Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

8 Kegiatan Seru Rayakan Kemerdekaan Indonesia di Rumah!

by Lakuuu Team 13 August 2021

rayakan-kemerdekaan-indonesia
Setiap tanggal 17 Agustus, seluruh warga Indonesia memperingati hari kemerdekaan. Ada berbagai kegiatan yang dipersiapkan untuk memeriahkan serta rayakan kemerdekaan. Mulai dari aneka lomba, pentas seni karang taruna sampai dengan perhelatan akbar upacara bendera.

Namun, pandemi yang melanda hampir seluruh negeri tanpa terkecuali Indonesia, membuat perayaan kemerdekaan sejak dua tahun belakangan ini terasa berbeda. Keharusan untuk mengurangi bahkan hingga membatasi segala bentuk mobilitas kegiatan yang dilakukan di rumah, serta menghindari kerumunan membuat aneka lomba kini ditiadakan. Hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir serta memutus rantai penularan Covid-19 yang semakin marak akhir-akhir ini.

Berbagai Cara Seru Rayakan HUT Kemerdekaan RI Meski Hanya Dari Rumah

Meski segala kegiatan dikerjakan dari rumah masing-masing, tentu saja hal tersebut tetap tidak merubah khidmatnya serta suka cita menyambut hari kemerdekaan. Berbagai kegiatan tetap dapat dilakukan dari rumah, secara menyenangkan dan mengasyikkan. Lalu Apa saja sih kegiatannya?

1. Upacara Bendera

Banyak cara untuk merayakan kemerdekaan. Hal yang tidak boleh ketinggalan, serta paling penting adalah dengan melakukan upacara bendera. Upacara bendera saat hari kemerdekaan, bermaksud agar kita dapat memperkuat jiwa nasionalisme. Melakukan upacara bendera tentu saja bisa dari rumah.

Sobat Lakuuu dapat menunjuk siapa saja anggota keluarga yang menjadi petugas upacara. Mulai dari pemimpin upacara, pengibar bendera, serta pembina upacara yang memberikan amanat upacara. Di sela-sela pengibaran bendera, Sobat Lakuuu juga dapat melakukan penghormatan kepada bendera merah putih sembari menyanyikan lagu Indonesia raya. Lalu, jangan lupa untuk melakukan kegiatan mengheningkan cipta untuk para pahlawan kita.

2. Menghias Rumah

Pada umumnya, peringatan 17 an ditandai dan dimeriahkan dengan cara menghias pagar, serta gapura dengan nuansa khas kemerdekaan. Bendera-bendera mulai berkibar di sepanjang jalan, bersanding dengan bendera umbul-umbul yang tinggi. Karena penerapan pembatasan sosial selama pandemi, tentunya kegiatan ini dilakukan seminimal mungkin karena tidak diperbolehkannya saling berkerumun. Namun tidak perlu khawatir, nuansa kemerdekaan tetap akan terasa kental dengan menghias rumah menggunakan nuansa kemerdekaan. Tambahkan beberapa aksesoris berwarna merah dan putih, untuk mengubah suasana menjadi lebih terasa meski hanya berada di rumah saja.

3. Mengikuti Lomba Secara Virtual

Merayakan kemerdekaan biasanya memang identik dengan aneka lomba khas 17-an. Mulai dari lari kelereng, balap karung, makan kerupuk, lomba masak antar komplek, sampai dengan panjat pinang yang meriah. Namun sayangnya, lagi-lagi pandemi membuat kita harus bersabar sementara waktu.

Tapi, tunggu dulu, Sobat Lakuuu! Jangan berkecil hati. Adanya kemajuan teknologi di zaman serba modern sekarang ini, melakukan lomba untuk merayakan kemerdekaan bukanlah satu hal yang mustahil. Sobat Lakuuu dapat mengikuti berbagai lomba yang disediakan dari rumah saja secara virtual. Supaya lebih mengasyikkan kalian juga dapat mengajak sepupu atau saudara dan teman lain lewat virtual lho. Bagaimana membayangkannya, tentu saja tetap akan terasa seru bukan?

4. Lakukan Berbagai Macam Perlombaan Dari Rumah

Lomba 17-an di rumah? Siapa takut! Kegiatan perlombaan yang dilakukan di rumah pasti terasa sangat meriah dengan kehangatan dan keceriaan anggota keluarga ya Sobat Lakuuu. Tidak usah memiliki jenis lomba yang rumit, Sobat Lakuuu dapat memilih beberapa jenis lomba dengan cara dan peralatan yang mudah seperti lari kelereng, makan kerupuk, atau lomba joget dengan bola.

Beberapa jenis lomba ini, selain menggunakan bahan yang ada di rumah, juga tidak membuat Sobat Lakuuu harus mengeluarkan budget khusus untuk mempersiapkannya, lho! Yang pasti, anak-anak akan sangat bahagia dan menjadikannya sebagai pengalaman tak terlupakan. Jangan lupa persiapkan hadiah khusus bagi para pemenang ya. Misalnya dengan memilih hadiah dengan memesan makanan favorit lewat aplikasi online.

5. Nobar Film Indonesia Bergenre Kemerdekaan

Hal mengasyikkan untuk rayakan kemerdekaan adalah dengan menonton beberapa judul film bersama keluarga. Saat ini sudah banyak bermunculan tayangan film yang mengangkat budaya, serta kisah-kisah pahlawan dalam membela kemerdekaan. Kisah perjuangan anak-anak dari pulau terpencil dalam meraih cita-cita juga layak menjadi rekomendasi film bagi Sobat Lakuuu, dan keluarga. Selain memberikan hiburan, film dengan genre ini juga dibuat dengan penuh filosofi agar anak-anak dapat memetik nilai-nilai yang terkandung dari kisah yang diberikan.

6. Rayakan Kemerdekaan dengan Masak Bersama

Masak bersama tentu sangat menyenangkan untuk merayakan kemerdekaan. Sobat Lakuuu bisa memilih aneka resep khas Indonesia yang mudah untuk diolah bersama keluarga. Setelah makanan matang, kalian dapat menyantapnya dengan penuh kehangatan bersama keluarga. Hal ini tentu saja dapat mempererat hubungan keluarga lho!

7. Buat Foto Keluarga Dengan Tema Kemerdekaan

Rayakan hari kemerdekaan dengan melakukan foto keluarga menggunakan baju berwarna senada khas kemerdekaan. Hal ini dapat menjadi kenang-kenangan untuk seterusnya lho Sobat Lakuuu!

8. Melakukan Doa Bersama

Doa bersama menjadi hal paling sakral yang wajib dilakukan untuk mengisi dan rayakan hari kemerdekaan. Lewat doa, semua keinginan dapat diutarakan kepada sang pencipta. Semoga wabah segera berakhir, sehingga rakyat Indonesia dapat beraktivitas seperti sedia kala.