Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Rekomendasi Kamera Terjangkau Untuk Pemula

by Lakuuu Team 30 August 2021

rekomendasi-kamera
Dunia fotografi memang menarik dan menyenangkan. Apalagi mengabadikan setiap momen dengan orang tercinta serta mencetaknya, tentu akan menghadirkan kenangan yang tidak terhingga. Setiap moment bisa menjadi cerita bagus ketika Sobat Lakuuu mencetaknya. Memilih kamera juga tidak boleh sembarangan, dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai rekomendasi kamera untuk pemula yang bisa dipilih.

Apabila Sobat Lakuuu masih baru dalam dunia fotografi, kamera yang dipakai selain bagus juga memahami bagaimana setting kamera tersebut. Dengan tepat dan cocoknya penyetingan kamera, sudah pasti hasil jepretan pun akan terlihat bagus. Keinginan untuk mendapatkan kualitas foto pun juga memenuhi keinginan. Bahkan jika ingin membeli kamera, Sobat Lakuuu juga harus mengajak orang yang paham soal kamera.

Kamera mirrorless masuk sebagai rekomendasi terbaik jika Sobat Lakuuu memang sedang memburu content. Baik selebgram dan vlogger saat ini lebih memilih jenis kamera ini karena mudah dibawa dan hasil jepretannya juga sangat berkualitas. Dengan mendukung sejumlah aplikasi fotografi, hasil gambar juga bisa disempurnakan menjadi luar biasa.

Lalu apa saja keunggulan memakai tipe mirrorless dalam dunia fotografi, dibawah ini ada sisi kelemahan yang bisa Sobat Lakuuu ketahui.


Fitur dan Kelebihan Kamera Mirrorless

Tahukah jika mirrorless bisa dijadikan salah satu rekomendasi kamera untuk pemula. Hasil survey ini memang bisa dijadikan tambahan pengalaman jika Sobat Lakuuu ingin membeli kamera saat ini. Kelebihan memakai kamera ini antara lain:

  • Terdapat Viewfinder Elektronik

Kelebihan pertama ada di fitur viewfinder elektronik. Bagi kalangan fotografer pemula fitur ini memang lebih bagus dan canggih dibandingkan dengan viewfinder manual yang terdapat pada kamera DSLR. Terdapat nya fitur canggih itu tentu saja dapat memberikan hasil tangkapan cahaya lebih besar dari sensor yang ada. Viewfinder memang merupakan setting kamera dengan hasil cahaya yang sama dengan hasil tampilan pada foto. 

Sebelum Sobat Lakuuu mengambil objek gambar dan menekan pada tombol shutter, layar viewfinder telah menampilkan hasil gambarnya lebih dulu. Selain itu, kepadatan pencahayaan juga berfungsi ketika ruangan memang minim cahaya. Para fotografer pemula akan terbantu dengan adanya fitur tersebut.

  • Mobilitas Tinggi Meski Ukurannya Mungil

Kamera mirrorless memang berukuran kecil, namun soal mobilitas jenis kamera ini menawarkan kemudahan. Dimensi yang tersedia membuat pengguna akan lebih mudah untuk menyimpannya. Situasi dan kondisi apapun bisa mudah terbawa di tas. Sehingga dalam momen apapun Sobat Lakuuu bisa selalu berpeluang membawanya karena tidak berat di masukkan ransel.

  • Kualitas Video Bagus

Tidak hanya menawarkan hasil jepretan foto yang bagus, kamera ini juga menawarkan hasil rekaman video yang berkualitas tinggi. Resolusi yang ditawarkan dalam kamera ini adalah HD (High Dimensi) atau 4k. Sehingga konten yang Sobat Lakuuu buat pun akan semakin nampak maksimal.

Meski kamera ini merupakan rekomendasi kamera untuk pemula dengan berbagai keunggulannya, namun ada juga sisi kekurangannya. Salah satunya ada pada baterai, karena ukurannya kecil sudah pasti daya tahan baterainya terbatas. 

Jika dibandingkan dengan jenis kamera DSLR, mirrorless hanya bertahan sampai 400 sampai 400 hasil gambar saja. Sedangkan jika memakai kamera DSLR Sobat Lakuuu bisa memakainya sekitar 600 sampai 800 kali gambar dalam urusan daya tahan baterai. Dengan begitu maka Sobat Lakuuu memang harus selalu menyediakan baterai cadangan ketika bepergian jauh.


Beberapa Jenis Kamera Mirrorless

Jika Sobat Lakuuu ingin membeli kamera mirrorless tentu harus menentukan sesuai anggaran dana. Semakin mahal tentu kualitas dan spesifikasinya akan semakin lengkap. Berikut ini daftar kamera murah dan berkualitas yang bisa menjadi pilihan.

  • Xiaomi Yi M1
Source: Jakartanotebook

Bukan hanya terkenal melalui HP nya, Xiaomi juga mengeluarkan produk kamera dengan serian Xiaomi Yi M1. Memiliki sensor 4/3 20 megapixel mampu mengambil gambar jernih dan bagus. Jika Sobat Lakuuu ingin membelinya harga yang ditawarkan sekitar 4,9 juta rupiah.

  • Nikon J5
Source: plazakamera.com

Produsen kamera Nikon juga merilis kamera dengan nama Nikon J5. Body retro dengan kemampuan 20.8 MP dan sensor BSI CMOS. Hasil tangkapan gambar dan video full HD akan menghasilkan kualitas bagus. Harga kamera ini di pasaran sekitar 4,6 juta rupiah.

  • Canon EOS M10
    Source: blibli.com
Canon juga menjadi salah satu brand bagus soal urusan kamera. Belum lama ini Canon EOS M10 dirilis. Menyediakan fitur 18 MP dengan dilengkapi APS-C CMOS sehingga tangkapan gambar semakin berkualitas dan tajam. Harga jualnya ada di kisaran 5 juta rupiah.

Itulah beberapa rekomendasi kamera untuk pemula yang bisa menginspirasi. Silahkan menentukan jenis kamera mana yang membuatmu nyaman saat memakainya.