Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Pengusaha Muda Nicholas Kurniawan Jadi Milyarder Karena Iseng

by Lakuuu 23 December 2021

pengusaha-muda-nicholas-kurniawan
Ada sebuah kisah inspiratif dari pengusaha muda Nicholas Kurniawan di mana pada awalnya melakukan sebuah keisengan dengan menjalani hobinya namun siapa sangka ternyata hobi tersebut bisa menghasilkan ratusan juta dalam jangka waktu yang tidak begitu lama.

Mungkin banyak yang belum mendengar dengan nama Nicholas Kurniawan namun di kalangan pebisnis nama tersebut sudah tidak asing lagi. Bahkan jika Sobat Lakuuu merupakan pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya maka bisa menjadikannya sebagai inspirasi.

Meskipun tergolong mudah namun pencapaiannya dalam dunia bisnis tidak main-main dan wajib dijadikan sebagai sumber inspirasi. Generasi muda memang semakin kreatif dan berinovasi 5 hal tersebut sudah dibuktikan oleh Nicholas Kurniawan.

Sebenarnya pengusaha muda yang satu ini sudah mulai mengembangkan bisnisnya sejak lama bahkan pernah memulai bisnis F&B, clothing dan lain-lain. Tentu saja ada perjuangan terkadang diimbangi dengan kegagalan hingga sampai pada puncak kesuksesan.

Pemuda berusia 28 tahun ini pada akhirnya memilih berbisnis dengan ikan hias sebagai produk utamanya. Siapa sangka ternyata ikan hias merupakan hobi yang sudah digelutinya sejak lama dan membuahkan hasil.

Pengusaha Muda Nicholas Kurniawan Mandiri Sejak Kecil

Mungkin Sobat Lakuuu hanya melihat bagian kesuksesan dari Nicholas Kurniawan namun faktanya pengusaha muda ini sudah mandiri dan berusaha mendapatkan uang sejak kecil. Perlu diketahui bahwa Nicholas lahir dari keluarga yang sederhana bahkan bisa dikatakan kekurangan.

Terkadang keluarganya rela berhutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dari situlah Nicholas belajar bersikap mandiri. Sehingga tidak menjadi beban bagi kedua orangtuanya sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Pada kelas 2 SD bahkan Nicholas rela mencari penghasilan tambahan dengan berjualan makanan, minuman hingga pakaian untuk membantu meringankan beban keluarganya. Dari kebiasaan itulah sehingga tidak heran jika Nicholas saat ini bisa menjadi sosok yang sukses.

Nicholas tidak ragu berjualan di sela-sela kesibukannya saat bersekolah, dari situlah banyak pengalaman yang didapatkannya. Tentu saja tidak hanya pengalaman dalam segi berbisnis namun mental Nicholas juga sudah terasa sedari dini.

Menurut orang-orang sekitar sosok Nicholas adalah sosok yang mandiri sejak kecil, pekerja keras dan sangat telaten. Bahkan di usia 8 tahun, Nicholas udah lihai berbisnis sementara teman-teman yang lain masih sibuk belajar dan bermain.

Pengusaha Muda Nicholas Kurniawan dengan Kecerdasan yang Terus Diasah

Meskipun harus berjualan di sela-sela kesibukannya menimba ilmu namun siapa sangka, Nicholas juga bisa menyerap materi yang diberikan di sekolah dengan baik bahkan juga sempat menjadi juara kelas dan pemegang nilai tertinggi.

Pengusaha muda yang satu ini terkenal sangat Sobat Lakuuu terutama dalam mata pelajaran matematika. Sekolah menjadi juara kelas mulai dari SD hingga SMA secara berturut-turut dengan nilai pelajaran yang sangat baik.

Selain itu juga terkenal sosok yang supel bahkan cukup aktif dalam kegiatan kegiatan di sekolahnya baik itu menjadi anggota OSIS atau aktivitas extrakulikuler. Supel dan cerdas membuatnya mendapatkan banyak teman sehingga pergaulannya sangatlah luas.

Ternyata menurutnya salah satu kesuksesan dalam menjalankan sebuah bisnis dan mengembangkannya adalah jangkauan yang lebih luas. Nicholas juga mendapatkan support dari keluarga serta teman-teman dekatnya.

Pengusaha Muda Nicholas Kurniawan Memulai Bisnis Dari Keisengan

Nicholas mencatat menceritakan bahwa bisnisnya dalam ikan hias ini dimulai dari sebuah keisengan namun tak melulu kesenangan saja karena dirinya juga menggabungkan sebuah prinsip dan ketelatenan.

Kisah suksesnya dalam bisnis ikan hias dimulai saat di kelas duduk di bangku kelas 2 SMA dimana saat itu ada seorang teman yang tiba-tiba memberikan jenis ikan Garra Rufa. Pada saat itu Nicholas juga sempat bingung kenapa temannya memberikan ikan tersebut.

Tentu saja karena sudah terlatih sejak kecil untuk berbisnis maka Nicholas juga mulai menggunakan prinsip awalnya yaitu menjual apa saja yang memang halal untuk dijual dan ternyata kesiangan tersebut akan membuka pintu kesuksesan di dunia bisnis ikan hias.

Hingga pada akhirnya pengusaha muda ini mulai menjual ikan tersebut pada forum jual beli online dan siapa sangka hal tersebut memberikan peluang yang sangat baik. Nicholas menemukan banyak peminat ikan hias di forum tersebut.

Dari keuntungan pertama yang diperolehnya, Nicholas pada akhirnya mencari tahu lebih jauh mengenai ikan tersebut. Kemudian membuka toko online khusus menjual ikan Garra Rufa beserta perlengkapan yang dibutuhkan untuk merawat ikan tersebut.

Setelah sukses menawarkan ikan hias secara online di dalam negeri, pengusaha muda Nicholas Kurniawan mengambil langkah yang cukup beresiko yaitu menjual ikan hiasnya di berbagai Negara. Dengan melakukan eksportir dan ternyata membawa hasil yang memuaskan.

Jika Sobat Lakuuu salah satu pebisnis yang baru merintis usaha. Maka pengusaha yang berhasil membiayai kuliahnya di Prasetiya Mulya Business School ini memberikan tips yaitu kunci sukses bukan sekedar tekad dan dekat namun perlu tiga syarat.

Menurutnya cara pertama adalah kejujuran, kemudian pastikan customer untung sebesar-besarnya dan jalankan bisnis dengan benar. Saran dari pengusaha muda Nicholas Kurniawan mungkin bisa Sobat Lakuuu terapkan untuk mewujudkan impian menjadi pebisnis sukses.