Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Jangan Sampai Kalah Gaul, Ini 10 Slang Bahasa Inggris Bisnis yang Populer Beserta Artinya

by Lakuuu 7 December 2021

slang-bahasa-inggris-bisnis
Penggunaan slang bahasa Inggris selalu mengalami perubahan dan penambahan kuantitas. Semuanya disebabkan oleh perkembangan budaya dan kebiasaan dari lingkungan mereka masing-masing.

Secara etimologis slang artinya sebuah bahasa kiasan yang digunakan seseorang untuk menyampaikan maksud tertentu. Jadi memang tidak jauh berbeda dengan kata biasa namun terdengar sedikit aneh.

Di era modern ini slang dipengaruhi oleh banyak hal misalnya perkembangan teknologi. Pemilihan diksi yang lebih teknikal dan saintifik dianggap menjadi salah satu cara agar terlihat lebih superb.

Tidak jauh berbeda lingkungan bisnis juga menggunakan bahasa kiasan ini untuk mengkomunikasikan maksud tertentu. Biasanya antara pekerja sehingga komunikasi terkesan lebih casual.

Ketika menggunakan bahasa ini seseorang bukan bermaksud untuk terlihat gaul seperti yang kita pahami di Indonesia. Di luar negeri Amerika misalnya mencoba terlihat gaul adalah sesuatu yang cringe.

Terutama bagi mereka yang sudah bekerja secara tetap atau berkepala tiga. Mereka hanya menggunakan slang untuk beberapa tujuan seperti menyingkat kata, dan mengkomunikasikan sesuatu pada golongan tertentu.

Namun tidak ada salahnya mempelajari beberapa bahasa slang yang tenar dari negeri barat. Kami akan memberikan beberapa contoh kata yang tidak cringe meskipun pada faktanya terdengar cringe sekali.

5 Slang Bahasa Inggris di Kalangan Para Pekerja

Ada lima slang yang sering digunakan oleh para pekerja atau karyawan untuk saling berkomunikasi. Berikut ini bisa Sobat Lakuuu jadikan referensi atau bahkan dipakai sehari-hari jika mau.

1. Bio break

Bio break memiliki maksud sama dengan bathroom break jadi ini digunakan ketika kita ingin ke kamar kecil. Mengapa diganti menjadi bio break karena untuk memenuhi panggilan biologis.

Konsep pembuatan slang ini hampir sama dengan smoke break. Bedanya smoke break adalah istirahat untuk merokok, biasanya durasinya antara 3 hingga 5 menit saja.

2. All nighter

All nighter artinya lembur berat, jadi bukan sekedar menyelesaikan pekerjaan di malam hari. All nighter ini artinya seseorang bisa tidak tidur untuk menyelesaikan tugasnya.

Tidak hanya tenar dikalangan para pekerja namun juga mahasiswa dan pelajar. Ini termasuk slang bahasa Inggris yang cukup universal dan sering digunakan berbagai kalangan.

3. Biz

Biz merupakan kependekan dari busy mengapa jadi seperti ini. Kita pisah dulu dari bi dan z, maka akan menghasilkan pronunciation dari busy. Sehingga ini untuk menyingkat kata saja.

4. Drone

Ini adalah kata pengganti untuk melambangkan seorang pekerja antusias. Biasanya drone dilabelkan pada rekan kerja yang workaholic dan kurang kehidupan sosialnya.

5. Fuck The Dog

Ini adalah istilah yang sekarang sedang banyak digunakan kalangan pekerja kasar. Fuck the dog artinya seseorang benar-benar tidak memiliki tugas kerja sehingga hanya menganggur di kantor saja.

Kelima slang tersebut tentu dapat dijadikan referensi dan mungkin dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Jika Sobat Lakuuu ingin terdengar gaul coba saja gunakan beberapa kata tersebut pada rekan kerja.

5 Slang Bahasa Inggris di Kalangan Bos

Berbeda jabatan tentu saja beda slang yang digunakan dalam lingkungan kerja. Ketika para pekerja bawahan menggunakan slang tadi maka bos juga memiliki beberapa istilah berbeda.

1. Con Call

Sekarang sedang marak digunakan dengan adanya pemberlakuan work from home. Con call adalah kependekan dari conference call digunakan agar lebih mudah dalam menyebutkannya saja.

2. Casting Couch

Merupakan istilah yang artinya gratifikasi seksual agar bisa mendapatkan posisi tertentu. Jadi agar tidak terdengar vulgar para atasan menggantinya dengan casting couch.

3. Glory Vulture

Ini adalah kiasan yang melambangkan seseorang selalu mengejar high end job. Tipe orang seperti ini sering dibenci di kantor karena glory vulture biasanya juga seorang boot licker.

Jadi slang bahasa inggris dari glory vulture sudah lebih para dari sekedar boot licker. Jika seseorang sudah mendapatkan cap seperti itu artinya dia adalah musuh bersama di kantor.

4. Go Vertical

Memiliki arti memberikan sebuah laporan khusus pada tingkat eksekutif. Biasanya ini terkait dengan aktivitas corporate espionage atau riset rahasia dari sebuah perusahaan.

5. Hack

Dapat diartikan sebagai untalented profesional, biasanya orang yang dicap sebagai hack hanya memiliki sertifikat saja. Ternyata setelah dipekerjakan tidak bisa diandalkan kemampuannya.

Kelima slang tersebut paling umum digunakan oleh jajaran tinggi pada perusahaan luar negeri. Jadi Sobat Lakuuu bisa mencoba menggunakannya agar terlihat lebih prestisius dalam berkomunikasi.

Mengapa Slang Bahasa Inggris Digunakan di Kalangan Bisnis

Slang digunakan untuk melakukan komunikasi secara sedikit rahasia sehingga maksudnya hanya dipahami oleh kalangan tertentu. Jadi belum tentu para pekerja di warehouse wing akan memahami jargon dari office.

Jadi ini lebih bertujuan untuk membedakan kasta dan mengkotakkan sebuah sistem komunikasi dalam perusahaan. Sehingga dalam satu kalangan tidak terjadi salah paham dan bisa bergunjing tentang sektor lainnya.

Selain secretive purpose slang juga digunakan untuk menyikat sebuah kalimat yang dirasa terlalu panjang. Misalnya ketika sama sekali tidak ada pekerjaan dari kantor seseorang tinggal mengatakan fucking the dog.

Semua slang tersebut tentu saja bukanlah bahasa baku dan digunakan untuk percakapan casual. Ketika melakukan meeting formal kata dan kalimat seperti itu tidak akan pernah digunakan.

Ketika Sobat Lakuuu ingin mencoba terlihat gaul dengan menggunakan slang pada saat meeting, lebih baik jangan. Justru akan membuat terkesan disrespect dan tidak memahami kondisi.

Dengan mengetahui beberapa kiasan tadi Sobat Lakuuu tentu bisa lebih paham ketika ada yang menggunakannya. Selalu gunakan slang bahasa Inggris bisnis pada situasi percakapan casual saja.