Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Teh atau Kopi, Mana Teman Kerja yang Paling Baik?

by Lakuuu 6 December 2021

teh-atau-kopi
Pekerjaan yang cukup padat sering kali membuat Sobat Lakuuu harus mencari teman kerja terbaik. Dalam hal ini kopi atau teh sering kali dijadikan pilihan untuk membuat mata tetap terjaga sepanjang malam.

Lembur sendiri merupakan solusi yang kerap dilakukan siapa saja untuk menyelesaikan pekerjaan menumpuk. Sehingga sampai larut Sobat Lakuuu diharuskan tetap menahan kantuk supaya semua pekerjaan selesai tepat waktu.

Bukan hanya penghilang rasa ngantuk, namun kandungan kafein juga bisa meningkatkan produktivitas. Hal itu juga dikarenakan beberapa faktor, seperti membantu otak produksi senyawa serotonin, noradrenalin, serta dopamin agar tetap fokus.

Memang bukan hal asing jika kopi atau teh punya manfaat dalam membuat mata kembali melek, tetap semangat, serta stamina terjaga sepanjang malam. Hal tersebut dikarenakan kedua minuman mengandung kafein.

Kedua jenis minuman tersebut juga punya kandungan kafein berbeda satu dengan lainnya. Jadi jika mau memilih salah satunya harus paham dulu kandungan senyawa, efek samping, serta manfaat dalam tiap minumannya.

Namun diantara keduanya mana yang menjadi temana lembur paling tepat? Berikut beberapa ulasan di mana dapat dijadikan media untuk menentukan mana pilihan tepat antara kopi atau teh.

Efek Konsumsi Kopi serta Manfaatnya

Dalam satu gelas kopi yang diseduh atau sekitar 200 ml, mengandung sampai 200 mg kafein. Tidak heran jika banyak orang memakainya sebagai teman lembur, belajar hingga teman kerja terbaik.

Hal ini juga tergantung dari bagaimana cara memanggang serta jenis biji kopi untuk dipakai. Untuk jumlah tersebut juga sudah mencapai sekitar sepertiga dari asupan kafein sehari di mana dianjurkan bagi tubuh.

Sementara itu untuk satu gelas kopi dengan varian susu misalnya saja cappucino atau latte kandungan kafeinnya sekitar 175 mg. Kandungan kafein dalam kopi bisa dipakai untuk merangsang sistem saraf pusat.

Sehingga bisa memberikan energi lebih besar diawal. Akan tetapi dalam beberapa saat efek tersebut juga akan hilang serta membuat tubuh manusia jadi lebih lemah dari yang sebelumnya.

Bukan hanya itu saja, kopi sebagai teman kerja terbaik atau teman lembur bisa menyebabkan sakit kepala. Terutama saat mendapatkan tekanan stres saat lembur atau bekerja.

Kadang kafein dalam kopi bisa menyebabkan tremor dan sakit jika mengkonsumsi secara berkelanjutan. Jadi jika dalam satu hari tidak mendapatkan asupan kopi, maka akan mengalami panik, migrain, atau bad mood.

Teh Menjadi Pilihan Alternatif Lain

Menjadi alternatif lain dari kopi, teh juga kerap dipilih sebagai teman lembur atau teman kerja terbaik. Hal ini tidak lain juga karena teh merupakan salah satu minuman di mana mengandung kafein.

Namun untuk besar kecilnya senyawa kafein dalam teh tergantung dari jenis daun teh serta bagaimana cara mengelolanya. Seperti pada teh hijau, jenis ini kandungan kafeinnya sekitar 70 mg.

Sementara itu untuk teh hitam mengandung sekitar 90 mg di tiap cangkirnya. Kandungan dalam teh ini memang cukup rendah, sehingga tidak menyebabkan efek shock di sistem saraf pada tubuh Sobat Lakuuu.

Jadi nantinya bisa mendapat efek kafein yang cukup dalam jangka panjang. Bukan hanya itu saja teh ini juga mengandung simultan lainnya, seperti theobromine, teofilin, serta L-theanine.

Zat-zat yang terkandung dalam teh punya mekanisme sendiri-sendiri agar bisa membuat syaraf tetap fokus serta waspada dengan stabil sepanjang malam. Teh ini juga mempunyai kandungan di mana tidak dapat memicu asam lambung.

Bahkan juga memberikan efek yang menenangkan dalam tubuh Sobat Lakuuu sehingga cocok untuk teman kerja terbaik. Agar bisa mendapat manfaat dari minuman ini, maka pakai air seduhan pertama dari daun tehnya.

Jangan sampai menyeduh daun teh sama secara berulang kali, sebab bisa mengurangi manfaat serta cita rasanya. Jadi pastikan memilih minuman dengan efek minimal serta tetap bermanfaat.

Mana yang Jadi Teman Kerja Terbaik?

Sebelum memutuskan memilih mana yang dijadikan teman lembur paling baik, Sobat Lakuuu juga harus tahu manfaat kafein untuk tubuh. Dengan mengonsumsi dengan dosis tepat, maka bisa menikmati manfaatnya.

Seperti meningkatkan fungsi otak serta mood seseorang, karena senyawa ini mampu memblokir adenosin molekul dalam otak. Sehingga molekul lain seperti norepinefrin serta dopamin dapat meningkat.

Kafein juga dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya depresi serta melindungi Sobat Lakuuu dari penyakit alzheimer serta parkinson. Jika mengonsumsi ini sebelum melakukan olahraga, maka bisa memberi dampak cukup signifikan setelah berolahraga.

Sebab bisa membantu membakar lemak dalam tubuh serta meningkatkan toleransi capek saat olahraga hingga kontraksi otot meningkat juga. Sebaiknya konsumsi kafein sekitar satu jam sebelum melakukan olahraga.

Itulah yang menyebabkan mengapa mengonsumsi teh lebih aman serta tidak berisiko tinggi dibandingkan kopi. Jadi tidak ada salahnya apabila berpaling dari kopi ke teh mulai sekarang agar tidak membahayakan tubuh juga.

Bukan hanya membantu Sobat Lakuuu terjaga sepanjang malam, namun efek yang ditimbulkan tidak besar. Sehingga dari hal-hal yang diuraikan tersebut dapat disimpulkan jika teh menjadi pilihan teman kerja terbaik dibandingkan kopi.