Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Selamat Hari Sukarelawan! Yuk Intip 7 Keuntungan Menjadi Sukarelawan

by Lakuuu 5 December 2021

selamat-hari-sukarelawan
Memiliki kesehatan mental yang baik tentu menjadi keinginan Sobat Lakuuu, ini adalah salah satu yang diperoleh dari keuntungan menjadi sukarelawan. Sukarelawan atau biasa disebut relawan adalah orang yang melakukan kegiatan sosial atas keinginan sendiri.

Kegiatan kerelawanan dibuat untuk memberi manfaat bagi masyarakat atau bagi diri relawan sendiri. Sebuah perilaku sosial yang tidak didorong oleh alasan keuangan. Setiap tanggal 5 Desember diperingati Hari Relawan Internasional yang ditetapkan oleh PBB.

Hari peringatan digunakan untuk meningkatkan kesadaran serta melakukan refleksi atas apa yang selama ini sudah dilakukan. Ini adalah hari bagi sukarelawan dan organisasi relawan untuk saling berbagi nilai dan mempromosikan kegiatan yang dilakukan.

7 Keuntungan Menjadi Sukarelawan yang Dapat Dirasakan

Kegiatan relawan dapat memberikan pengaruh positif khususnya bagi diri sendiri. Ada banyak organisasi relawan yang membutuhkan tenaga relawan baru dan menerima relawan dengan tangan terbuka. Berikut ini keuntungan yang dapat dirasakan menjadi seorang relawan.

1.  Mengembangkan Makna Hidup, Meningkatkan Motivasi Diri

Menjadi relawan berarti juga bertemu dengan banyak orang. Selain bertemu dengan sesama relawan, Sobat Lakuuu juga bertemu dengan orang yang dibantu. Ini dapat meningkatkan motivasi diri.

Dengan bertemu orang yang nasibnya kurang baik atau lebih di bawah akan memberikan pemahaman untuk lebih bersyukur. Sehingga memberi semangat lebih dalam menjalani kehidupan.

2.  Memperbaiki Mood dan Meningkatkan Kesehatan Mental

Berbuat baik kepada orang lain dapat memberikan rasa bahagia bagi diri sendiri. Ini karena system mesolimbic, yang dapat mengeluarkan perasaan bahagia dipicu. Sehingga mendorong melakukan tindakan lebih baik lagi.

Ketika berbaur dengan relawan, saling bertukar pikiran, membuat Sobat Lakuuu merasa menjadi bagian dalam organisasi sehingga mengusir rasa kesepian dan merasa terisolasi yang dirasakan sebagai keuntungan menjadi sukarelawan.

3.  Mengembangkan Diri Menjadi Lebih Terorganisir

Dalam melakukan kegiatan relawan, Sobat Lakuuu pasti bertemu dengan banyak orang dari latar belakang berbeda. Di situ dapat saling belajar berorganisasi, bekerjasama untuk membantu orang yang membutuhkan.

Program kerelawanan harus disusun dan dibuat dengan matang agar dapat memberikan hasil dan manfaat optimal. Untuk itu kerjasama tim sangat dibutuhkan, Sobat Lakuuu harus terorganisir dengan baik.

4.  Menambah Pengalaman Baru, Meningkatkan Skill di Bidang Sosial

Menjadi relawan pasti memberikan pengalaman dan ilmu baru di bidang sosial. Sobat Lakuuu jadi lebih pandai dalam menyikapi isu sosial dan menghadapi orang yang membutuhkan bantuan.

5.  Lebih Peka terhadap Lingkungan dan Orang Sekitar

Menjadi relawan membuat SobatLakuuu lebih peka terhadap orang sekitar, karena melihat secara langsung kesulitan atau penderitaan yang dialami oleh orang lain. Menimbulkan simpati dan empati dari dalam diri.

Sehingga tergerak melakukan sesuatu untuk membantu orang lain yang sedang berada dalam kesusahan.

6.  Bertemu dengan Orang Baru dan Memperluas Jaringan

Sebuah proyek social pasti terdiri dari beragam orang dengan latar belakang berbeda. Karena isu sosial begitu kompleks sehingga membutuhkan banyak disiplin ilmu untuk menyelesaikannya.

Hal ini tentu dapat memperluas jaringan pertemanan dan bisa membuka kesempatan baru nantinya. Keuntungan menjadi sukarelawan ini dapat Sobat Lakuuu rasakan bila mau mencoba.

7.  Lebih Peduli Membantu Sesama

Menjadi relawan diajarkan untuk tidak egois dan peduli pada sesama, tidak diam saja melihat keadaan sekitar yang membutuhkan pertolongan. Karena perbaikan atau kemajuan harus diusahakan.

Beragam Program Relawan yang Dapat Diikuti

Ada beragam program relawan yang dapat diikuti berdasarkan minat Sobat Lakuuu. Kegiatan relawan tidak membosankan dan hanya terbatas pada pemberian santunan, namun ada banyak kegiatan relawan yang dikemas menarik seperti

1.  Relawan Administrasi

Relawan di bagian ini berhubungan dengan kegiatan administrasi atau data dan surat – menyurat. Bagian ini ditemukan pada hampir semua kegiatan kerelawanan, bertanggung jawab pada kegiatan back office.

Sobat Lakuuu yang suka kegiatan administratif, atau merasa kurang dalam kegiatan lapangan boleh mencoba menjadi relawan dalam bidang ini terlebih dahulu.

2.  Relawan Humanis

Program ini berhubungan langsung dengan orang yang perlu dibantu di lapangan. Meliputi aksi kemanusiaan di lokasi kejadian seperti membantu korban bencana alam, evakuasi pengungsi, menjaga keamanan suatu wilayah.

Dibutuhkan kemampuan yang lebih tinggi untuk bergabung dalam program ini, diantaranya adalah skill komunikasi sosial, kesehatan masyarakat, sesuai project. Kegiatan menarik ini bisa diperoleh sebagai keuntungan menjadi sukarelawan.

3.  Relawan Edukasi

Program ini cocok bagi Sobat Lakuuu yang suka bicara dan mengajar. Kegiatan yang dilakukan seperti mengajar anak jalanan dan kurang mampu. Selain itu juga memberikan edukasi dan penyuluhan spesifik kepada masyarakat.

4.  Relawan Konservasi

Kepedulian yang ditujukan tidak hanya terbatas pada manusia, tetapi juga bisa ditujukan untuk lingkungan seperti penyelamatan hewan dan tumbuhan. Biasanya kegiatan ini dalam bentuk eksplorasi atau penangkaran spesies tertentu.

5.  Relawan Acara

Sebuah perusahaan atau Lembaga biasanya mengadakan aksi social sebagai bagian dari program CSR atau kepedulian terhadap isu tertentu. Pada event tersebut, mereka biasanya membuka program relawan acara.

Bertanggung jawab untuk menyukseskan acara yang dimaksud dan tepat sasaran dalam tujuannya memberikan bantuan. Contoh kegiatan ini adalah seperti volunteer konferensi, volunteer festival seperti Pesta Rakyat.

Ada berbagai program kerelawanan yang dapat diikuti oleh Sobat Lakuuu. Mengikuti kegiatan kerelawanan tidak akan rugi, karena meningkatkan kesehatan mental dan mengasah kepekaan. Setidaknya minimal itulah keuntungan menjadi sukarelawan.