Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Selamat Datang 2022, Buat Resolusi Tahun Baru untuk Bisnismu!

by Lakuuu 1 January 2022

resolusi-bisnis-2022
Selamat datang di resolusi tahun baru dari 2021 menuju 2022. Di tahun baru diharapkan perbaikan diri akan memberikan hasil lebih baik. Banyak orang memanfaatkan momen tahun baru ini untuk melakukan berbagai macam resolusi satu tahun ke depan.

Baik itu agar menjadi pribadi lebih baik lagi atau pengharapan untuk hal lainnya seperti bisnis. Proses pengembangan bisnis perlu dilakukan evaluasi dan resolusi agar dapat memberikan hasil lebih baik. Sebagai pebisnis sukses tentu harus selalu berpikir mengenai perubahan.

Tentu saja perubahan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Seberapa pentingkah resolusi ini untuk perkembangan bisnis dan referensi ide apa saja yang bisa coba untuk dilakukan? Informasi selengkapnya, Sobat Lakuuu bisa menyimak pembahasan berikut.

Pentingnya Resolusi di Tahun Baru untuk Perkembangan Bisnis

Rencana dan target merupakan hal penting yang perlu ada dalam sebuah bisnis. Untuk bisa mencapainya diperlukan resolusi. Setiap resolusi yang dilakukan tentu saja sangat penting selama itu merupakan hal positif. Ada beberapa alasan diperlukannya resolusi tahun baru untuk bisnis.

1.  Dapat Memberi Arah untuk Bisnis

Strategi bisnis bisa menjadi lebih terarah jika pembuatan rencananya dilakukan secara rinci dan jelas. Rencana dibuat dengan harapan tujuan bisnis dapat tercapai. Misalnya seperti peningkatan target penjualan, produk lebih dikenal dan lain sebagainya.

Rencana hanya akan menjadi rencana jika Sobat Lakuuu tidak melakukan aksi nyata. Jadi, selain resolusi juga diperlukan tindakan. Salah satu contohnya bila memiliki tujuan meningkatkan penjualan, maka Sobat Lakuuu bisa mewujudkannya dengan berpromosi.

2.  Acuan Strategi Bisnis yang efektif

Alasan berikutnya adalah bisa menjadi acuan strategi bisnis yang efektif. Tanpa adanya acuan, bisnis yang dijalankan biasanya menjadi tidak jelas tujuannya ingin dibawa ke arah mana. Jadi, sangat penting membuat perencanaan atau resolusi agar terpenuhi target.

3.  Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Alasan terakhir adalah dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Bagaimana bisa? Hal ini karena dengan resolusi, sistem pembagian tugas kepada setiap karyawan bisa berjalan lebih baik. Karyawan lebih mudah memahami apa saja tugasnya.

Pemahaman baik inilah yang nantinya akan membuat karyawan lebih cepat dan tanggap dalam mengerjakan tugasnya, sehingga produktivitas meningkat. Peningkatan ini tentunya akan memberikan dampak baik jika mampu mengeksekusinya dengan tepat.

Referensi Ide Resolusi Tahun Baru yang Bisa Diterapkan untuk Bisnis

Biasanya akhir tahun digunakan oleh para pemilik bisnis atau usaha untuk melakukan evaluasi dan menyusun rencana. Tujuannya adalah agar bisnisnya semakin berkembang. Sebenarnya ada banyak referensi ide resolusi yang bisa Sobat Lakuuu terapkan ketika menjalankan usaha.

1.  Konsisten Melakukan Promosi

Ide pertama yang dapat dijadikan referensi yaitu konsisten melakukan promosi agar meningkatkan jumlah pelanggan. Peningkatan ini tentunya akan berdampak pada penjualan produk Sobat Lakuuu nantinya.

Semakin bertambahnya pelanggan akan membuat penjualan produk meningkat. Pemasaran suatu produk bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yaitu dengan menggunakan sosial media dan berbagai jenis marketplace.

Pembuatan promosi tentunya tidak sembarangan supaya calon pelanggan tertarik untuk setidaknya melihat produk Sobat Lakuuu. Gunakan konsep yang jelas dan buat seinformatif mungkin agar sasaran dapat memahami informasi dengan mudah.

2.  Mendelegasikan Pekerjaan

Ide resolusi tahun baru berikutnya adalah delegasikan sebagian pekerjaan. Ide satu ini berlaku bagi pemilik usaha yang masih menyelesaikan semua pekerjaannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sebagai pemilik usaha, tentu Sobat Lakuuu memiliki banyak hal yang dipikirkan dan harus dilaksanakan. Supaya bisa fokus dalam pengembangan bisnis secara maksimal, maka Sobat Lakuuu bisa mencoba untuk mendelegasikan sebagian pekerjaan ke orang lain.

3.  Gabung Grup atau Organisasi Bisnis

Resolusi tahun baru dengan memperluas jaringan bisnis dapat dilakukan dengan cara bergabung dengan grup atau organisasi yang berkaitan. Biasanya berbagai ide atau inspirasi bahkan informasi penting akan bisa didapatkan melalui obrolan dari grup tersebut.

Selain itu tentunya akan menambah relasi pertemanan. Sobat Lakuuu juga berbagi pengalaman dengan para anggota lain mengenai bisnis yang sedang dijalankan. Bahkan bisa meminta pendapat saat membutuhkannya.

4.  Belajar Hal Baru

Wawasan dan keahlian akan bertambah jika Sobat Lakuuu mau mempelajari hal-hal baru. Hal-hal baru tidak selalu berkaitan dengan bisnis atau usaha, bisa mengenai cara mengembangkan pribadi agar menjadi lebih baik.

Pengembangan pribadi akan membentuk karakter, pola pikir dan mental Sobat Lakuuu sehingga tercipta kesuksesan dalam menjalankan usaha. Jadi, tidak hanya bisnis yang perlu resolusi, pribadi juga sangat perlu.

5.  Menjadikannya Agenda Rutin

Pembuatan resolusi atau perencanaan bisnis bisa dijadikan agenda rutin. Sobat Lakuuu bisa melakukan evaluasi terhadap strategi mana saja yang berhasil dan tidak. Setelah itu, membuat strategi baru jika yang sebelumnya belum maksimal atau bahkan gagal.

Selain beberapa ide tersebut, masih banyak lainnya yang bisa dicoba. Tentukan ide mana sajakah yang ingin Sobat Lakuuu terapkan pada bisnis. Lakukan resolusi tahun baru dengan konsisten supaya target atau tujuan yang diinginkan tercapai.