Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Ketahui Tips Memilih Domain yang Tepat Untuk Bisnismu!

by Lakuuu Team 13 August 2021

tips-memilih-domain
Tips memilih domain untuk memulai bisnis jadi hal yang cukup penting. Domain merupakan nama yang akan komputer identifikasi.

Tujuannya untuk mempermudah akses sebuah alamat situs. Nah penggunaannya juga tergantung dari alamat dan lokasi negara.

Karena kini semakin banyak yang menggunakan website dan berjualan secara online. Kita akan lebih baik jika memilih untuk menggunakan nama yang jelas berbeda dan khas.

Menjadi sebuah branding dari produk atau layanan yang kita tawarkan. Oleh karena ini kita tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Inilah Tips Memilih Domain yang Tepat

Karena merupakan hal yang penting sebagai kunci identitas sebuah bisnis Sobat Lakuuu. Maka lebih baik perhatikan tips berikut ini untuk Sobat Lakuuu coba.

Menarik dan Khas

Jika memilih sebuah nama atau domain perhatikan hal ini untuk langkah pertama. Menarik untuk orang yang pertama kali membacanya, bahkan khas dan langsung teringat brand kita.

Usahakan untuk memiliki ciri khas yang berbeda dan menjadi diri sendiri. Sebuah branding yang baik akan tumbuh menjadi sesuatu yang baru bukan meniru yang sudah ada.

Kita sedang berada di generasi yang mulai berpikiran terbuka dan menjadi berbeda itu justru sesuatu yang keren. Maka buat branding image yang seperti ini akan cocok.

Apalagi jika menggunakan nama yang sebenarnya sering kita dengar namun tidak terlintas bisa memiliki makna. Sebuah nama brand seperti itu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Re-Create

Dengan menjadi berbeda dan kreatif juga akan menarik perhatian. Misalnya kita memiliki sebuah ide untuk nama yang berhubungan dengan produk yang akan dijual.

Seperti pakaian, maka kita bisa menggunakan kata yang memiliki arti pakaian. Bisa menggunakan bahasa manapun sesuai selera.

Sandhangan misalnya, memiliki arti pakaian namun dalam bahasa jawa. Bisa juga Cloth dalam bahasa inggris, Sobat Lakuuu bisa menambahkan beberapa huruf agar menarik.

Seperti Clothes, atau disingkat menjadi CLTH.  Kita bisa bebas berkreasi dan berekspresi dalam menamakan brand asal jangan meniru.

Mudah Diingat

Tips memilih domain yang baik bisa kita terapkan dan coba. Dengan memilih nama atau kata yang mudah diingat orang.

Jika sedang melihat nama brand akan teringat sebuah kejadian atau momen. Bisa berhubungan dengan lokasi toko misalnya.

Atau gunakan nama yang mengingatkan kepada seseorang yang jelas terkenal. Namun ingat untuk tetap memberikan tambahan atau plesetkan.

Banyak sekali contohnya seperti Bakpia Pathuk. Pemilihan nama tersebut menggunakan nama daerah lokasi toko berjualan.

Singkat dan Mudah

Jangan terlalu mempertimbangkan yang muluk-muluk hingga akhirnya orang malah malas membaca. Banyak orang yang berambisi memberikan nama hingga tidak mempertimbangkan apakah orang bisa membaca atau tidak.

Nah oleh karena itu usahakan untuk menggunakan kata yang singkat. Namun mudah untuk diketik dan diingat orang.

Hal ini akan membuat orang mudah mencari tahu dan berselancar ke website. Selain itu kita tidak perlu berkali-kali mengingatkan tentang penulisan yang benarnya.

Beberapa cara diatas bisa kita satukan. Lalu pertimbangkan untuk membuat sebuah nama yang simple namun mudah diingat.

Keyword

Salah satu cara yang mudah kita coba untuk membuat nama domain mudah muncul adalah menggunakan keyword. Kata kunci yang berhubungan dengan layanan yang akan diberikan misalnya bakery, shop, boutique, dan lainnya.

Traffic dari website akan otomatis naik dan mudah untuk muncul. Hal seperti ini cukup basic namun justru tidak diperhatikan.

Kata kunci menjurus ini akan membuat orang lebih mudah untuk mencari tahu. Apa yang sebenarnya website ini tawarkan untuk konsumennya.

Apa yang membedakan toko ini dengan yang lainnya. Kenapa menarik dan Sobat Lakuuu juga harus mempertahankan kualitas tentu saja.

Penggunaan Angka dan Tanda Sambung?

Tips memilih domain selanjutnya sebaiknya menghindari menggunakan angka dan tanda sambung. Ketika menggunakannya domain akan menjadi lebih rumit dan susah untuk diingat.

Brand besar bahkan menghindari penggunaan tanda sambung dan angka bukan? Maka dari itu akan lebih baik jika Sobat Lakuuu menghindarinya sedari awal.

Sosial Media

Dengan menggunakan nama sosial media yang sama. Branding seperti ini akan menjadi hal yang berhubungan dan memudahkan promosi secara luas.

Memperlihatkan bahwa kita memang berniat untuk membangun image yang baik sedari awal. Terkesan serius dan tidak asal-asalan.

Cek Nama

Tips memilih domain terakhir adalah memastikan dengan mengecek nama domain. Akan lebih baik jika kita menggunakan Wayback Machine untuk mencari tahu apakan nama tersebut sudah pernah digunakan atau belum.

Hal ini akan menghindari resiko jangka panjang. Nah nama domain akan memiliki ciri khas tersendiri dan menguntungkan Sobat Lakuuu kedepannya.

Jadi apakah sudah mulai memiliki gambaran atau list nama yang akan menjadi pilihan? Jangan lupa untuk menyertakan Tips memilih domain yang tepat agar nama akan mudah untuk dikenal orang luas. Selamat mencoba!