Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

4 Cara Agar Motivasi Semangat Kerja Selama WFH Selalu Membara

by Lakuuu Team 26 August 2021

motivasi-kerja-selama-wfh
Motivasi semangat kerja bagi Sobat Lakuuu yang harus melakukan kerja dengan sistem work from home (WFH) atau kerja dari rumah memang sangat diperlukan.  Mengingat bekerja membutuhkan berbagai konsentrasi yang penuh, hal ini bisa menjadi kurang maksimal ketika dilakukan di tempat yang tidak seharusnya.

Terlebih untuk  pekerja baru dalam sebuah kantor yang seharusnya masih membutuhkan berbagai bimbingan dari senior. Kemudian berbagai keseruan dalam kantor yang belum sempat dirasakan bisa menjadi salah satu penyebab semangat menjadi down.

Inilah 4 Pilihan Motivasi Semangat Kerja Selama Kebijakan WFH (Work From Home)

Di masa pandemi ini, salah satu dampaknya adalah berbagai sistem dan aktivitas yang harus dijalankan dari dalam rumah melalui teknologi digital. Seperti halnya dengan pembelajaran dan pekerjaan dalam sebuah kantor non esensial yang menerapkan daring dan WFH (work from home).

Sistem ini diterapkan karena berbagai dukungan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan bisa diakses oleh semua orang. Sehingga meskipun dari rumah pegawai tetap bisa bekerja secara produktif dengan berbagai kemudahan dan lebih efektif.

Selain itu, hal ini terpaksa diterapkan untuk menekan angka penyebaran covid-19 yang sampai saat ini masih meresahkan masyarakat dunia. Kemudian manfaat yang selanjutnya adalah untuk mengurangi biaya operasional bagi perusahaan yang cukup signifikan.

Dengan menggunakan  sistem ada beberapa keuntungan dan risiko yang kemungkinan akan ditanggung oleh seorang pekerja. Terutama dalam hal motivasi semangat kerja pegawai yang sering mengalami naik turun dalam rangka adaptasi sistem yang baru.

Hal ini sangat diperlukan karena ada banyak sekali tantangan ketika harus menjalankan sistem WFH ini, terutama bagi pekerja pemula. Berikut adalah 4 cara agar motivasi semangat kerja terus membara bagi yang sedang menjalani sistem work from home atau bekerja dari rumah.

Buat Jadwal Harian dan Prioritaskan Hal Penting

Menjadwal berbagai kegiatan pribadi dan kantor bisa membantu Sobat lakuuu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan kantor dengan baik. Hal ini penting, karena seringkali jadwal pribadi bertabrakan dan mengganggu pekerjaan kantor Sobat Lakuuu.

Sehingga dengan jadwal yang tertata dalam mengerjakan berbagai pekerjaan menjadi lebih fokus maksimal dan lebih berkualitas. Karena Sobat Lakuuu tidak terganggu dengan pikiran tentang hal-hal diluar pekerjaan kantor yang mengganggu.

Kemudian setelah mendapatkan jadwal yang tepat, langkah selanjutnya adalah menata daftar pekerjaan, dan prioritaskan hal penting dan termudah. List daftar pekerjaan ini penting untuk memetakan pekerjaan Sobat Lakuuu sehingga dapat terlaksana dengan tertata.

Kemudian penting dalam memprioritaskan pekerjaan yang penting dan termudah karena dengan begitu pekerja yang lain akan dapat mengikuti. Selain itu, dengan penataan yang rapi, Sobat Lakuuu akan mendapatkan motivasi semangat kerja  yang lebih dengan sistem work from home (WFH) ini.

Batasi Hal-Hal yang Mengganggu

Saat ini salah satu hal yang mempunyai pengaruh besar dalam aktivitas seseorang adalah adanya smartphone dengan bermacam aplikasi didalamnya. Karena dengan apapun alasannya, seseorang ketika berselancar di media sosial misalnya, akan merasa nyaman dan memakan waktu lama tanpa terasa.

Hal ini merupakan salah satu faktor yang bisa mengacaukan pekerjaan Sobat Lakuuu ketika menggunakan sistem work from home. Permasalah ini menimpa banyak kalangan, namun akan sangat berpengaruh bagi Sobat Lakuuu yang sedang bekerja.  Kemudahan Sobat Lakuuu tentunya perlu membatasi beberapa hal yang bisa menghalangi pekerjaan kantor dirumah.

Olahraga

Terlalu banyak duduk didepan monitor tentunya akan kurang sehat terhadap peredaran darah dan kesehatan Sobat Lakuuu. Jadi usahakan untuk selalu berolahraga sesuai dengan kemampuan dan kesukaan Sobat Lakuuu. Sehingga selain melatih badan, olahraga juga bisa mengurangi rasa bosan dan jenuh yang bisa menghilangkan semangat.

Sehingga dengan olahraga ringan, badan dan mata kan terasa fresh sehingga bisa sekaligus mendapat motivasi semangat kerja selama WFH(work from home). Kemudian satu lagi manfaat olahraga di masa pandemi ini menjadi satu hal yang wajib. Karena untuk menjaga kebugaran dan kesehatan untuk terhindar dari virus ini.

Bersyukur

Ditengah banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi ini, dapat bekerja merupakan suatu hal yang harus disyukuri keberadaanya. Apalagi dengan mengingat keuntungan bekerja WFH yang bisa 24 jam bersama keluarga tercinta.

Hal ini sudah seharusnya menjadi motivasi semangat kerja yang benar dalam menjalankan sistem WFH disamping beberapa teknik dan strategi. Oleh karena itulah, perlunya Sobat Lakuuu melihat kondisi di sekitar lingkungan, terkait kondisi perekonomian mereka selama pandemi. Bahkan akan lebih mulia lagi apabila bisa berbagi rezeki dengan mereka yang membutuhkan.

Dapat bekerja selama masa pandemi ini merupakan sebuah kesyukuran,mengingat saat ini tingginya angka pengangguran. Namun terkadang dibutuhkan motivasi dimana semangat kerja untuk sebuah pekerjaan dengan sistem yang baru. Oleh karena itulah, artikel ini memuat 4 cara agar motivasi semangat kerja di masa pandemi ini tetap tinggi.