Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Menggali Tips Blogging Untuk Pemula, Profesional dan Sukses

by Lakuuu Team 8 August 2021

tips-blogging-untuk-pemula
Di masa pandemi ini, pekerjaan freelance begitu naik daun. Perlu Sobat Lakuuu ketahui, hal inilah turut mengundang para pemula yang tidak mempunyai latar belakang IT untuk bergabung. Kemudahan akses internet dan pelayanannya menjadi faktor utama banyak orang mengadu nasib di internet. Kemudian salah satu profesi freelance yang sedang dicari pemula adalah tips blogging.

Freelance adalah salah satu unit kerja terbaru di era digital yang booming di masa pandemi ini. Kemudian secara teknisnya, memberikan orang ruang untuk berekspresi dalam rangka mencari untung di dunia digital yang begitu meroket. Pekerjaan ini cenderung fleksibel waktu dan tempat, kemudian tanpa tekanan bos dan atasan. Semakin Sobat Lakuuu aktif dan tertib, maka kemajuan akan diraihnya.

Freelance biasa dijadikan orang sebagai pekerjaan sampingan, wahana untuk berkarya dan berekspresi yang menguntungkan. Namun tidak jarang pula dijumpai bahwa mereka yang menuai sukses banyak resign dari pekerjaan utamanya dan pilih menggeluti usaha freelance.

Sobat Lakuuu, beberapa tahun terakhir trend menjadi YouTuber melambung. Bahkan orang cenderung hanya mengenal profesi YouTuber sebagai pekerjaan freelance. Hal ini dikarenakan suksesnya para YouTuber dalam karyanya. Padahal tidak hanya itu, ada banyak lagi pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan fleksibel  dan keuntungan tidak kalah dari YouTuber, yaitu menjadi blogger.

Blog adalah sebuah jurnal online semisal website yang menampilkan berbagai informasi sesuai tema web. Kemudian blogger adalah  orang yang menjalankan, mendesain, dan menulis isi di dalamnya. Dari sini Sobat Lakuuu bisa mendapatkan penghasilan yang tidak kalah dari YouTuber, namun harus mencapai level yang telah ditentukan.

Kelebihan dari profesi ini adalah semua orang bisa melakukan tanpa syarat gelar dan latar belakang siapa saja.  Tergantung minat bakat dan passion yang Sobat Lakuuu memiliki. Sobat Lakuuu bisa menulis bila memiliki akademik yang baik. Apabila tidak, Sobat Lakuuu bisa menjadi konten kreator atau YouTuber. Selain itu, ada desain grafis, fotografer, video editing, bimbel online, dan lain sebagainya

Beberapa Informasi Terkait Tips Blogging Agar Menjadi Profesional dan Sukses

Untuk menjadi seorang blogger,  Sobat Lakuuu perlu memahami pengertian, alur kerja, dan titik keberhasilan dalam mengelola blog, minimal memahami secara umum. Setelah itu, Sobat Lakuuu bisa melihat tips blogging di artikel ini secara terpandu.

Tentukan Tujuan

Tips blogging yang pertama adalah menentukan tujuan. Bertahan pada suatu pilihan itu terkadang tidak semudah memilih. Maka Sobat Lakuuu pun harus menentukan tujuan yang ingin dicapai ketika bergelut dalam dunia blogging. Sehingga ketika berjalannya waktu, Sobat Lakuuu tidak mudah menyerah dan patah semangat ketika menghadapi kesulitan dan kesukarannya.

Dalam menentukan tujuan, jangan hanya mementingkan ego tanpa ilmu. Sobat Lakuuu harus menentukan berdasarkan ilmu blogging. Karena kalau tanpa ilmu, tujuan yang Sobat Lakuuu tuliskan tentunya akan meleset dari dunia blogging. Bahkan cenderung berlebihan dan membebani Sobat lakuuu

Selain itu, Sobat Lakuuu juga perlu menentukan tema dan isi blog yang akan diangkat. Hal ini bisa Sobat Lakuuu sesuaikan dengan tujuan awal. Tentukan isi dan tema sesuai kemampuan dan hobi, sehingga Sobat Lakuuu lebih mudah dan siap untuk mengatur dan mengawal blog tersebut.

Selalu Upgrade Pengetahuan dan Kemampuan

Setelah proses memulai blogging Sobat Lakuuu berjalan, jangan pernah merasa puas dan tidak menambah ilmunya. Kemampuan yang harus ditingkatkan adalah kualitas tulisannya dan  teknik manajemen blogging. Secara tulisan, Sobat Lakuuu memang perlu diperhatikan kualitas dan efektifitasnya. Sehingga pembaca dapat mudah mengerti dan memahami tulisan Sobat Lakuuu.

Kemudian selanjutnya, tulisan yang kurang berkualitas dan seadanya akan rawan dalam proses pra publish. Seperti halnya dalam proses cek plagiat dan standard SEO. Hal ini perlu Sobat Lakuuu pahami agar kualitas blog semakin hari semakin baik.

Teknik manajemen blogging juga perlu Sobat Lakuuu tingkatkan kualitasnya, baik itu dari sisi tampilan maupun SEO optimasi. Kemudian Sobat Lakuuu juga mengenal beberapa tools pembantu agar blog tetap eksis dan tambah maju. Karena hal inilah yang akan menjadi standar Google, apakah blog Sobat Lakuuu sudah pantas menghasilkan pundi-pundi dollar.  Untuk mendapatkan upgrade tersebut, Sobat Lakuuu bisa bergabung dalam kelas-kelas blogging secara daring. Selain itu, bisa dengan belajar otodidak di internet agar lebih hemat biaya.

Bergabung Dengan Komunitas

Tips blogging yang selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas. Untuk melanggengkan dan tetap memberikan semangat dalam menjalankan blog, Sobat Lakuuu bisa ikuti komunitas online maupun offline. Komunitas online bisa Sobat Lakuuu dapatkan dengan mudah melalui kelas kelas blog. Selain itu, ada sosial media seperti Facebook yang mewadahi berbagai komunitas Sobat Lakuuu.

Dengan bergabung dalam komunitas,  Sobat Lakuuu akan selalu mendapatkan upgrade ilmu dan perkembangan, baik itu kebijakan maupun ilmiah tentang dunia blog. Selain itu, akan ada beberapa saran dan saling share pengalaman dari sesama blogger yang terbukti lebih membuat paham

Untuk memulai, harus ada komitmen, karena hal inilah yang akan mengantarkan Sobat Lakuuu menuju kesuksesan. Ketika akan memulai menjadi blogger, maka langkah yang dilakukan adalah mencari tips blogging, baik itu di internet maupun komunitas.