Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Dark Web: Kenali Sisi Gelap Internet dan Alasan Tidak Perlu Diakses

by Lakuuu Team 23 September 2021

sisi-gelap-internet
Di dalam dunia maya kita mengenal banyak sekali istilah-istilah yang mana sulit dipahami saking banyaknya. Di dalam dunia maya ini ada 3 jenis web yang harus diketahui yaitu Public Web, Deep Web, dan Dark Web. Ketiganya memiliki fungsi sendiri-sendiri, namun karena banyaknya mitos dark web yang bertebaran di muka umum, kita akan membahasnya secara khusus.

Mengenal Dark Web dan Alasan Tidak Perlu Diakses

Pada kesempatan kali ini kita akan mengawalinya dengan mengetahui pengertian dan kemudian alasan mengapa Sobat Lakuuu tak perlu mengaksesnya. Ini dia pembahasannya:

1. Pengertian Dark Web

Dark web merupakan salah satu sisi internet yang berada di paling dalam. Jika ibarat lautan, wilayah ini sangat gelap bahkan tak bisa ditembus oleh sinar matahari. Begitu juga dengan dark web di mana berisi berbagai informasi akan tetapi tidak bisa diakses oleh jaringan internet normal.

Umumnya Dark Web ini berisikan berbagai situs-situs yang menyembunyikan IP dari pencarian konvensional sehingga cocok untuk bersembunyi. Untuk mengaksesnya, tidak bisa sembarangan di mana harus ada program atau perangkat khusus. Dan mencengangkannya lagi adalah dark web memiliki lalu lintas rahasia yang telah terenkripsi.

2. Perbedaan Antara Public Web, Dark Web dan Deep Web

Pada bagian awal tadi kita membahas mengenai public web, deep web, dan juga dark web. Lalu, apa perbedaannya?

  1. Public Web merupakan bagian internet yang berisikan situs-situs yang bisa diakses oleh siapa saja. Misalnya adalah Google, Facebook, Instagram, WordPress, dan lain sebagainya.
  2. Deep Web merupakan salah satu bagian internet yang berisikan informasi yang tidak bisa terindeks oleh mesin pencarian. Akan tetapi untuk mengaksesnya tidak memerlukan autentikasi.
  3. Dark web adalah bagian internet yang isinya adalah situs-situs yang sangat rahasia di mana tidak bisa diakses sama sekali dengan pencarian biasa.

Bagaimana? dengan penjelasan diatas maka Sobat Lakuuu sudah paham perbedaannya bukan?

3. Mitos Dark Web

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa saat ini ada banyak sekali mitos dark web yang berkembang di masyarakat, yaitu:

  1. Dark web sering kali digunakan untuk berbagai tindakan kejahatan, padahal dark web memiliki sisi positif untuk beberapa hal.
  2. Masyarakat sering mengatakan bahwa dark web itu penuh rahasia dan jauh dari keramaian. Akan tetapi kini siapa saja bisa mengaksesnya dengan menggunakan Tor Browser.
  3. Beberapa orang menganggap bahwa jika sudah menggunakan dar web itu sudah aman. Padahal di sana ada banyak sekali hacker yang berjalan di bawah tanah yang sewaktu-waktu bisa membajak data dan juga perangkat Sobat Lakuuu.

4. Alasan Tak Perlu Mengakses Dark Web

Sebenarnya, dari penjelasan diatas seharusnya Sobat Lakuuu tahu mengapa tak perlu mengakses dark web. Ya, walaupun tempat ini telah terenkripsi namun banyak sekali digunakan oleh para hacker untuk mengendap-endap. 

Jika Sobat Lakuuu belum menguasai secara baik mengenai dark web ini jangan coba-coba mengaksesnya. Namun, jika sudah memiliki wawasan luas, dark web ini sangat membantu berbagai pergerakan, misalnya jurnalis yang dipantau terus oleh pemerintah.

Jadi, itu dia beberapa hal yang bisa Sobat Lakuuu ketahui mengenai dark web, perbedaan dengan deep web, mitos dark web, dan alasan mengapa Sobat Lakuuu tak perlu mengaksesnya. Gunakan dark web hanya pada saat dibutuhkan dengan wawasan yang sudah mumpuni. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi Sobat Lakuuu semuanya.