu Sobat Lakuuu meningkatkan traffic. Hal itu karena pelanggan merasa bahwa email tersebut memiliki khusus kepadanya.

Mengetahui Target Bisnis

Perlunya mengetahui target audiens bisnis Sobat Lakuuu. Hal itu sebagai kunci sukses mengirimkan email marketing yang tepat. Sobat Lakuuu perlu membagi penerima email pada kelompok atau segmen secara khusus. Dengan cara membagi segmen tersebut atas kebutuhan pelanggan. Selain itu mengenai produk yang pernah dibeli, topik yang disukai pelanggan, dan lainnya.

Sobat Lakuuu dapat membuat segmen dari lokasi, industri, jabatan, ataupun konten yang sering dinikmati. Sehingga Sobat Lakuuu  dapat mengetahui cara melakukan komunikasi via email dengan pelanggan. Namun, sebaiknya saat berkomunikasi tetap perlu mengutamakan tujuan utama dari bisnis.

Membuat Subjek Email Menarik

Subjek email marketing yang panjang sebenarnya tidak terlihat bagus. Nantinya malah akan menjadikan email yang Sobat Lakuuu buat berakhir di spam. Sebaiknya membuat subjek yang singkat, mudah dipahami, dan jelas. Subjek tersebut perlu menunjukkan isi dari email yang dikirimkan. Hal yang perlu Sobat Lakuuu ingat, dengan menghindari penggunaan huruf kapital dan tanda seru.

Sobat Lakuuu juga perlu menghindari kata-kata yang dianggap spam. Seperti kata murah, gratis, penawaran terbatas, garansi, dan yang lainnya. Kata-kata tersebut tampak menunjukkan tujuannya untuk menjual produk. Hal itu mungkin menjadikan penerima email enggan membukanya.

Pastikan Sobat Lakuuu membuat subjek yang membuat rasa penasaran pelanggan. Kemudian, pada bagian badan email yang membuat pelanggan dapat terpukau. Sehingga Sobat Lakuuu dapat meningkatkan open rate email tersebut.

Menggunakan Gambar Menarik

Email marketing yang memiliki banyak teks akan menjadikan penerimanya kehilangan rasa ingin tahu. Hal itu dengan mudah menebaknya dan akan cepat-cepat menutup email tersebut. Namun email yang memiliki gambar yang tepat. Kemungkinan akan tampak lebih menarik bagi pelanggan.

Email promosi tentunya memiliki pengaruh besar, apabila memiliki gambar yang menarik dan tepat. Sobat Lakuuu juga perlu untuk membuat call to action yang tepat. Tanpa hal tersebut, kampanye email marketing kemungkinan akan menjadi gagal.

Setiap email yang dikirim sebaiknya terdapat tombol CTA pada bagian akhirnya. Isi tombol CTA ini dengan aksi spesifik, agar pelanggan Sobat Lakuuu melakukan sesuatu setelah membacanya. Pastikan bahwa CTA tersebut sudah tampak lebih jelas.

Memilih strategi dengan menggunakan email marketing salah satu pilihan tepat. Untuk dapat membantu meningkatkan traffic dan penjualan.