Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Asal Muasal Tanggal Kembar dengan Belanja Online

by Lakuuu Team 5 September 2021

tanggal-kembar
Fenomena pemilihan tanggal kembar yang ditentukan sebagai hari diskon belanja online semakin marak terjadi. Berbagai platform marketplace berlomba-lomba untuk memberikan diskon dan promo spesial pada tanggal kembar yang telah ditentukan. Ini terjadi bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan pokok yang mendasarinya. 

Tanggal cantik yang dipilih juga tak sembarangan. Biasanya mengambil tanggal unik seperti 9.9, 12.12, 11.11, dan beberapa pilihan tanggal lainnya. Pada momen tersebut, hampir seluruh barang yang dijual dalam marketplace menjadi lebih murah daripada hari biasanya. 

Ini menjadi semakin menarik untuk diteliti. Apalagi tentang asal muasal dari tanggal kembar saat melakukan belanja online. Selain awal terjadinya, ada juga beberapa alasan mengapa tanggal tersebut dipilih sebagai tanggal untuk promo. 

Dimulai dengan Suksesnya Hari Belanja Online Secara Nasional

Sebenarnya, yang mempopulerkan tren ini adalah marketplace Lazada yang merupakan salah satu toko online terbesar di Indonesia. Tepatnya pada tanggal 12 Desember 2012, Indonesia untuk pertama kalinya merayakan Harbolnas atau hari belanja nasional. 

Nah, acara ini dilakukan dalam rangka menyadarkan masyarakat tentang perubahan skema belanja. Sebelumnya, masyarakat masih memilih untuk berbelanja secara offline atau langsung datang ke tokonya. Namun, pada harbolnas tersebut, masyarakat diperkenalkan dengan metode belanja baru yang bisa dilakukan secara online. 

Untuk menarik minat masyarakat, maka diselenggarakanlah hari belanja secara online dan berskala nasional yang memberikan diskon gila-gilaan. Dari situlah akhirnya masyarakat kenal dengan metode baru untuk berbelanja. 

Cara ini dianggap sukses dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Waktu itu, tanggal cantik yang digunakan adalah 12.12. Dan dengan ini, maka mulailah tren pemilihan tanggal kembar yang banyak digunakan oleh toko online untuk memberikan diskon besar-besaran. 

Ada beberapa alasan lain lagi yang mendasarinya. Berikut ini beberapa uraian mengenai alasan lain yang memilih tanggal kembar hanya untuk melakukan diskon gila-gilaan. 


Alasan Memilih Tanggal Kembar untuk Belanja Secara Online

  • Mudah diingat

Salah satu alasan yang menjadikan tanggal kembar dipilih sebagai waktu diskon dari berbagai platform marketplace yang ada adalah tanggalnya yang mudah diingat oleh pelanggannya.

Pada tanggal yang kembar tersebut, jika telah sering digunakan sebagai hari belanja dengan metode online, lama kelamaan para pelanggan akan selalu mengingat tanggal cantik tersebut dan secara otomatis akan mengunjungi marketplace favorit mereka. 

Dengan ini, marketplace tidak perlu mengeluarkan metode lain yang bisa saja tidak lebih efektif daripada pemilihan tanggal kembar untuk belanja di toko online yang sedang dikembangkannya. 

  • Bisa mendulang traffic tinggi

Alasan lain pemilihan traffic ini, tak lain dan tak bukan lantaran keefektifan caranya. Dengan menggunakan tanggal kembar, menurut beberapa penelitian kabar ekonomi dan bisnis, peningkatan traffic pada setiap platform marketplace sangat tinggi. 

Dan tentu dengan tingginya traffic tersebut, semakin banyak platform yang menggunakan tanggal unik tersebut untuk memberikan diskon besar-besaran. 

  • Keuntungan lebih besar

Ada penelitian yang menyebutkan, bahwa dengan menggunakan promo potongan harga, dalam beberapa waktu promo saja, marketplace bisa mendulang keuntungan seperti tingkat penjualan dalam lima tahun. 

Dan tentu ini sangat penting untuk perkembangan perusahaan marketplace yang sedang didirikannya. Tingkat penjualan dan keuntungan selama lima tahun, bisa diringkas hanya dengan menggunakan metode promo besar-besaran. 

Apalagi jika ditambah dengan metode pemilihan tanggal yang unik, maka keuntungan bisa saja meningkat dua kali lipat daripada biasanya. Dan jelas, ini merupakan kemenangan besar dari pihak developer suatu platform marketplace. 


Apakah Promo saat Tanggal Kembar Itu Penting?

Jelas sangat penting. Hal ini akan meningkatkan tingkat pembelian atau tingkat konsumsi masyarakat. Yang artinya, juga akan meningkatkan tingkat produksinya. Jika tingkat produksi perusahan tinggi, maka keuntungannya juga akan stabil.

Saat keuntungan sudah stabil, seluruh karyawan dan pegawai di dalamnya bisa mendapatkan gaji sesuai dengan ketentuan. Dan tentu, perusahaan dengan banyak keuntungan, akan meningkatkan peningkatan negara melalui pajak. Dengan pajak, maka pembangunan dan rencana peningkatan ekonomi nasional juga akan meningkat. 

Hasilnya, jika tingkatan ekonomi nasional sangat tinggi, kesejahteraan masyarakat juga ikut tinggi. Kesimpulannya, tingginya konsumsi masyarakat saat berbelanja secara online, besar kemungkinannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pula.