Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

7 Tips untuk Menentukan Media Promosi Online yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

by Lakuuu 20 November 2021

tips-menentukan-media-promosi-online
Media promosi online tentunya menjadi salah satu aspek penting untuk melakukan strategi pemasaran. Dengan adanya media promosi ini maka tentunya kebutuhan promosi setiap Sobat Lakuuu akan lebih terpenuhi dengan cepat dan tentunya akan sesuai dengan target.

Sobat Lakuuu pastinya sadar bahwa saat ini kebutuhan media pemasaran sangat dibutuhkan. Apalagi pada era digital ini kebutuhan setiap customer akan semakin tinggi dan tentunya pilihan untuk melakukan segala transaksi telah otomatis berubah menjadi media online.

Sebagai tambahan keputusan untuk melakukan semua transaksi melalui media online ini secara tidak langsung memang cukup menjadi pusat perhatian. Sebab ada banyak sekali pengaruh yang akan dirasakan oleh semua Sobat Lakuuu dalam mencapai target dari semua pengaruh keuntungan yang ada.

Penting untuk Sobat Lakuuu ketahui juga bahwa ada kelebihan dan kekurangan yang akan dirasakan pada saat melakukan semua transaksi yang memanfaatkan media online. Manfaat pertama tentunya untuk meningkatkan penjualan dengan lebih cepat, akan tetapi di sisi lain perlu ada inovasi yang harus dilakukan.

Salah satu inovasi yang bisa Sobat Lakuuu kembangkan dengan baik yakni adalah melalui media promosi online. Penggunaan media ini secara tidak langsung memang dikenal ampuh untuk mengatasi semua hal terkait kendala pemasaran yang masih stagnant dan tentunya tidak kunjung mencapai target.

Sebelum masuk dalam beberapa media tersebut maka secara tidak langsung Sobat Lakuuu perlu mengetahui terlebih dahulu mengapa kapasitas penggunaan media ini sangat bermanfaat. Dan tentunya secara tidak langsung akan berguna untuk daya jangkau customer.

Media Promosi Online Berguna untuk Membangun Awareness Customer

Aspek pertama yang perlu Sobat Lakuuu sadari adalah bahwa memang tidak ada jaminan penjualan akan 100% meningkat jika menggunakan media promosi secara online. Akan tetapi setidaknya ada jaminan untuk membangun awareness atau kesadaran yang cukup melekat pada customer.

Apalagi dengan pesatnya jaringan informasi dalam media online, semakin tidak terdengar dan terdeteksi penjualan Sobat Lakuuu maka semakin sulit untuk bersaing dalam sistem penjualan. Setidaknya jika rasa kesadaran terhadap produk itu muncul maka kemungkinan besar proses penjualan akan lebih baik.

Kesadaran setiap customer ini tentunya penting untuk dirawat dalam tindak lanjut. Hal sehingga ada informasi yang terus menerus diterima oleh pihak customer dan apabila dibutuhkan maka produk tersebut kemungkinan yang akan menjadi salah satu pilihan utama.

Media Promosi Secara Online Bermanfaat untuk Menjangkau Customer Lebih Luas

Aspek kedua yang perlu disadari dari adanya manfaat media promosi online adalah dengan kemampuan untuk menjangkau customer. Sobat Lakuuu perlu sadar bahwa dalam persaingan penjualan secara online ada banyak sekali aspek penting yang harus diperhatikan oleh semua pihak.

Dengan masuknya Sobat Lakuuu pada persaingan secara online maka secara tidak sadar ada tantangan baru yang harus diperhatikan. Yakni bagaimana cara untuk menjangkau pelanggan lebih luas, hal ini berkaitan juga dengan pasar yang semakin bebas dalam media penjualan online.

Bahkan target pasar yang akan dijangkau oleh sistem secara online akan lebih beragam dibandingkan dengan aspek penjualan offline. Aspek penting yang perlu Sobat Lakuuu perhatikan adalah bahwa keputusan untuk meraih dan menjangkau pasar lebih luas tersebut nyatanya bisa dilakukan dengan mudah.

Salah satu cara untuk menjangkau pasar lebih luas adalah dengan mengatur filter dalam target penjualan. Misalnya Sobat Lakuuu menjual barang kebutuhan dapur, maka target yang dipasang bisa lebih spesifik terhadap para ibu dengan batasan umur yang juga bisa diatur.

Jenis Media Promosi Online Paling Populer

Berikut ini adalah beberapa media promosi secara online yang paling baik dan direkomendasikan untuk digunakan.

1.  Google Ads, media ini penting Sobat Lakuuu ketahui merupakan media yang dibuat langsung oleh pihak google. Sebagai media pengiklanan maka secara tidak langsung google ads memiliki beberapa manfaat, salah satunya ialah target pasar yang bisa diatur.

2.  Instagram, media sosial ini tentu memiliki market pasar yang cukup luas saat ini. Media pemasaran menggunakan trik tagar dinilai efektif untuk menunjang kualitas penjualan menjadi lebih baik.

3.  Instagram Ads, media ini merupakan produk dari media sosial instagram yang berbayar untuk kepentingan pengiklanan.

4.  Marketplace, media keempat ini tentunya sangat banyak dan mudah ditemukan. Sebagai media penjualan maka fokus marketplace memang menyediakan ruang terbuka untuk melakukan transaksi jual beli.

5.  Marketplace ads, penggunaan media ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak setiap marketplace dengan ketentuan berbayar. Semua produk dan sistemnya akan diatur langsung oleh pihak masing-masing.

6.  Facebook Ads, saat ini media sosial facebook menyadari betul kebutuhan setiap penggunanya untuk melakukan penjualan online. Hal inilah yang kemudian membuat pihak facebook menyediakan jasa periklanan.

7.  Terakhir ada media forum, sebagai salah satu media yang masih berkembang penggunaan forum nampaknya juga bisa menjadi salah satu alternatif.

Semua media promosi online yang ada dalam daftar diatas secara tidak langsung bisa dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Sobat Lakuuu.