Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Bosan Suasana Kantor? Coba 5 Tempat ini Untuk Kerja

by Lakuuu Team 9 October 2021

tempat-untuk-kerja
Kini, sebagian besar perusahaan sudah tidak mengharuskan para karyawannya untuk bekerja dari kantor. Tentu saja, langkah ini merupakan sebuah kemajuan, mengingat bekerja terlalu lama di dalam ruangan dapat menurunkan kreativitas. 

Perusahaan cenderung memberikan kebebasan kepada para karyawannya, untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja, selama pekerjaan tersebut selesai tepat waktu. 

Tapi, kalau bukan di kantor, di mana lagi tempat yang bisa dimanfaatkan untuk bekerja dan menyelesaikan tugas harian? Jangan khawatir! Coba datangi 5 tempat di bawah sebagai tempat alternatif selain kantor!  

5 Tempat Alternatif Kerja, Selain di Kantor 

Hanya dengan mengganti tempat kerja, Sobat Lakuuu akan mendapatkan banyak ide-ide cemerlang, dan dapat meningkatkan performa kerja.

Selain di dalam kantor, ada 5 tempat rekomendasi yang bisa Sobat Lakuuu manfaatkan untuk bekerja layaknya di kantor. Apa saja? Simak informasi lengkapnya berikut!

1. Taman Terbuka 
Gambar: Photo by Josephine Baran on Unsplash
 Dikutip totalwelness, menghabiskan waktu di ruangan yang terbuka untuk waktu yang lama, dapat menghilangkan stres dan menenangkan pikiran.

Efek di atas sama seperti ketika Sobat Lakuuu melakukan yoga, yang mampu membuat otak merasa nyaman dan tubuh merasa ringan.

Di samping itu, udara yang dihasilkan dari rindangnya pepohonan, dan tumbuh-tumbuhan di sekitar taman juga mampu meningkatkan motivasi Sobat Lakuuu untuk bekerja. 

2. Perpustakaan
Gambar: Photo by Devon Divine on Unsplash
Bagi Sobat Lakuuu yang butuh ketenangan dan tidak bisa bekerja di tengah keramaian, maka perpustakaan menjadi tempat yang wajib dikunjungi. 

Selain itu, Sobat Lakuuu juga bisa mendapatkan beberapa bahan dan referensi tambahan yang berhubungan dengan pekerjaan. 

Tidak seperti dulu, kini beberapa perpustakaan sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat kopi dan makanan, sehingga Sobat Lakuuu bisa bekerja sambil menyeruput hangatnya kopi.

Jangan lupa dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti Wifi gratis, pendingin ruangan, hingga stopcontact atau colokan yang menjamur di setiap sudut ruangan. 

3. Kafe
Gambar: Photo by Brooke Cagle on Unsplash
Kafe adalah salah satu tempat kerja yang paling diminati oleh para generasi milenial. Tidak hanya menyediakan wifi gratis dan banyaknya colokan untuk tempat charger, kudapan dan menu kopi yang disediakan juga relatif murah dan enak. 

Karena kafe sejatinya merupakan tempat untuk makan, maka suasananya akan cukup ramai, khususnya di jam makan siang. 

Namun, jika Sobat Lakuuu tidak bisa fokus di suasana yang ramai, tapi ingin tetap bekerja di kafe, cobalah untuk mencari kafe dengan sedikit pengunjung, agar mendapatkan suasana yang sunyi. 

4. Co-Working Space
Gambar: Photo by Shridhar Gupta on Unsplash
Seiring berjalannya waktu, Co-Working Space mendapatkan sambutan yang hangat di Tanah Air.

Umumnya, Co-Working Space menggunakan sistem member yang mengharuskan para membernya, untuk membayar biaya langganan setiap bulan atau tahun. 

Tidak hanya ruang kerja bersama, ruangan untuk presentasi, fasilitas penunjang, seperti mesin kopi, cemilan, dan bahkan ruang dapur sekalipun bisa Sobat Lakuuu jumpai. 

Co-Working Space memang dirancang bagi Sobat Lakuuu yang ingin berkolaborasi bersama dengan para member yang lainnya. 

Jika beruntung, Sobat Lakuuu mungkin saja akan berkesempatan bertemu dengan orang yang memiliki minat atau passion yang sama, atau orang yang mampu memberikan wawasan baru. 

5. Pemandangan Alam Terbuka 

Apa yang Sobat Lakuuu lihat saat bekerja di dalam kantor? Mesin fotokopi, sticky notes, rekan kerja yang suka ribut, atau atasan yang suka marah-marah tanpa sebab. Suasana yang monoton dan bikin kepala jadi pusing. 

Namun, lain ceritanya apabila kita bekerja dengan pemandangan alam yang indah, lengkap dengan pepohonan yang hijau yang mampu menyegarkan mata.

Jangan lupakan betapa sejuknya udara di sana yang bebas dari polusi, dan mampu menyehatkan paru-paru, serta membangkitkan semangat kerja.