Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Search Intent: Fungsi dan Tips Memaksimalkannya

by Lakuuu Team - 10 October 2021

search-intent
Sobat Lakuuu mungkin sudah familiar dengan istilah keyword atau kata kunci yang difungsikan untuk memaksimalkan kinerja SEO suatu website.

Tapi, selain memasukkan keyword yang berhubungan dengan konten, ada satu hal lainnya yang perlu diikutsertakan agar memudahkan para pengguna internet untuk menemukan konten Sobat Lakuuu.

Jika satu hal ini dimanfaatkan dengan baik, maka otomatis peringkat halaman website Sobat Lakuuu akan naik, dan berpotensi besar tampil di halaman pertama mesin pencari. Apakah satu hal itu?

Search Intent


Google selalu melakukan analisis yang digunakan untuk memperbaiki algoritmanya dalam menentukan apa yang akan dicari oleh masing-masing pengguna, dan apa yang harus Google tampilkan.

Agar Google mampu menampilkan apa yang dimaksud oleh para penggunanya, maka muncul sebuah istilah yang dikenal sebagai search intent.

Dilansir semrush, search intent adalah tujuan pencarian yang dilakukan oleh seorang pengguna dalam mesin pencari.

Search intent menampilkan apa yang diinginkan oleh kebanyakan pengguna saat menggunakan mesin pencari terhadap satu kata kunci tertentu. Maksudnya bagaimana?

Perhatikan gambar berikut,

Saat Sobat Lakuuu mengetik “digital marketing” di mesin pencarian, maka yang keluar adalah pengertian, manfaat, atau kelebihan dari digital marketing.

Padahal, Sobat Lakuuu ingin mencari agensi digital marketing, yang bisa memberikan penawaran terbaik dan membantu mengoptimalkan media sosial.

Kecuali, Sobat Lakuuu menambahkan kata “agensi” di depan “digital marketing”, maka yang akan ditampilkan oleh mesin pencari adalah sejumlah iklan agensi digital marketing, lengkap dengan lokasinya.
Hal di atas adalah gambaran singkat dari search intent. Di mana, satu kata kunci dapat dimaksudkan untuk banyak hal, dan Google mengutamakan suatu konten yang sesuai dengan maksud pencarian dari kebanyakan pengguna.

Gawatnya, jika keyword yang Sobat Lakuuu gunakan tidak memberikan hasil sesuai dengan keinginan user, maka otomatis Google akan menganggap konten Sobat Lakuuu tidak menarik, dan menurunkan peringkat website.

Lalu, bagaimana caranya untuk memaksimalkan search intent agar bisa meningkatkan jumlah traffic organik?

Cara Mengoptimasi Search Intent


Dengan memaksimalkan search intent, Sobat Lakuuu mendorong website untuk dilihat oleh lebih banyak pengguna, sehingga website bisa masuk ke halaman utama Google.

Coba lakukan 3 langkah ini untuk memaksimalkan search intent.

1. Konten yang Sesuai dengan Tujuan

Umumnya, pengguna internet memiliki tiga tujuan dalam menggunakan internet: mencari informasi, mencari jawaban, dan melakukan transaksi.

Manfaatkan intensi “mencari informasi” dan “mencari jawaban” dengan menyuguhkan konten yang bermanfaat, dan membantu pengguna menyelesaikan masalahnya.

Hal lain yang bisa Sobat Lakuuu terapkan adalah dengan menyisipkan keyword “cari”, “bagaimana”, dan “apa” agar menjangkau lebih banyak pengguna.

2. Pelajari Kompetitor atau Pesaing

Tidak ada salahnya untuk belajar tehnik yang digunakan kompetitor sebagai bahan perbandingan.

Pelajari bagaimana pesaing mampu menempati posisi pertama mesin pencarian. Bagaimana cara pesaing membuat konten. Kemudian, bandingkan dengan konten yang Sobat Lakuuu buat, agar mampu menghasilkan konten yang lebih baik lagi.

3. Arahan Halaman yang Jelas

Apabila Sobat Lakuuu memiliki website khusus untuk transaksi, maka lakukan tiga hal di bawah ini,

  1. CTA yang jelas
     Call-to-action dari website Sobat Lakuuu haruslah jelas, terlihat, dan mampu menarik perhatian. CTA ini haruslah menonjol daripada elemen lain di dalam halaman.

  2. Desain yang menarik
     Desain halaman yang baik adalah yang tidak membuat pengunjungnya kebingungan dalam mengakses, mendapatkan informasi produk, dan melakukan transaksi.

  3. Copywriting yang mantap
     Yakinkan calon pembeli bahwa mereka sangat membutuhkan produk atau jasa Sobat Lakuuu.

Selain itu, cobalah untuk membangun rasa percaya diri mereka dan dorong para calon pembeli untuk segera mengambil keputusan.

Harus diakui, menerapkan search intent tidaklah mudah, dan bahkan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa melihat hasilnya.

Jika Sobat Lakuuu tertarik untuk mencoba search intent dengan memiliki website jualan sendiri, Sobat Lakuuu bisa menghubungi website builder yang akan membantu proses pembuatan website dengan mudah. 
Bagikan artikel

Artikel Terkait

foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
membuat-copywriting-terlihat-menarik
Tips & Trik
5 Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik
Perlunya membuat copywriting terlihat menarik. Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk ...