Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Tips Menabung Menghadapi Inflasi

by Lakuuu Team 22 August 2021

tips-menabung
Tips menabung menghadapi inflasi tentunya jadi hal penting yang harus dipahami oleh setiap individu. Mengapa demikian? Pastinya setiap orang tidak mau keadaan keuangannya menjadi buruk karena terjadinya inflasi.

Kata inflasi tentunya bukan suatu hal yang asing lagi titik bahkan kata ini sering didengar dan sering muncul dalam masalah perusahaan atau yang sejenisnya. Walaupun demikian, ada sebagian orang yang belum paham betul mengenai apa sih sebenarnya inflasi itu?

Bagi Sobat Lakuuu yang belum mengetahui mengenai apa itu inflasi, tentunya harus memahami dan mengerti apa itu inflasi tersebut. Peran diketahui bahwasanya inflasi memiliki pengertian kenaikan harga. Secara umum serta terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya adalah naiknya satu, dua maupun tiga barang yang bisa menyebabkan turunnya nilai uang atau menaikkan harga barang keseluruhan secara sekaligus. Pada intinya inflasi memiliki arti sebagai penurunan nilai uang terhadap nilai barang serta jasa secara umum atau keseluruhan.

Tips Menabung Menghadapi Inflasi yang Bisa Diamalkan

Semua orang tentunya tidak ingin menghadapi terjadinya inflasi dalam kehidupannya. Untuk itu setiap orang juga perlu memahami mengenai tips ataupun cara yang harus dilakukan untuk menghadapi inflasi tersebut.

Meskipun inflasi, Sobat Lakuuu masih bisa menghemat uang. Caranya adalah dengan menabung. Akan tetapi ada tips menabung yang harus diketahui juga. Bagi Anda yang belum paham, simak penjelasannya berikut ini.

Menabung di Rekening yang Memiliki Bunga Besar Tabungan Konvensional

Untuk tips menabung menghadapi inflasi yang pertama ini penting untuk Sobat Lakuuu perhatikan. Anda bisa merasakan keuntungan dari menabung ketika sedang terkena masalah keuangan atau bisa dikatakan juga butuh dana cepat.

Jika mengingat kebiasaan hidup orang pada zaman dahulu tentunya mereka menabung atau menyimpan uang di balik kasur maupun lemari. Padahal usaha tersebut jika kita amalkan pada kehidupan sekarang bisa saja dikatakan sia-sia.

Disamping itu ketika terjadinya inflasi tentu saja kita bisa menggunakan uang tersebut secara maksimal. Oleh sebab itu umumnya orang menabung di bank supaya tidak terkena dampak terjadinya inflasi.

Meskipun begitu, Sobat Lakuuu juga harus cermat dalam memilih bank. Alasannya adalah, karena ada bank yang mempunyai bunga kurang dari 1%. Padahal inflasi yang Indonesia memiliki angka lebih dari 2 sampai 3% per tahunnya.

Untuk itu Sobat Lakuuu perlu memilih bank yang memiliki jumlah bunga lebih besar. Paling penting lagi harus memilih tabungan konvensional.

Menyimpan Uang Atau Tabungan Di Deposito

Selanjutnya tips menabung menghadapi inflasi yang bisa Sobat Lakuuu amalkan adalah menyimpan uang di deposito. Perlu diketahui bahwa instrumen investasi deposito mempunyai timbal balik atau return mulai dari 3% sampai 5%.

Untuk itu supaya Anda bisa mengatasi inflasi investasi deposito merupakan cara yang efektif. Alasannya adalah karena karena mempunyai nilai yang lebih besar dari inflasi tahunan.

Tak hanya itu saja, tetapi Sobat Lakuuu juga harus tahu mengenai deposito yang bisa sampai pada angka 6%. Cukup besar bukan? Akan tetapi sebelum menyimpan uang dalam bentuk investasi deposito tersebut, Sobat Lakuu juga harus memastikan dana darurat yang dimiliki sudah cukup.

Menabung dengan Investasi di Pasar Modal

Kemudian menabung menghadapi inflasi yang bisa Sobat Lakuuu lakukan adalah investasikan dana atau uang yang dimiliki di pasar modal. Ada berbagai jenis pilihan untuk melakukan investasi di pasar tersebut.

Sobat Lakuuu bisa memilih obligasi, saham sampai pada reksadana. Akan tetapi juga harus mengingatnya, bahwa semua pilihan mempunyai timbal balik serta risiko yang berbeda-beda.

Jadi, alangkah lebih baiknya jika Sobat Lakuuu juga mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai cara yang mana atau tips yang ingin dilakukan.

Mengatasi Inflasi dengan Hidup Hemat

Inflasi juga bisa Sobat Lakuuu atasi dengan mengamalkan tips menabung mengatasinya dengan menerapkan pola hidup hemat yang tepat. Caranya adalah, catatlah setiap pengeluaran serta pemasukan yang ada.

Kemudian juga harus melihat apa saja pengeluaran yang sekiranya tidak begitu penting. Langkah selanjutnya, harus membuat anggaran yang tujuannya untuk membatasi pengeluaran. Untuk mengamalkan tips yang satu ini, Sobat Lakuuu juga harus disiplin mentaati aturan yang sudah dibuat sendiri.

Menabung dengan Logam Mulia

Salah satu tips menabung menghadapi inflasi yang tepat dan bisa Sobat Lakuuu lakukan adalah dengan cara menabung logam mulia. Cara satu ini menjadi salah satu pilihan yang memiliki peminat banyak. Terutama bagi yang menginginkan menabung sebagai investasi fleksibel.

Bisa dikatakan, ketika berinvestasi logam mulia, hampir tidak mempunyai risiko. Sobat Lakuuu juga bisa menabung logam mulia ini dengan cara online menggunakan platform marketplace yang sudah menyediakan fitur untuk menabung emas.

Menabung logam emas mulia ini juga lebih aman. Karena tidak perlu menyimpannya sendiri. Bukan hanya akan memperoleh keuntungan dari nilai emas yang terus naik, akan tetapi juga akan mempunyai kebiasaan bagus untuk jadi orang yang rajin menabung.

Adanya tips menabung menghadapi inflasi tersebut juga akan membantu ketika suatu hari nanti terjadi inflasi pada keuangan Sobat Lakuuu sendiri.