Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Lakuuu

Kenapa Pemeliharaan Website Penting Dilakukan?

by Lakuuu 16 December 2021

pemeliharaan-website
Kita semua tahu, betapa pentingnya memiliki suatu situs yang tidak hanya terstruktur tetapi juga terpelihara dengan baik. Bebas dari gangguan atau bugs, dan masalah lain yang dapat menurunkan kualitas performa kerja website dan pengalaman para pengunjung selama mengakses website.

Layaknya kendaraan, situs membutuhkan pemeliharaan agar tetap lancar beroperasi dengan benar. Pemeliharaan website juga bertujuan untuk memastikan keamanan situs tetap terjaga, meningkatkan jumlah pengunjung baru, hingga meningkatkan lalu lintas website.

Di samping tujuan-tujuan di atas, apa hal lainnya yang membuat maintenance website secara teratur perlu dilakukan, khususnya bagi para pelaku bisnis yang memiliki website bisnisnya? Simak informasinya berikut ini.

3 Keuntungan Pemeliharaan Website

Berikut ada 3 keuntungan yang akan didapat oleh Sobat Lakuuu jika melakukan pemeliharaan website secara berjangka.

1. Meningkatkan Tingkat Keamanan Website

Keamanan adalah alasan utama kenapa pemeliharaan website perlu untuk dilakukan, khususnya bagi Sobat Lakuuu yang mengelola website jual beli barang atau produk dan jasa.

Jika website Sobat Lakuuu menggunakan Sistem Manajemen Konten (CMS), tentu saja Sobat Lakuuu ingin memastikan bahwa situs berjalan dengan baik tanpa kendala, dengan melakukan update keamanan.

Tidak melakukan pemeliharaan website dapat meningkatkan peluang kepada para hacker untuk mencuri data dari situs Sobat Lakuuu, atau berpotensi besar untuk mengambil kendali sistem dan website Sobat Lakuuu. 

2. Meningkatkan Site Traffic

Untuk menyediakan pencari dengan konten berkualitas terbaik, mesin pencarian Google akan meningkatkan peringkat bagi situs web yang selalu mengadakan pembaharuan secara teratur.

Dengan tetap menjaga pemeliharaan website, situs Sobat Lakuuu akan terus visible yang berpotensi besar bagi para niche atau target market menemukan konten di dalam website sesuai dengan kata kunci yang dicari dan relevan.

Hal lain yang bisa Sobat Lakuuu lakukan agar meningkatkan laju lalu lintas website adalah dengan membuat konten yang baik dan relevan dengan apa yang dijual dan ditawarkan, memperbaiki tautan yang rusak, menghapus halaman duplikat, dan tetap melakukan marketing. 

3. Mengoptimalkan Pengalaman Pengunjung

Memperbaiki dan memelihara situs Sobat Lakuuu secara teratur juga secara langsung meningkatkan kepuasan pengunjung yang datang untuk mengadakan transaksi. Tingkat kepuasan ini tentu harus dijaga. Jangan sampai akibat website yang lemot justru menurunkan pengalaman visitors.

Ujung-ujungnya, mereka tidak lagi berminat untuk scrolling atau menjelajah lebih lanjut halaman website Sobat Lakuuu.

Sebuah situs web yang terawat dengan baik dapat membantu Sobat Lakuuu untuk mempromosikan merek, pekerjaan, dan visi misi perusahaan jauh lebih baik. Kesemua ini sangat diperlukan demi memuaskan para pengunjung dan mengoptimalkan experience para pengunjung.