Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

5 Pesawat Kepresidenan Paling Keren!

by Lakuuu Team 29 September 2021

pesawat-kepresidenan-paling-keren
Demi memenuhi tuntutan dari pekerjaannya, seorang presiden atau kepala negara akan diberikan fasilitas nomor satu. Salah satunya adalah moda transportasi pesawat kepresidenan yang digunakan para kepala negara untuk melakukan banyak kunjungan ke berbagai negara. 

Pesawat Kepresidenan Termahal

Nah, di dunia ini pun ternyata ada beberapa negara yang memiliki pesawat kepresidenan termahal dengan harga yang fantastis dan paling keren. Pesawat kepresidenan ini memiliki harga berkali lipat lebih mahal daripada yang biasanya digunakan untuk melakukan penerbangan komersial. 

Pada umumnya, hal ini dikarenakan pesawat ini ditunjang dengan fasilitas dan sistem keamanan kelas satu. Nah, lantas negara mana saja yang memiliki pesawat kepresidenan termahal dan paling keren di dunia?

  • Boeing VC-25, Amerika Serikat
Pesawat untuk presiden Amerika Serikat ini lebih sering disebut dengan The Air Force One. Dulunya, pesawat ini sering digunakan oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama untuk melakukan rapat kenegaraan. 

Boeing VC-21 ini dilengkapi dengan interior mewah. Ruangannya pun difungsikan sebagai tempat melakukan konferensi, serta mampu menampung hingga 100 orang penumpang. Pesawat kenegaraan yang satu ini memiliki harga yang cukup mahal, yakni 325 juta dolar AS atau sekitar 4,8 triliun rupiah. 

  • Boeing 767, Zimbabwe
Mungkin selama ini yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata Zimbabwe ini adalah negara yang berada di benua Afrika dengan kondisi perekonomian yang kurang baik. 

Hal ini memang benar. Namun jangan salah, bahwa negara yang dulunya merupakan lumbung pangan dan berlian di Afrika ini memiliki pesawat kenegaraan Boeing 767 yang bernilai 400 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar 5,9 triliun rupiah. 

  • Airbus A380, Arab Saudi
Pesawat Airbus A380 merupakan pesawat yang dibeli oleh pangeran dari Arab Saudi. Pesawat ini lebih mirip dengan hotel bintang lima yang bisa terbang dan mampu menampung 800 orang penumpang sekaligus. 

Dengan segudang fasilitas mewah yang ditawarkan oleh pesawat Airbus A380 ini, maka tidak heran jika harga dari pesawat kenegaraan yang satu ini bisa mencapai 500 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan 7,4 triliun rupiah. 

  • Boeing 747, Arab Saudi
Jika sebelumnya ada Airbus a380 yang memiliki sebutan sebagai hotel bintang lima, maka Boeing 747 yang merupakan pesawat milik raja Abdullah rekan kerja dari presiden Jokowi ini memiliki julukan sebagai istana yang bisa mengangkasa. 

Pesawat Boeing 747 ini juga merupakan pesawat kenegaraan milik Arab Saudi yang berharga sangat mahal, yakni 520 juta dolar atau setara dengan 7,7 triliun rupiah. Nah, menurut kabar yang beredar, 2,2 triliun rupiah dari biaya pesawat ini telah dihabiskan untuk mempermewah interior dalamnya saja. 

  • Boeing 787-8 Dreamliner, Meksiko
Perlu Sobat Lakuuu ketahui, bahwa di Indonesia sendiri memiliki pesawat dengan jenis Boeing. Presiden Jokowi sendiri sudah pernah menaiki beberapa di antara pesawat Boeing yang ada di Indonesia.

Nah, untuk pesawat kenegaraan yang dimiliki oleh Meksiko ini memang terlihat seperti belut raksasa jika sedang terbang. Pesawat kenegaraan yang satu ini juga memiliki nilai yang sangat besar, yakni bisa mencapai 600 juta dolar AS atau setara dengan 8,9 triliun rupiah. 
Dengan harga yang begitu mahal, pesawat kenegaraan milik Meksiko ini bisa menempuh jarak sejauh 1.600 km hanya dalam waktu satu jam saja. Bisa Sobat Lakuuu bayangkan bukan bagaimana rasanya jika sedang berada di dalam pesawat Boeing 787-8 Dreamliner ini?

Nah, inilah 5 pesawat kenegaraan termahal dan paling keren yang ada di dunia. Presiden Jokowi selaku kepala negara di Indonesia juga memiliki pesawat kenegaraan terbaik yang sangat membanggakan bagi Indonesia.