Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

7 Platform Toko Online Indonesia

by Lakuuu Editorial 15 December 2022

platform-toko-online-indonesia

Pertumbuhan marketplace dalam waktu lima tahun ini telah berhasil memberikan perubahan struktural pada sebuah industri. Terutama di Indonesia perkembangan marketplace sangat pesat dan ini terlihat dari banyaknya platform toko online Indonesia yang bisa Anda temukan.

Marketplace Sebagai Platform Toko Online di Indonesia

Marketplace merupakan tempat transaksi yang memudahkan penjual serta pembeli karena fasilitas transaksinya cukup lengkap. Untuk Anda yang penasaran mengenai apa saja marketplace di Indonesia maka simak informasinya berikut ini.

  • Bhinneka

Toko ini sebenarnya telah lama ada sebagai toko online yaitu semenjak tahun 1999 dan pada awalnya hanya menjual produk elektronik saja. akan tetapi saat ini Bhinneka mempunyai banyak merchant dan menjual banyak produk seperti keperluan industri, otomotif, dan lainnya.

Tidak hanya itu saja Bhinneka saat ini hadir memperkuat posisinya untuk marketplace yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan bisnis (B2B0 serta kerja sama bersama pemerintah (B2G).

  • Blibli.com

Merupakan salah satu situs website untuk perdagangan barang elektronik di Indonesia. Blibli adalah anak perusahaan dari Djarum pada bidang digital yang didirikan tahun 2010 dan merupakan produk pertama dari PT. Global Digital Niaga.

Blibli melakukan kerja sama bersama penyedia jasa teknologi, perbankan, mitra logistik, dan mitra dagang dengan sebuah standar tertentu dalam menciptakan suatu sistem back-end yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Blibli termasuk ke dalam jenis platform toko online Indonesia atau jenis e-commerce B2C dan sudah mempunyai 19 juta pengunjung setiap bulannya.

  • Lazada

Lazada termasuk situs penjualan online yang ada di bawah Lazada Group. Lazada ini diluncurkan oleh Roket Internet tahun 2012 dan kemudian Grup Alibaba China tahun 2016 melakukan akuisisi saham. Lazada melakukan penjualan secara langsung serta bermitra dengan penjual pihak ketiga sebanyak 15.000 pedagang.

toko online

  • JD.ID

Marketplace ini sudah ada tahun 2015 dan mulanya berfokus terhadap penyediaan barang elektronik serta gadgets yang sulit untuk ditemukan. Namun semenjak itu JD.ID lalu memperluas pasar usahanya dengan menambahkan beberapa kategori penjualan semacam produk kesehatan, fashion, dan kecantikan.

JD.ID termasuk ke dalam e-commerce B2C yang telah memperoleh sebanyak lebih dari 3 juta pengunjung setiap bulannya. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store ataupun App Store dan barang yang ditawarkan tergolong cukup lengkap.

  • Tokopedia

Ini merupakan platform toko online karya anak Indonesia serta termasuk dalam pasar C2C terbesar Indonesia. Jumlah pengunjung per bulannya sebanyak 100 juta pengunjung.

Toko yang ada sejak tahun 2009 awalnya memiliki fokus pada UMKM Indonesia. Namun sekarang sudah melebarkan pasar untuk financial technology, pembayar, logistic, dan juga pemenuhan retail baru.

Perusahaan ini juga menyediakan layanan berupa O2O bagi penjual ecer tradisional dalam menjual produk digital memakai aplikasi mitra Tokopedia. Sebagai salah satu marketplace domestik tentu saja Tokopedia hanya memberikan fasilitas untuk transaksi di Indonesia saja.

Jadi bagi Anda yang senang mendukung berbagai produk dalam negeri bisa memutuskan untuk belanja di Tokopedia yang sudah pasti buatan dalam negeri.

  • Shopee

Shopee merupakan platform toko online Indonesia yang sudah sangat terkenal dari awal kemunculannya bahkan sampai hari ini.

Shopee ini didirikan tahun 2015 yang memiliki basis di Singapura merupakan cabang belanja C2C untuk Asia Tenggara.

Pertumbuhan dari Shopee ini menuntut perangkat seluler dan menggabungkan alat bagi penjual UMKM yang ingin melakukan pengelolaan toko onlinenya sendiri ataupun mengunggah konten yang ada pada platform lainnya. Shopee menyediakan banyak produk impor yang berasal dari penjual global.

Bahkan saat ini metode pembayaran yang disediakan beragam bahkan layanan tidak hanya pada jual beli produk saja namun juga layanan pemesanan makanan atau Shopee Food. Layanan ini membantu para pelaku usaha makanan di Indonesia dalam memasarkan produknya.

  • Lakuuu ID

Ini merupakan platform yang menyediakan layanan pembuatan website profesional untuk membuat usaha Anda terlihat semakin professional.

Platform ini hadir di Indonesia memang bertujuan untuk mendorong kemajuan bagi para pelaku UMKM dengan cara optimalisasi target pasar nasional.

Lakuuu ID juga menyediakan insight serta trend usaha terkini sehingga Anda bisa tumbuh bersama dengan para pejuang UMKM lainnya dengan lebih mudah.

Fitur yang disediakan tergolong lengkap seperti integrasi media sosial, manajemen produk, digital marketing, optimalisasi SEO dan semua keperluan ada disana.

Tapi tentu saja bagi Anda yang sudah punya toko online sendiri, saat ini hal yang kemungkinan paling diinginkan adalah mendapatkan penjualan sebanyak mungkin. Kami di Lakuuu ID punya satu lagi layanan selain menyediakan toko online mandiri bagi Anda, tapi juga layanan untuk mempromosikan produk toko onine Anda lewat platform iklan baik di Google maupun di sosial media.

Mungkin saja Anda tidak tahu cara yang benar beriklan atau Anda sudah kekurangan tenaga untuk terus berpromosi sehingga menghambat upaya scaling toko Anda, maka layanan kami bisa membantu Anda mencapai target penjualan Anda dengan sangat efektif.

Ayo chat kami untuk mulai berdiskusi dengan kami.

platform toko online indonesia

Manfaatkan Platform Toko Online Indonesia Untuk Bisnis Anda

Itulah beberapa platform toko online yang ada di Indonesia yang mana sangat membantu bagi para pelaku untuk mengembangkan bisnis dan memperoleh banyak pelanggan. Tentunya dengan hadirnya berbagai platform tadi sebagai salah satu bentuk dari digitalisasi UMKM Indonesia.

Tidak dipungkiri dengan adanya platform toko online Indonesia yang memfasilitasi para pelaku UMKM Indonesia secara tidak langsung ikut membantu pertumbuhan ekonomi yang ada. Para pelaku usaha yang tertampung dalam satu wadah akan lebih mudah memasarkan usaha dan produknya.