Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Jualan Laris Manis dengan 10 Strategi Promosi Ini!

by Lakuuu 1 November 2021

strategi-promosi
Selain memiliki produk yang evergreen atau yang tinggi peminat, memilih strategi promosi yang tepat juga dapat meningkatkan penjualan.

Agar promosi jualan Sobat Lakuuu berjalan dengan baik dan mendatangkan keuntungan, berikut 10 tips promosi yang bisa dilakukan agar jualan laku keras!

1. Menggunakan copywriting yang menarik

Copywriting yang menarik adalah copywriting yang tidak hanya persuasif, tetapi juga mampu mengkomunikasikan benefit apa yang didapat oleh pembeli, serta mampu memecahkan masalah mereka.

Di samping itu, copywriting yang baik juga mampu membangun rasa urgency kepada calon pembeli, serta rasa penasaran untuk segera mencoba atau menggunakan produk/jasa bisnis Sobat Lakuuu.

2. Membuat konten yang dibutuhkan oleh niche

Target market yang spesifik (niche) membutuhkan bantuan Sobat Lakuuu. Mereka yang menghadapi masalah, membutuhkan solusi yang tepat dan cepat.

Hal di atas bisa Sobat Lakuuu manfaatkan untuk membawa brand awareness , dan memperkenalkan produk atau jasa yang dijual.

Membuat konten adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membawa brand awareness ke tengah masyarakat. 

Tapi sayangnya, kompetitor juga melakukan hal yang sama, yaitu membuat konten. Jadi, bagaimana menjadi pembeda di antara para kompetitor?

Unik, menarik, relatable dan informatif adalah tiga hal yang perlu diingat dalam membuat konten.

Pastikan juga konten yang dibuat masih berhubungan dengan produk bisnis, agar terhindar dari kebingungan di antara para niche.

3. Jangan hanya hard-selling, gunakan soft selling

Seiring berjalannya waktu, hard selling menjadi momok yang dihindari oleh banyak pebisnis. Bukan tanpa alasan, faktanya hard selling menjadi tidak se-efektif dulu, sehingga hard selling menjadi pilihan alternatif untuk dilakukan.

Fakta di atas juga didukung oleh banyaknya orang yang kini merasa terganggu dengan kehadiran iklan yang tiba-tiba muncul saat menonton acara kesukaannya.

Atas dasar di atas, maka munculah satu teknik marketing bernama soft selling yang lebih efektif dalam menghasilkan keuntungan.

Sedikit berbeda dengan hard selling, soft selling memiliki media yang berbeda, seperti konten artikel, podcast, ilustrasi video dan gambar.

Tujuan dari soft selling bukanlah meng-convert calon pembeli menjadi pembeli, namun lebih berfokus pada memberikan konten yang informatif dan edukatif, namun dengan tetap menyisipkan “konten iklan” di dalamnya.

Soft selling sangat efektif mendatangkan keuntungan lebih, mengingat para calon pembeli tidak menyadari, bahwa konten yang sedang mereka lihat merupakan konten iklan, dan secara natural menggiring mereka untuk melakukan transaksi.

4. Berikan Penawaran yang menarik

Ada berbagai penawaran yang bisa Sobat Lakuuu buat dan tawarkan kepada pembeli. Buy one get one free, diskon, hingga paket bundling merupakan beberapa contoh penawaran yang bisa digunakan agar produk jualan laku keras.

Bagi Sobat Lakuuu yang juga merintis bisnisnya secara online, memberikan voucher belanja atau gratis biaya pengiriman juga bisa menarik minat calon pembeli untuk berbelanja di toko Sobat Lakuuu.

5. Memiliki website untuk kesan profesional

Sobat Lakuuu, memiliki website sendiri faktanya mampu memberikan rasa aman dan meningkatkan kepercayaan pada calon pembeli.

Dengan memiliki website jualan sendiri, Sobat Lakuuu juga akan terlihat lebih profesional, memudahkan untuk melakukan promosi secara digital, serta mampu menjangkau lebih banyak target market. 

Sudah banyak jasa pembuat website yang terpercaya untuk tidak hanya membuat domain, tetapi juga memiliki dashboard yang bisa dimanfaatkan untuk menganalisis penjualan, lengkap dengan payment gateway sebagai metode pembayaran yang aman.

6. Strategi words of mouth

Di antara strategi pemasaran yang lainnya, strategi dari mulut ke mulut atau words of mouth menjadi senjata terampuh untuk mendatangkan lebih banyak pembeli.

Adapun teknik dari mulut ke mulut ini akan sukses besar, jika Sobat Lakuuu memiliki produk dan layanan berkualitas, menonjolkan fungsi utama dari produk atau jasa, serta menyiapkan media khusus untuk berkomunikasi antara perusahaan dan pembeli. 

7. Tampilkan testimoni atau review

Sebelum membeli produk dari suatu toko, tentunya calon pelanggan akan mencari informasi terlebih dahulu, baik tentang produk atau jasa yang akan digunakan, maupun penilaian secara keseluruhan dari toko tersebut.

Menampilkan testimoni dari pembeli yang sudah pernah berbelanja produk Sobat Lakuuu juga bisa dilakukan untuk meyakinkan para calon pembeli agar segera melakukan transaksi.

Testimoni dalam bentuk gambar before after, kalimat, hingga tangkapan layar bisa digunakan sebagai social proof yang persuasif.    

8. Memberikan tester atau sampel produk

Sobat Lakuuu, tidak ada salahnya untuk memberikan sampel produk kepada calon pembeli untuk membangun minat belanja mereka, dan berakhir dengan menciptakan transaksi.

Cara ini sangat efektif, khususnya bagi Sobat Lakuuu yang berjualan parfum, atau produk makanan dan minuman.

Selain untuk membangkitkan niat beli, memberikan sampel gratis juga bertujuan untuk mengetahui reaksi dari pembeli, dan mengambil penilaian dari masing-masing individu terhadap rasa, atau preferensi kesukaan mereka.