Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Tips Desain Menggunakan Canva Yang Belum Sobat Lakuuu Ketahui

by Lakuuu Team 17 September 2021

tips-desain-canva
Canva merupakan salah satu aplikasi edit foto dan desain yang paling banyak digunakan untuk membuat konten visual. Aplikasi berbasis online ini bisa diakses baik menggunakan PC atau laptop maupun menggunakan mobile. 

7 Trik Desain Konten Menggunakan Aplikasi Canva

Sobat Lakuuu tidak harus memiliki keahlian desain aplikasi edit foto yang mumpuni untuk menggunakan aplikasi ini, Sebab tools serta fitur yang disediakan sangat mudah digunakan. Nah berikut ini tips desain menggunakan Canva yang perlu Sobat Lakuuu ketahui:

  • Batasi jenis huruf yang digunakan

Ketika memilih jenis font atau gaya huruf untuk teks body, heading atau subtitle, sebaiknya pilih yang sederhana, efektif dan mudah dibaca. Sebab jika Sobat Lakuuu menggunakan banyak jenis font, maka mata akan terasa sulit untuk memindai huruf dalam jumlah yang banyak. Sobat Lakuuu bisa memilih tipe font Aileron yang memiliki gaya sederhana namun tetap aestetis modern.

  • Pilih warna dengan cerdas

Agar satu sama lain saling melengkapi sebaiknya pilih skema warna yang memiliki 1-3 warna primer dan sekunder. Penggunaan tone warna berbeda pada warna yang serupa akan menghasilkan konsistensi penyesuaian kontras atau kecerahan. Dan untuk menampilkan huruf yang baik diperlukan perbedaan agar tidak serupa dengan latar belakang berwarna. Misalnya saja penggunaan warna terang aqua untuk melawan latar belakang pemandangan hutan di feed instagram agar lebih jelas terbaca.

  • Gunakan skala

Untuk membantu menekankan pada proporsi Sobat Lakuuu juga bisa mengaplikasikan skala melalui fitur komposisional. Pastikan juga jika jenis font yang akan digunakan beserta warna-warnanya cocok. Hal ini akan membantu memperluas penggunaan teknik serta ketika ukurannya ditingkatkan tampilannya semakin terlihat bagus.

  • Ciptakan urutan dengan penjajaran

Gunakan garis untuk menyeimbangkan komposisi pada desain, dengan begitu desain akan lebih tersusun rapi dan secara estetika lebih memuaskan. Sobat Lakuuu dapat menyusun garis-garis menggunakan aplikasi edit foto ini untuk menciptakan baseline yang lebih rata dan teratur.

  • Gunakan elemen-elemen untuk mengisi ruang

Sobat Lakuuu juga dapat menggunakan spasi huruf sebagai alat untuk mensejajarkan teks, memenuhi ruang mati hingga meringkas teks yang terlalu banyak memakan ruang. Namun Sobat Lakuuu juga tetap harus berhati-hati dalam melakukannya, jangan sampai terlalu banyak mengurangi ruang spasi yang membuat rangkaian huruf di feed instagram tidak bisa dibaca. Atau meningkatkan spasi terlalu banyak sehingga membuat antar huruf terlihat menempel satu sama lain.

  • Gunakan kontras yang tepat

Dalam desain kontras merupakan salah satu komponen yang tidak bisa diabaikan. Keberadaan kontras pada tools aplikasi edit foto akan membuat desain lebih terbaca dan menonjol. Sobat Lakuuu bisa menggunakan filter untuk menciptakan ruang positif atau negatif yang lebih luas pada sebuah gambar. Kemudian mengaplikasikan warna hitam atau putih untuk membentuk kontras maksimal guna melawan gambar di latar belakang.

  • Tetap sederhana

Jangan terlalu memusingkan diri untuk membuat sebuah desain yang rumit, sebab gaya sederhana pun bisa menjadi desain terbaik. Namun Sobat Lakuuu juga harus ingat dasarnya dimana setiap penggunaan elemen dalam sebuah desain tentu memiliki alasan. Gunakan perpaduan warna yang kontras agar kata-kata pada desain feed instagram lebih tajam dan mudah dibaca. Penggunaan bingkai yang padat juga dapat memberi kesan luas pada struktur komposisional sebuah desain.

Itulah beberapa trik yang bisa Sobat Lakuuu manfaatkan ketika membuat desain konten visual menggunakan Canva. Tentunya Sobat Lakuuu tidak perlu pusing mengeluarkan uang untuk menyewa desainer baik untuk membuat sebuah desain. Sebab semuanya bisa Sobat Lakuuu buat dengan mudah menggunakan satu aplikasi ini.