Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Tipe-Tipe dan Pengertian Blog

by Lakuuu Team 4 September 2021

tipe-dan-pengertian-blog
Kemungkinan besar, Sobat Lakuuu tidak tahu tentang jenis Blog di internet. Nah maka dari itu, Sobat Lakuuu simak saja Pengertian Blog dan jenis-jenisnya di bawah ini. 

Seperti diketahui, Blog merupakan sebuah jenis website yang berisikan tentang konten dan di dalamnya adalah berupa tulisan dari pemikiran satu atau beberapa penulis. Tulisan tersebut juga mempunyai urutan posting secara kronologis, dari konten terbaru ke konten terlama. Selain itu, blog sendiri bisa diartikan sebuah web yang berisi tulisan, catatan, artikel yang diposting secara online dan sifatnya terbuka.

Kemudian, semakin hari jumlah blog semakin bertambah dengan tema yang beragam. Sehingga membuat adanya kategorisasi serta penggolongan. Blog sendiri merupakan media di internet yang berisikan banyak informasi. Pada awalnya, blog tersebut gratis seperti blogspot.com dan wordpress.com. Kini sudah semakin berkembang dan memiliki banyak bentuk.

Saat ini blog sudah memiliki banyak jenis yang sudah semakin berkembang. Simak penjelasan mengenai jenis blog yang ada saat ini. Berikut ulasan lebih detailnya 

Pengertian Blog dan Jenis-Jenisnya
Selama ini, dunia informasi semakin berkembang. Sehingga membuat blog tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi saja. Melainkan blog saat ini bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan. Menariknya, blog bisa menjadi ladang untuk menghasilkan uang.

Jenis-jenis Blog
Nah, Sobat Lakuuu pasti sudah penasaran dengan jenis-jenis blog tersebut. Terdapat 3 jenis blog, yakni blog pribadi, blog profesional, dan blog bisnis. Simak penjelasannya di bawah ini :

  • Blog Pribadi

Sejak awal kemunculannya, memang blog digunakan untuk pribadi. Biasanya, orang menggunakan blog untuk menulis cerita pribadi dan bisa diakses oleh semua orang. Pengertian Blog pribadi ini seperti jurnal online, sebab pengguna akan mencatat keseharian secara online di blog.

Kemudian konten di blog pribadi ini tidak mempunyai aturan atau bebas. Penulis bisa membuat konten mengenai cerita liburan, kisah asmara, pengalaman sekolah, dan masih banyak lagi. Contoh pengguna blog pribadi adalah Agus Magelangan dan Raditya Dika.

  • Blog Profesional

Kemudian dengan blog profesional, platform ini mempunyai batasan dalam sebuah konten. Biasanya, jenis blog ini berisi tentang konten yang menunjukkan profesionalitas blog dalam suatu bidang. Contohnya, Sobat Lakuuu adalah ahli pada teknologi dan informatika. Maka blog tersebut bisa Sobat Lakuuu bahas atau isi dengan konten yang berkaitan dengan teknologi dan informatika.

  • Blog Bisnis (Content Marketing)

Ternyata, blog tidak hanya digunakan sebagai pribadi. Melainkan blog juga bisa digunakan untuk mendatangkan trafik bagi sebuah toko online atau perusahaan. Hal ini disebut dengan blog bisnis atau content marketing. Pengertian blog bisnis sendiri adalah bisa merilis konten yang berisi informasi produk dan tanpa batas.

Bahkan hanya dengan menggunakan blog bisnis, maka Sobat Lakuuu bisa mendatangkan banyak pengunjung yang berasal dari kata kunci yang dicari oleh pengguna mesin pencari. Sebagai contoh, Sobat Lakuuu memiliki toko online yang menjual baju dan sepatu. Sobat Lakuuu bisa membuat konten blog yang membahas baju dan sepatu, misalnya adalah cara memilih baju pria terbaru.

Terakhir, Sobat Lakuuu harus ingat dan pahami. Kebanyakan calon konsumen pasti mencari informasi terlebih dahulu mengenai produk yang akan dibeli sebelum melakukan transaksi. Maka dari itu, Sobat Lakuuu harus menjadi salah satu dari hasil pencarian para calon konsumen. Kemudian cara paling efektif dalam mendatangkan traffic dari organic search salah satunya adalah dengan menggunakan blog bisnis atau content marketing.