Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

5 Rekomendasi Novel Best Seller yang Menginspirasi

by Lakuuu Team 19 August 2021

rekomendasi-novel
Novel adalah sebuah karya untuk dapat menginspirasi pembaca dan juga merupakan salah satu jenis karya sastra yang memiliki peminat cukup tinggi, khususnya di Tanah Air. Kisah di dalam novel yang penuh dengan permasalahan kemudian disambung dengan berbagai solusi pemecahan masalah. Dari sini, pembaca merasa lebih menikmati sebuah karya dan bisa mengambil inspirasi maupun pelajaran.

Rekomendasi 5 Novel Inspiratif Best Seller yang Bisa Membawa Semangat Untuk Sukses

Saat ini orang menganggap membaca merupakan sebuah hobi yang memiliki dampak positif bagi seseorang. Padahal sebenarnya, membaca bukan hanya sekedar hobi, karena apabila seseorang ingin maju dan ahli, maka solusinya adalah rajin membaca buku.

Meskipun novel termasuk dalam kategori bacaan ringan, namun justru memberi banyak dampak kepada pembacanya. Hal ini dibuktikan dengan pembaca novel kebanyakan terbawa emosi dalam alur cerita. Ketika tokoh atau alur dalam novel sedih, maka pembaca akan ikut  merasakan kesedihan nya juga. Begitupun sebaliknya.

Indonesia memiliki ratusan anak bangsa terbaik yang berkarier sebagai penulis novel. Karyanya pun sudah beredar dengan berbagai prestasi, termasuk salah satunya best seller. Bahkan ada yang terbit di luar negeri. Diantaranya adalah Tere Liye, Habiburrahman El Shirazy, Asma Nadia dan Andrea Hirata. Berikut adalah daftar novel inspiratif best seller yang akan memotivasi Sobat Lakuuu.

Tentang Kamu-Tere Liye

Source: goodreads.com

Salah satu karya penulis novel best seller Indonesia yaitu Tere Liye dengan judul Tentang Kamu. Pertama kali terbit pada tahun 2016 dengan ketebalan 524 halaman novel ini berhasil menginspirasi para pembacanya. Novel ini arti kata termasuk bergenre romantis dan fiksi yang tokoh utamanya merupakan seorang pengacara di London.

Bernama Zulkarnain Zaman. Pemuda tersebut diberi amanah untuk membantu menyelesaikan masalah hukum pembagian harta waris seseorang. Kemudian dengan dibalut kata-kata yang menarik dan mudah dipahami, novel ini memiliki pesan moral bermanfaat. Seperti khasnya penulis Tere Liye, novel ini selalu dihiasi dengan alur yang membuat penasaran para pembacanya.

Eloy

Source: gpu.id

Novel inspiratif best seller selanjutnya adalah dengan judul Eloy yang ditulis oleh Alberthiene Endah pada tahun 2012. Dengan genre novel biografi, buku ini terbit dalam 238 halaman di penerbit Gramedia Pustaka Utama. Novel ini menceritakan kisah nyata seorang pemuda bersama keluarganya yang berasal dan hidup di pulau pedalaman Nias, wilayah Sumatera Utara.

Dengan berbagai kesederhanaan dalam sebuah gubuk kecil, keluarga ini berjalan penuh dengan keakraban. Namun pada suatu waktu, kehidupan mereka berubah dengan kehadiran seorang turis dari Amerika. Turis tersebut memberikan bantuan kepada keluarga untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi.

Namun pada kenyataannya, pemuda tersebut malah tidak mampu menahan budaya sosial kehidupan baru di ibukota Jakarta yang begitu keras. Begitulah perjuangan yang dihadapinya membuat pembaca terinspirasi dari novel ini.

Negeri Lima Menara
Source: goodreads.com

Pada tahun 2009 terbitlah novel unik dengan judul Negeri 5 Menara yang menceritakan kehidupan di pesantren dan setelahnya. Novel tersebut ditulis oleh seorang alumni santri Gontor, Ahmad Fuadi dengan jumlah halaman 423 lembar. Novel ini telah meraih penghargaan mega best seller pada tahun 2009.

Tokoh utamanya bernama Alif, seorang pemuda dari Sumatera yang ingin sekolah di sekolah umum. Namun dipaksa oleh orang tua untuk masuk pesantren Madani di Ponorogo Jawa Timur. Seperti biasa di awal-awal terasa berat dan tidak betah. Namun lama-kelamaan tokoh utama tersebut berkembang dan akhirnya lulus dari pesantren itu.

Kemudian dalam proses belajarnya. Alif mempunyai beberapa teman yang sering berkumpul di bawah menara lantas menceritakan keinginan dan cita-citanya. Setelah lulus, mereka saling bertukar kabar terkait cita-citanya dan semuanya telah berhasil seperti yang dicita-citakan di bawah menara masjid. Novel ini terbukti menginspirasi banyak kalangan dan cenderung mengangkat citra pesantren.

Surat Kecil Untuk Tuhan

Source: Skylar Pictures

Novel inspiratif best seller selanjutnya dengan judul Surat Kecil Untuk Tuhan, yang merupakan karya dari Agnes Davonar. Novel ini diterbitkan oleh penerbit Inandra Published pada tahun 2008 juga meraih penghargaan best seller.

Secara umum, novel ini mengisahkan seorang gadis yang berjuang menghadapi penyakit ganas yaitu kanker. Kegigihan gadis tersebut dalam menghadapi berbagai rentetan penyakit ganas ini berakhir dengan surat yang ditujukan untuk Tuhan. Novel bisa membawa pembacanya kepada suasana yang sedih dan haru sehingga menginspirasi seseorang untuk terus menjaga kesehatan.

Guru Aini
Rekomendasi terakhir novel inspiratif adalah Guru Aini karya Andrea Hirata yang terbit belum lama ini, yaitu pada tahun 2020. Novel ini menceritakan kisah seorang guru yang cerdas dengan berbagai fasilitas mewah yang ingin mengajar matematika di sebuah pelosok pedesaan.

Dalam perjalanannya, guru tersebut mengalami banyak hambatan dan rintangan. Salah satunya adalah persepsi masyarakat bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Aini merupakan salah satu siswa yang sulit untuk memahami pelajaran ini.

Namun suatu ketika ayahnya jatuh sakit dan harus diobati dengan ilmu kedokteran modern. Hal ini menjadi semangat untuk jadi dokter sehingga harus belajar matematika dengan baik sampai pintar. Perjuangan guru matematika Aini cukup menginspirasi sehingga menjadikan novel ini meraih penghargaan best seller.

Ada beberapa judul buku novel inspiratif best seller yang direkomendasikan untuk Sobat Lakuuu. Karena novel ini terbukti bisa menginspirasi para pembacanya. Selain untuk hiburan, membaca novel terbukti dapat menambah inspirasi dan pengetahuan.