Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Rahasia Komunikasi Tesla Guna Menggaet Customer

by Lakuuu Team 1 August 2021

rahasia-komunikasi-tesla
Tesla merupakan salah satu perusahaan yang kini tengah membanggakan diri karena mampu memecahkan pemikiran-pemikiran konvensional pada industri otomotif di dunia. Dalam kurun waktu 17 tahun terakhir, Tesla menemukan inovasi mobil menggunakan teknologi yang berbeda dari mobil tradisional, yakni menggunakan teknologi surya.

Strategi branding pemasaran tesla yang perlu diketahui

Mungkin ketika ditanya  kenapa memilih Tesla, kebanyakan orang akan mengatakan jika alasan mereka membelinya adalah tidak perlu mengendali saat mengemudi. Namun lebih dari itu, selama setahun terakhir tesla semakin bernilai dan menunjukkan kepopulerannya.

Hal tersebut tidak terlepas dari strategi branding yang dilakukan oleh Tesla Inc agar bisa menonjol dalam persaingan. Berikut ini rahasianya:

  • Memulai dengan visi

Di tahun 2006, elon Musk pernah membagikan rencana tentang pembuatan Tesla pada situs webnya. Tujuannya adalah mempercepat perpindahan yang semula dari hidrokarbon menuju teknologi listrik dengan tenaga surya.

Ini merupakan salah satu visi yang unik dan menarik, dan tentunya berbeda dengan kebanyakan perusahaan otomotif lainnya. Membagikan visi tersebut kepada dunia luas akan menampakkan misi serta kepribadian pada merk. Sehingga masyarakat pun dibawa terlibat dalam melihat perjalanannya.

  • Berikan titik perbedaan

Strategi marketing yang digunakan oleh Tesla berbeda dengan strategi yang digunakan perusahaan-perusahaan mobil tradisional. Jika perusahaan tradisional banyak menggelontorkan uang hanya untuk pemasaran iklan, justru Tesla sebaliknya.
Tesla tidak melakukan promosi melalui media sosial, dan inilah yang menjadi titik perbedaan utama yang bisa dikenali. Tesla tidak menjual kendaraan di dealer, melainkan dengan mendirikan showroom di pusat perbelanjaan agar konsumen bisa melihatnya langsung.

  • Menunjukkan sedikit kepribadian

Salah satu cara yang digunakan oleh elon Musk untuk memperlihatkan kepribadian merk Tesla yakni melalui humor. Saat pihak Tesla mengumumkan jika akan merilis hak paten guna pengembangan lebih lanjut kepada public, itu bukanlah pengumuman yang kaku. Melainkan menampakkan parodi dengan judul ‘Paten kami semua milik anda’.

Strategi dengan menggunakan humor bisa menjadi cara terbaik untuk membangun kepercayaan bagi konsumen. Namun tentunya ada batasan yang harus diingat supaya tidak berlebihan.

  • Solusi pencegahan

Setelah  membeli mobil, biasanya dealer tradisional akan mengajarkan Sobat Lakuuu untuk melakukan servis dengan mengunjungi dealer lagi ketika mobil mengalami masalah. hal ini berbanding terbalik dengan Tesla yang memilih menggandakan pelayanan.

Tesla tidak akan menyuruh konsumennya untuk melakukan servis mobil dengan mengunjungi showroom di Tesla Motor. Melainkan mereka memiliki tim bernama Tesla Rangers yaitu tim layanan seluler yang akan mengunjungi konsumen di rumah saat mobil sedang bermasalah.

  • Hadapi semua masalah

Meskipun dimulai dengan awalan yang sangat menginspirasi, namun bukan berarti Tesla tidak menghadapi masalah. Beberapa kekhawatiran tetap terjadi di awal-awal tahun perintisannya. Seperti kemampuan dalam membuat mobil berskala besar,masalah keuangan, keterlambatan pengiriman  hingga komentar-komentar public.

Namun hal tersebut dijawab dengan cara yang sangat berbeda, Musk akan berdiskusi secara langsung kepada para konsumen melalui media sosial. Musk akan selalu membalas Tweet dari para konsumen yang menawarkan berbagai saran terbaik demi kelanjutan Tesla.

Strategi marketing Tesla ini juga dapat Sobat Lakuuu tiru karena bisa dimasukkan ke dalam bisnis apapun untuk bisa memberi dampak yang signifikan. Sobat Lakuuu juga hanya membutuhkan konsistensi, keterbukaan serta keberanian untuk terus maju agar bisnis yang dijalankan bisa tetap bertahan dalam situasi apapun.