Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

10 Quotes Inspiratif dari Pengusaha Tersukses di Indonesia

by Lakuuu Team 19 October 2021

quotes-inspiratif
Menjadi seorang pebisnis atau pengusaha, memang tidaklah mudah. Pasti ada fase dimana Sobat Lakuuu ingin berhenti untuk mengerjakan semuanya. Tak apa jika ingin berhenti sejenak, istirahat dan memulai kembali.

Agar menyalakan kobaran api semangat dalam diri seorang entrepreneur, coba baca dan renungkan quotes dari pengusaha tersukses di Indonesia di bawah ini.

Nadiem Makarim


Terima kasih kepada Bapak Nadiem Makarim. Berkat beliau, GOJEK hadir memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, menggantikan kita untuk mengantri dan mengirimkan makanan dari restoran ke rumah, bayar tagihan dan pergi kemanapun dengan aman dan harga terjangkau.

Ada satu kalimat mutiara yang pernah diucapkan oleh Nadiem Makarim.

“Karakteristik entrepreneur yang paling penting, pertama adalah keberanian, dan bukan kepintaran”.

Bob Sadino


Sosok yang selalu menggunakan celana pendek dan menjadi kiblat bagi para pengusaha ini, juga memiliki banyak kalimat-kalimat mutiara yang bisa membakar semangat Sobat Lakuuu. Salah satunya yaitu,

“Banyak orang bertanya, ‘Bisnis apa yang bagus?’ Jawabannya, ‘Bisnis yang bagus itu adalah yang dibuka, bukan ditanya terus.”

Merry Riana 


Merry Riana terjun ke dunia bisnis dan mengembangkan organisasi yang diberi nama Merry Riana Organization, sebuah organisasi yang berbasis di Singapura.

Tujuan Merry mendirikan organisasi ini yang tak lain dan bukan adalah untuk memperluas jangkauan bisnis-bisnisnya.

Dari banyaknya quotes Merry Riana yang ada, ada satu quotes yang pastinya akan melekat di hati dan pikiran banyak orang.

“Ambil waktu untuk merencanakan, tetapi jika tiba waktunya untuk bertindak, berhenti berpikir dan maju terus.”

Prabowo Subianto


Menteri Pertahanan, Bapak Prabowo Subianto tidak hanya berkutat pada dunia pertahanan dan perpolitikan tanah air saja, tetapi beliau juga memiliki berbagai macam perusahaan besar di Indonesia, seperti PT. Tusam Hutani Lestari, PT. Tanjung Redeb Hutani, dan perusahaan besar lainnya.

Walau memiliki banyak perusahaan, beliau selalu memperlakukan anak buahnya dengan sangat baik, menyapa mereka, dan menolong anak buah beserta keluarganya. Adapun quotes yang sangat menginspirasi bagi para pebisnis adalah,

“Jika ada di posisi atas, selalu ingat yang di bawah.”

Susi Pudjiastuti


Selain pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan saat Kabinet Kerja Jokowi-JK di periode 2014-2019, sosok Susi Pudjiastuti ini juga merupakan pemilik, sekaligus Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, serta PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Pemilik Susi Air ini pernah memberikan quotes yang membuat siapapun, termasuk para entrepreneur yang mendengarnya terbakar dengan api semangat.

“Orang yang meraih kesuksesan tidak selalu orang yang pintar, tapi orang yang selalu meraih kesuksesan adalah yang gigih, dan pantang menyerah.”

Sudono Salim


Sudono Salim adalah sosok di balik suksesnya Bank BCA dan Indofood yang berada di bawah naungan Salim Group. Adapun quotes berikut bisa menjadi pegangan bagi para pebisnis yang ingin memulai suatu bisnis.

“Jangan melakukan apapun yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tetapi lakukan yang baik saja.”

Chairul Tanjung 


Adalah sosok bos di balik perusahaan media terbesar di Indonesia, seperti Trans TV, Trans 7, Detik Network, CNBC Indonesia, CNN Indonesia, dan Transvision Channels.

Pengusaha kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962  ini, pernah menyampaikan kalimat mutiara, khusus bagi para entrepreneur.

“Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagaimana menyikapinya. Evaluasi, bangkit! Gagal lagi? Bangkit lagi!”

Ciputra


Tampak tidak asing dengan nama di atas? Pemilik nama Dr. Ir. Ciputra atau Tjie Tjin Hoan merupakan seorang pebisnis sukses yang nama-nama bisnisnya pasti sudah melekat di hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Beliau merupakan pemilik dari usaha properti sukses Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group.

Ada satu kalimat yang pernah beliau utarakan yang tentu saja membuat para pengusaha dibuat kagum karenanya.

“Pengusaha itu mengubah sampah menjadi emas.”

Achmad Zaky


Siapa yang tidak kenal dengan sosok di balik suksesnya marketplace Bukalapak yang satu ini.

Dalam membangun Bukalapak, Achmad Zaky kerap mendapatkan banyak rintangan dan kesulitan yang harus dilalui. Namun, semua itu terbayarkan dengan Bukalapak yang menjadi Startup Unicorn ke-4 di Indonesia.

Salah satu quotes dari seorang Zaky yang sangat motivasional adalah,

“Kegagalan adalah apa yang membuat kita memperbaiki diri dan mempertajam naluri kita.”

William Tanuwijaya


Salah satu founder dari Tokopedia ini juga sangat menginspirasi banyak pengusaha di Indonesia.

Bersama rekannya Leontinus Alpha Edison, Tokopedia hadir dan menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Ada satu quotes yang pernah disampaikan oleh William yang sangat memotivasi banyak orang, untuk mengejar mimpinya.

“Bermimpilah dengan mata terbuka, karena tidak ada hal-hal besar yang sulit dicapai selama kita bermimpi dengan mata terbuka.”