Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

5 Podcast Indonesia Seru yang Wajib Kamu Dengar!

by Lakuuu Team 8 August 2021

podcast-indonesia-seru
Siapa yang belum mendengar istilah podcast? Pasalnya ada banyak sekali Podcast Indonesia yang bisa Sobat Lakuuu dengarkan. Podcast sendiri adalah singkatan dari kata iPod dan Broadcast atau sering dikenal sebagai siaran non-streaming melalui audio.

Meskipun hampir sama seperti radio, akan tetapi Sobat Lakuuu harus mengunduh dahulu agar bisa didengarkan. Kehadiran podcast sendiri berawal dari sebuah ide yang telah muncul di meeting pembuatan program iPodder.

Waktu itu, ide dalam pembuatan podcast berhasil dikembangnya sampai akhirnya berhasil menulis program iPodder sejak tahun 2004 silam. Pasalnya program tersebut akan memungkinkan untuk bisa mengunduh internet radio broadcast ke iPod secara otomatis.

iPodder akhirnya semakin dikembangkan oleh software developer sampai akhirnya istilah podcasting bisa muncul. Lalu apa saja rekomendasinya? Mari kita simak penjelasannya berikut ini!

Tentang Podcast Indonesia dan Rekomendasinya dan Wajib dicoba

Saat ini kita sedang hidup di masa pandemi covid-19 yang membuat semua aspek kehidupan semakin berubah jauh berbeda dari sebelumnya. Dimana yang seharusnya kita selalu berangkat kerja keluar rumah, namun kini justru malah menghabiskan waktu hanya dari rumah.

Awalnya memang kaget ketika ada perubahan dan kebijakan baru untuk menyesuaikan diri seperti ini. Akan tetapi dengan kebiasaan baru seperti bercocok tanam memasak maupun mendengarkan podcast.

Biasanya kita sering mendengarkan podcast ketika sedang dalam perjalanan untuk menuju tempat kerja saja. Akan tetapi sekarang Sobat Lakuuu sudah bisa melakukannya hanya dalam waktu senggang saja saat di rumah.

Bahkan beberapa tahun terakhir, dunia podcast tengah semakin berkembang lebih pesat. Mulai dari banyaknya saluran-saluran podcast yang beragam dan memiliki tema yang menarik. Berikut rekomendasinya!

Rapot
Source: parapuan.co

Rekomendasi Podcast Indonesia ini dijamin akan membuat Sobat Lakuuu langsung senyum-senyum sendiri bahkan sampai tertawa. Nah, agar Sobat Lakuuu bisa tertawa secara terbahak-bahak maka langsung saja untuk menyetel podcast Rapot ini.

Pasalnya podcast ini akan disiarkan oleh empat orang yang bernama Nastasha Abigail. Ankatama, Radhini dan Reza Chandika. Dari setiap episodenya, keempat para host sharing telah berpengalaman dalam kehidupan yang akan relate sama Sobat Lakuuu.

Meskipun topik dan obrolan yang akan diangkat lebih cenderung lebih ringan, tetapi pesan-pesan yang disampaikan cukup bermakna. Misalnya saja di episode ke 3 yang berjudul PacarQ MajikanQ.

Nah, dalam episode tersebut radhini akan berbagi mengenai pengalamannya sebagai salah satu mantan korban kekerasan saat pacaran. Selain itu juga akan sebagai edukasi untuk para pendengar setia, terutama Sobat Lakuuu ini.

Makna Talks
Source: ussfeeds.com

Podcast Indonesia makna Talks bakal membuat Sobat Lakuuu tahu mengenai Dian Sastro ketika masih SMA dan pengaruh ibu dari karier Reza Rahadian. Untuk bisa menikmatinya maka Sobat Lakuuu wajib untuk mendengarkannya melalui podcast yang satu ini.

Dengan sebuah konsep berbincang-bincang, Iyas Lawrence seorang host dan founder Makna Talks sangat jago untuk membuat bahasan apapun. Ditambah lagi dengan kemampuannya untuk meriset informasi yang membuat narasumber merasa terkagum.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Makna Talks telah ada sejak tahun 2018 lalu saat podcast di Indonesia belum dalam masa booming. Sebab setiap episode juga di upload lebih sering dengan durasi hingga satu jam.

Asumsi Bersuara
Source: podcast.apple.com

Sobat Lakuuu bisa melihat situasi melalui Podcast Indonesia bernama Asumsi Bersuara. Podcast ini awalnya bermula dari sebuah channel Youtube yang didirikan oleh Iman Sjafei dan pangeran Siahaan. Bahkan isu yang akan diangkat tidak jauh dari bahasan culture affairs, politik maupun kultur pop.

Thirty Days of Lunch Podcast
Source: thirtydayoflunch.com
Kira-kira bagaimana caranya melakukan working from home yang lebih produktif? Pertanyaan seperti ini bisa Sobat Lakuuu temukan jawabannya dari episode di podcast Thirty days of Lunch.

Podcast ini di inisiasikan oleh dua orang yang bernama Sheggario dan Fellexandro Rubi pada akhir tahun 2018 silan. Konten-kontennya mengenai karir, produktivitas, self-development dan bisnis. Bahkan podcast ini juga sering mengundang berbagai narasumber yang menginspirasi seperti Achmad Zaky dan Najwa Shihab.

Box2Box
Source: bisnis.com
Jika Sobat Lakuuu suka dengan konten yang membahas mengenai dunia sepakbola, maka channel Podcast Indonesia ini tidak bisa dilewatkan. Sebab podcast ini akan dibawakan oleh seorang yang bernama Pangeran Siahaan, ia merupakan host di Bein Sport Indonesia.

Isi dari podcast yang satu ini mampu membuat Sobat Lakuuu merasa kesal, tersinggung dan sampai tertawa ngakak. Tidak percaya? Mending di coba aja deh!.

Box2Box sendiri merupakan podcast sepakbola yang akan membicarakan mengenai dunia persepakbolaan dari berbagai macam penjuru. Mulai dari liga-liga Eropa hingga aspek non-teknis pula.

Podcast Indonesia ini aka digawangi oleh awar winning presenter seperti Pangeran Siahaan dan pundit ternama yang bernama Justin Lhaksana serta Tio Prasetyo. Box2Box akan memberikan semua yang Sobat Lakuuu butuhkan mengenai dunia sepak bola.