Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

7 Prediksi Meleset yang Sempat Viral Pada Masanya

by Lakuuu Team 20 September 2021

prediksi-meleset
Setiap ada awal pastinya akan ada akhir. Begitu pula dengan dunia yang akan menghadapi hari kiamat. Bicara soal kiamat, tentu tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan hal itu terjadi. Lantas, apa jadinya jika ada beberapa orang yang memprediksi kapan datangnya hari kiamat? Apakah Sobat Lakuuu percaya? Berikut ringkasannya untuk Sobat Lakuuu. 

1. Nabi Ayam, 1806

Di tahun 1806 silam, di inggris tersiar kabar bahwa Yesus Kristus akan datang kembali sebagai tanda hari kiamat tiba. Hal ini bukan turun dari langit, melainkan dari telur yang menetas. 

Bahkan, banyak sekali orang yang penasaran dan berbondong-bondong menyaksikan induk ayam menetaskan telur kenabiannya tersebut. Namun, hal tersebut tidak juga kunjung terjadi, bahkan hingga saat ini. 

2. The Millerites, 23 April 1843

Setelah William Miller yang berasal dari New England ini mempelajari Alkitab selama beberapa tahun, beliau pun akhirnya menyimpulkan bahwa pada tanggal 23 April 1843 adalah waktu yang dipilih oleh Tuhan untuk menghancurkan seisi dunia. 

William pun sering berkhotbah dan memimpin ribuan pengikut yang dikenal dengan Millerites. Bahkan, banyak yang membagikan hartanya dengan beranggapan bahwa semua itu tidak diperlukan. Namun, ketika tanggal 23 April 1843 tiba, tidak terjadi apa-apa, sehingga kelompok !illerites pun akhirnya bubar.

3. Mormon Armageddon, 1891

Di bulan Februari tahun 1835 silam, Joseph Smith yang merupakan pendiri dari gereja Mormon mengadakan pertemuan antara para pemimpin gereja untuk memberitahukan bahwa dirinya telah berbicara kepada Tuhan. 

Dalam percakapannya tersebut, dapat disimpulkan bahwa Tuhan Yesus akan kembali ke bumi dalam 56 tahun kedepan sebagai tanda kiamat telah datang. Namun, di tahun 1891 prediksi itupun tidak terjadi. 

4. Pat Robertson, 1982

Di bulan Mei 1980, Pat Robertson selaku pendiri televangelist dan koalisi kristiani mengejutkan banyak orang di dunia. Hal ini disebabkan oleh pengakuannya di sebuah acara televisi yang mengatakan bahwa dirinya mengetahui kapan dunia akan berakhir. 

Pat Robertson mengatakan, bahwa “saya jamin, di akhir tahun 1982 akan ada penilaian atas dunia”. Namun pada kenyataannya, perkataan dari Pat Robertson ini tidak terbukti sama sekali. 

5. Harold Camping, 2011

Di tahun 2011, pengkhotbah radio bernama Harold Camping sempat menarik perhatian media internasional dengan ramalannya tentang datangnya hari penghakiman pada tanggal 21 Mei 2011. 

Hal ini dimulai dengan gempa bumi yang terjadi di seluruh dunia dan pengangkatan orang-orang beriman. Menurut Camping, hari mengerikan ini akan diikuti oleh bulan-bulan siksaan, dan akhir dunia akan terjadi di tanggal 21 Oktober 2011. 

Namun, perkataan tersebut tidak terjadi hingga 21 Mei 2011 berlalu, bahkan hingga saat ini meski memang terdapat bencana dimana-mana. 

6. Kiamat Suku Maya, 2012

Kiamat Suku Maya mungkin merupakan salah satu yang paling terkenal dengan ramalan akan adanya kiamat 2012. Hal ini didasarkan pada kalender kuno Suku Maya yang menyebutkan bahwa akhir dunia akan datang pada tanggal 21 Desember 2012. Sobat Lakuuu pasti ingatkan tentang ramalan ini?

Namun, pihak NASA pun telah mengeluarkan siaran pers untuk menenangkan dan meyakinkan masyarakat bahwa prediksi kiamat itu tidak akan terjadi. Hal ini dikarenakan pengkonversian kalender Maya dengan kalender modern yang tidak sinkron, sehingga sekalipun hari kiamat terjadi, tanggalnya tidak akan tepat. 

7. Gurita Peramal Jadi Sashimi di Piala Dunia 2018

Seekor gurita Jepang harus mengalami nasib malang. Karena salah memprediksi kemenangan dari Tim Nasional Jepang yang berlaga bersama Belgia di Piala Dunia 2018 di Rusia. Gurita ini diberi nama dengan Rabio yang awalnya berhasil memprediksi kemenangan dari Tim Samurai Biru sejak awal babak penyisihan grup dimulai.