Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Merajut Hingga Resin Art, ini 7 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Saat #dirumahaja

by Lakuuu 27 November 2021

resin-art
Ada banyak kegiatan saat di rumah yang bisa Sobat Lakuuu lakukan. Misalnya seperti merajut untuk membuat kain, busana, atau benda benda lain dari rajutan benang.

Selain itu ada berbagai aktivitas menarik lainnya seperti olahraga, menonton, hingga membuat resin art. Berikut informasi kegiatan apa saja yang dapat dilakukan saat di rumah saja untuk Sobat Lakuuu.

Kegiatan Saat di Rumah Saja

Selama masih adanya pemberlakuan peraturan untuk di rumah saja, pasti ada rasa bosan yang selalu dirasakan. Berikut kegiatan yang dapat dilakukan selama di rumah saja:

1.  Belajar Merajut

Merajut bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan selama berada di rumah saja karena dapat menghasilkan berbagai benda-benda indah dan berguna. Sobat Lakuuu bisa mulai mempelajari segala hal yang berkaitan dengan merajut seperti berikut ini.

Alat yang pertama adalah jarum rajut (hakpen). Panjangnya sekitar 13 hingga 15 cm. Jika ingin mendapat hasil rajutan yang rapat, Sobat Lakuuu bisa menggunakan jarum dengan ukuran kecil.

Memegang jarum rajut dapat dilakukan dengan 2 cara. Pertama adalah gaya pensil sebagaimana saat memegang pensil. Kedua adalah gaya pisau sebagaimana saat menggenggam pisau.

Selanjutnya adalah Jarum Sulam (knit). Jarum ini umumnya memiliki lubang yang lebih besar dan ukuran lebih besar dari jarum rajut. Cara menggunakannya beda dengan hakpen. Knit terdiri dari sepasang jarum yang digunakan bersamaan dengan tangan kanan dan kiri saat merajut.

Selanjutnya adalah benang rajut. Sobat Lakuuu bisa memilih berbagai jenis benang di pasaran seperti wol kenari, nilon, akrilik linen, akrilik, katun, dan polyester. Benang jenis katun adalah yang paling mudah ditemukan dan juga tersedia dalam banyak pilihan warna.

Sebaiknya Sobat Lakuuu memilih warna-warna benang yang cerah dahulu agar lubang tusukan pada rajutan bisa mudah dikenali. Alat dan bahan lain untuk kegiatan saat di rumah aja yang satu ini seperti gunting, meteran kain, peniti rajut, dan lem tembak.

Ada beberapa istilah dalam merajut seperti front loop, slip knot, yard ball, dan yard end. Sobat Lakuuu bisa mempelajarinya lebih lanjut agar lebih mahir dalam merajut.

2.  Menulis Blog

Blog adalah sebuah wadah yang menampung berbagai informasi penting yang disajikan oleh penulisnya. Daripada berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas penting, Sobat Lakuuu bisa menulis blog dan berbagai informasi untuk sesama.

Ada banyak tema menarik yang bisa Sobat Lakuuu tulis seperti seputar masakan, fashion, kesenian, dan lainnya. Bahkan Sobat Lakuuu bat Lakuuu juga bisa menjadikan blog untuk promosi loh.

3.  Menonton Film

Seharian berada di rumah tanpa melakukan aktivitas yang berarti tentunya akan sangat membosankan. Sobat Lakuuu bisa menghibur diri dengan menonton film yang berdurasi Panjang Bersama keluarga atau teman terdekat.

Terlebih mungkin Sobat Lakuuu memiliki daftar film yang belum sempat ditonton. Ini adalah waktu yang tepat untuk menyelesaikannya satu per satu.

4.  Merawat Diri

Setiap orang terutama para perempuan tentunya ingin memiliki tubuh yang terawat. Kegiatan yang dilakukan saat di rumah ini adalah cara yang tepat untuk melakukan perawatan diri secara sederhana.

Sobat Lakuuu bisa meracik bahan-bahan alami untuk masker wajah, lulur tubuh, dan berbagai ide kreatif lainnya. Dengan begitu, tubuh jadi lebih segar dan merasa lebih percaya diri.

5.  Kegiatan Saat di Rumah, Yoga

Melakukan senam juga bisa secara mandiri di rumah loh. Ada banyak video tutorial yang bisa Sobat Lakuuu ikuti. Cukup siapkan kuota internet, tempat yang nyaman, Sobat Lakuuu bisa langsung melakukannya.

Akan lebih menyenangkan untuk melakukan Yoga di tempat yang sejuk misalnya seperti di taman di halaman rumah. Dengan begitu akan terasa lebih rileks.

6.  Senam Aerobik

Sobat Lakuuu bisa melakukan aerobik bersama teman atau anggota keluarga. Kegiatan saat di rumah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur, Sobat Lakuuu akan terhindar dari penyakit dan stress. Aerobik dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kolesterol, dan lainnya.

7.  Resin Art

Kegiatan saat di rumah yang satu ini selain bisa juga menghasilkan pundi-pundi rupiah Sobat Lakuuu. Terutama jika modal yang ada kecil karena resin art tidak terlalu membutuhkan biaya besar.

Karya seni ini sekarang tengah populer dan banyak yang mencari. Resin sendiri berarti getah. Dengan mencampur pengeras dan resin maka akan terjadi reaksi kimia dan berubah menjadi plastik padat.

Karya yang dihasilkan berupa sebuah subjek dengan permukaan berkilau dan mulus. Berikut adalah Langkah-langkah membuat resin art.

1. Lakukan di ruangan dengan ventilasi udara cukup dan kenakan baju lengan Panjang serta sarung tangan nitril.

2. Pada setiap sisi painting base untuk resin,tempelkan lakban sehingga resinnya tidak menetes.

3. Jangan letakkan painting base langsung di atas meja, berikan alas berupa cup pada setiap sudut painting base.

4. Campur resin dan pengeras dengan rasio 1:1 berdasarkan volume. Gunakan cup plastik sebagai wadah dan aduk dengan spatula plastik.

5. Pisahkan resin pada cup berbeda dan beri warna sesuai keinginan. Tuangkan resin yang diinginkan ke painting base dan gunakan pisau atau spatula untuk membuat pola. Tunggu hingga mengering biasanya sekitar 24 jam.

Melakukan berbagai aktivitas bermanfaat di rumah tentu memberi dampak positif bagi Sobat Lakuuu. Bahkan dapat menambah pemasukan dari hasil kreativitas dari kegiatan saat di rumah aja.