Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Simak Tips Memilih Endorser Supaya Endorsement Tepat Sasaran!

by Lakuuu Team 9 August 2021

tips-memilih-endorser
Pada pembahasan kali ini kita akan membaca seputar tips memilih endorser sosial media yang sesuai untuk bisnis Sobat Lakuuu. Seperti yang kita ketahui, bahwa berbisnis dan menjual online melalui akun Instagram memang tidak mudah.

Perlu cara khusus agar dapat dikenal oleh para pelanggan serta banyak penjualan. Sebab, tidak semua jenis digital influencer itu cocok untuk konten promosi yang kita buat.

Cara Memilih Endorser yang Tepat Agar Bisnis Lebih Lancar

Di zaman seperti sekarang ini, kita tidak bisa memungkiri bahwa medsos adalah media digital yang lebih banyak berkontribusi pada bisnis. Karena kebanyakan manusia akan lebih nyaman jika menjelajahi dunia maya daripada dunia nyata.

Jadi tak heran apabila sekarang ini sudah ada banyak pebisnis yang mulai mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan media sosial. Salah satunya adalah dengan menggunakan para jasa endorsement yang profesional.

Jasa endorsement ini adalah cara untuk memikat hati para pelanggan, atau semacam promosi dalam sebuah konten. Meski demikian tidak semua jasa juga memiliki kualitas yang baik dan unggul.

Oleh karena itu, Sobat Lakuuu perlu menyimak uraian berikut ini karena bisa membuat wawasan juga semakin luas dalam pemilihan. Berikut tipsnya!

Mempertimbangkan Target Pasar

Tips memilih endorser yang pertama adalah dengan selalu memperhatikan target pasarnya. Dengan artian bahwa Sobat Lakuuu harus benar-benar mempertimbangkan bidikan pasar bisnis sendiri.

Apabila Sobat Lakuuu sudah memahami target pasar bisnis, maka hal ini akan semakin membuat mudah. Jadi langkah dalam memilih jasa endorsement, Sobat Lakuuu harus memilih akun yang mempunyai follower dan ada berkaitannya dengan target pasar.

Pertimbangkan Budget

Budget yang dimiliki memang ada kaitannya yang erat mengenai pemilihan jasa endorsement. Pasalnya jasa seperti ini memiliki harga yang bervariasi alias berbeda-beda.

Nah untuk memilih jasa endorsement, maka Sobat Lakuuu harus lebih bijak lagi disesuaikan pula dengan biaya yang ada. Jangan juga untuk memaksa diri ketika menggunakan jasa endorser papan atas yang dapat menimbulkan keuangan bisnis Sobat Lakuuu terguncang.

Pilih yang Relevan

Biasanya, public figur memang memiliki follower yang notabene dan memiliki basic yang serupa dengan mereka. Misalnya saja seperti akun seorang penulis yang diikuti oleh follower yang gemar membaca.

Contohnya Sobat Lakuuu mempunyai bisnis toko buku online, sehingga perlu memilih jasa endorsement seorang penulis. Sobat Lakuuu juga bisa menggunakan jasa pada akun yang berisikan quotes yang sedang trend.

Mempertimbangkan Image

Mempetimbangkan pamori atau image dari seorang public figure memang cukup penting untuk Sobat Lakuuu lakukan. Sebab public figure dengan follower banyak juga belum tentu memiliki image yang baik.

Ada banyak public figure yang terkenal akan tetapi terlalu banyak menuai sensasi yang dirasa tidak bisa mendidik. Sehingga memilih asa endorsement harus benar-benar Sobat Lakuuu pertimbangkan.

Memperhatikan Followers

Jika membahas mengenai follower dari akun endorser, hal ini akan berkaitan juga dengan jasa atau produk yang berada di bisnis Sobat Lakuuu. Apabila bisnis Sobat Lakuuu adalah jenis jasa atau barang yang memiliki target pasar, maka perlu memilih jasa yang mempunyai banyak follower.

Bisnis tersebut misalnya seperti kuliner, kesehatan, fashion dan masih banyak lagi lainnya. Berbeda lagi jika bisnis Sobat Lakuuu yang dikelola itu berupa produk seperti peralatan pramuka.

Memilih yang Memiliki Tampilan Feed Lebih Menarik

Estetika feed merupakan konten-konten yang selalu diposting oleh calon endorsement tersebut. Karena adanya tren terbaru yang semakin meningkat, maka banyak pula akun youtuber s atau selebgram yang dipenuhi dengan konten promosi.

Nah, konten promosi tersebut umumnya akan terlihat menjadi span apabila tidak bisa tertata dengan lebih baik. Jika akun sudah menjadi suatu spam, maka banyak orang yang menjadi malas dan bahkan tidak tertarik lagi dengan akun tersebut.

Mempertimbangkan Durasi

Hal yang jangan sampai Sobat Lakuuu lewatkan untuk menggunakan jasa endorsement adalah durasi untuk meng-keep dari konten endorser. Sobat Lakuuu juga jangan sampai kaget apabila konten tersebut milik Sobat Lakuuu akan hilang dari feed milik mereka.

Sebab, mereka biasanya juga memiliki atau ketentuan mengenai durasi untuk meng-keep endorse milik Sobat Lakuuu. Selain itu, umumnya jasa endorsement juga memiliki ketentuan tersendiri untuk memilih jasa atau barang.

Memfollow Akun

Cara terakhir, Sobat Lakuuu hanya cukup mem-follow akun si pemilik jasa, baik itu sebelum atau ketika melakukan endorsing. Bahkan akan lebih baik lagi jika Sobat Lakuuu memfollow akun mereka sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut.

Sehingga, Sobat Lakuuu bisa mengetahui akan perkembangan dari akun pemilik calon endorser tersebut. Apalagi ketika proses endorsing sedang berlangsung, maka Sobat Lakuuu wajib untuk follow akun itu. Sekaligus bisa memantau sejauh mana dari hasil promosi tersebut.