Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Suka Menulis? Ini 8 Pekerjaan Keren yang Bisa Dicoba!

by Lakuuu 13 November 2021

pekerjaan-keren-untuk-penulis
Faktanya, profesi seorang penulis tidak hanya memanfaatkan keahliannya dalam merangkai suatu kata menjadi kalimat yang enak dilihat dan dibaca saja, tetapi juga membutuhkan wawasan yang luas, dan keahlian untuk menyampaikan tulisan agar mudah dimengerti oleh target pembacanya.

Sobat Lakuuu, berbicara tentang seorang penulis, mungkin yang terbesit dipikiran Sobat Lakuuu sekarang adalah seseorang yang memproduksi buku—buku novel,kan? Tapi, nyatanya, ruang lingkup pekerjaan seorang “penulis” ini lebih luas dari pada itu.

Apa saja pekerjaan keren dan kekinian yang membutuhkan tenaga penulis? Simak informasinya berikut ini!

Kenapa Perusahaan Perlu Seorang Penulis?

Sobat Lakuuu, peran seorang penulis di dalam perusahaan sangatlah penting, loh! Biasanya seorang penulis akan berurusan dengan copywriting atau hal lain yang menyangkut tentang penulisan, seperti penulisan artikel, website, portofolio, presentasi, dan copywriting iklan, baik offline maupun online.

Penulis juga memiliki tanggung jawab untuk menyuguhkan kalimat yang persuasif, sehingga calon pembeli ter-trigger untuk melakukan pembelian.

Tanpa seorang penulis yang handal, perusahaan tidak mampu menjual berbagai macam produk, membuat iklan atau campaign yang menarik, atau sekedar mengirimkan email newsletter. Dengan demikian, kehadiran seorang penulis di dalam perusahaan perlu dipertimbangkan.

8 Pekerjaan Untuk yang Suka Menulis

1. Content writer

Posisi pertama ada seorang content writer. Semua artikel yang Sobat Lakuuu baca, baik di internet, ataupun melalui website terkenal seperti Traveloka, Tiket.com, atau bahkan Zalora, kesemua itu dibuat oleh seseorang yang disebut dengan content writer.

Sesuai dengan namanya, content writer bertugas untuk menulis suatu konten, yang tidak hanya menarik, tetapi juga informatif dan persuasif, khususnya membuat artikel di dalam website.

Tidak hanya menjadi pekerjaan di dalam perusahaan, Sobat Lakuuu juga bisa membuka jasa layanan penulisan dengan menjadi seorang freelancer yang tentu saja tarif bisa ditentukan sendiri oleh Sobat Lakuuu.

 2. Copywriter

Apa perbedaan antara copywriter dan content writer? Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan bagi mereka yang penasaran atau yang ingin terjun ke pekerjaan di bidang penulisan.

Singkatnya, content writer berfokus untuk membangun image perusahaan, dan artikel-artikel yang dibuat oleh para content writer ini juga bertujuan untuk mendatangkan lebih banyak engagement, dan membangun relasi yang baik antar perusahaan dan pelanggan.

Berbeda dengan content writer, copywriter berfokus pada menghasilkan penjualan melalui kalimat-kalimat yang persuasif, dengan memainkan sisi psikologi dari para calon pelanggan agar segera membeli suatu produk. Copywriter erat hubungannya dengan dunia periklanan, baik online ataupun offline.

3. Jurnalis

Siap untuk menjadi seorang jurnalis? Maka Sobat Lakuuu harus bisa menguasai tidak saja kepandaian dalam mengemas berita dan menulis, tetapi juga riset dan wawancara. 

Walau terlihat gampang, pekerjaan menjadi seorang jurnalis cukup menantang. Tidak hanya keahlian-keahlian yang sudah disebutkan di atas, Sobat Lakuuu juga harus menguasai skill yang lain, seperti skill berbahasa sebagai nilai tambah.

4. Technical writer

Technical writer adalah seorang penulis yang mampu menyulap kata-kata yang rumit dimengerti, menjadi mudah untuk dicerna. Hal di atas merupakan salah satu keahlian dari technical writer yang harus dikuasai.

Tidak hanya itu saja, technical writer punya beberapa tanggung jawab, seperti menentukan medium yang tepat agar pesan dapat tersampaikan dengan baik ke target market, mengumpulkan feedback pelanggan, serta bekerja sama dengan staf teknis agar produk mudah digunakan.

5. Scriptwriter

Jika Sobat Lakuuu ingin terjun langsung lebih dekat ke dunia perfilman, ataupun ke ranah yang lebih konkrit lagi, seperti penyiaran, baik berita maupun radio, maka script writer adalah pekerjaan yang tepat.

Tidak hanya keahlian dalam menulis saja yang dibutuhkan seorang scriptwriter, tetapi juga kemampuan untuk berimajinasi, mengembangkan daya pikir yang lebih luas, serta memiliki sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang, agar bisa mendapatkan ide-ide yang menarik.

6. Editor

Penyunting tulisan adalah pekerjaan yang terlihat mudah, namun sejatinya editor adalah pekerjaan yang cukup menguras tenaga.

Editor memiliki tanggung jawab yang lumayan besar, salah satunya adalah sebagai “pintu terakhir” sebelum suatu tulisan dicetak atau di-publish ke suatu platform media. Juga, memastikan seluruh tulisan telah memenuhi standar perusahaan, serta sesuai dengan PUEBI.

7. Penulis buku

Nama-nama terkenal seperti JK.Rowling, Mark Manson, atau James Clear merupakan contoh para penulis yang hasil karyanya telah diakui oleh seluruh dunia. Baik itu cerita fiksi ataupun nonfiksi, penulis bisa mendapatkan royalti dari hasil penjualan buku mereka.

Tentu saja, memulai menjadi seorang penulis buku tidaklah mudah, namun akan ada kebanggaan tersendiri, bila buku yang telah ditulis berbulan-bulan, berhasil tercetak dan menjadi best-seller.

8. Membuka kelas penulisan

Ini merupakan salah satu freelancing yang bisa Sobat Lakuuu coba, yaitu membuka kelas khusus menulis, seperti content writing, copywriting, technical writing, dan bidang lainnya yang Sobat Lakuuu kuasai.

Sobat Lakuuu bisa hadirkan dalam bentuk kelas online, dan memberikan bahan materi dalam berbagai format yang menarik, seperti video, podcast, PDF, serta mengadakan webinar berupa live discussion