Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Membuat Toko Online Sendiri VS Jasa Developer - Pro dan Kontra Serta Solusinya

by Lakuuu Editorial Updated at 9 December 2022

toko-online-sendiri-vs-jasa-developer

Bila tiba saatnya bagi Anda untuk punya toko online sendiri, maka dua cara pembuatan toko online berikut ini akan muncul:

 

  • Membuat toko online Anda sendiri, atau
  • Menggunakan jasa developer pembuatan toko online

 

Mana yang terbaik? Mari lihat keuntungan dan tantangan dari kedua pilihan diatas beserta solusi untuk mengatasi tantangan yang muncul dari kedua pilihan diatas.

 

Membuat Toko Online Sendiri - Keuntungannya


buat toko online sendiri

 

Dengan membuat toko online sendiri, Anda hanya perlu mengeluarkan budget yang tidak terlalu besar. Anda juga bisa mewujudkan semua fitur yang Anda perlukan pada toko online Anda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

 

Anda juga bisa mengatur administrasi toko online Anda sesuai dengan keinginan Anda dan kapanpun Anda mau.

 

Dan karena ini toko online milik Anda sendiri, maka Anda bisa dengan cepat mengadaptasi setiap perubahan yang diperlukan. Misalnya saat Anda ingin mengubah tampilan toko online Anda dengan tampilan terbaru, maka Anda bisa mengubahnya dengan cepat.

 

Membuat Toko Online Sendiri - Tantangannya

 

Sudah pasti Anda harus punya skill coding website untuk bisa membuat sebuah toko online yang berfungsi dengan baik. Bahasa pemrograman pembuatan website bisa dipelajari secara gratis.

 

Youtube bisa menjadi sumber edukasi yang memadai. Namun demikian, akan diperlukan banyak sekali waktu untuk mempelajari bahasa pemrorgaman demikian. Anda harus praktek berulang-ulang, eksperimen berulang-ulang, dan terus mengikuti perkembangan atau pun update dari software yang Anda gunakan untuk memprogram.

 

Hal ini khususnya menjadi tantangan bagi siapapun yang mulai dari nol. Namun, ini pun bisa menjadi kendala bagi mereka yang sudah punya ilmu dasar-dasar pemrograman, terutama jika ilmu pemrograman mereka sudah ketinggalan zaman.

 

Tantangan lainnya adalah masalah desain. Tentu saja setiap pemilik toko online ingin tampilan toko mereka bagus dan memukau. Untuk mencapai hal ini, dibutuhkan skill desain website yang memadai pula.

 

Tidak akan mudah melakukannya karena untuk mendesain, seorang desainer harus juga menggunakan berbagai software design yang tidak mudah digunakan seperti misalnya Photoshop.

 

Photoshop memang bisa dipelajari, namun ini membutuhkan banyak waktu. Sedangkan sebagai pelaku bisnis, Anda tentu ingin segera toko Anda mengudara secara online dan segera menarik pelanggan bukan? 

 

Jadi kalau mau disimpulkan, keuntungan membuat toko online sendiri adalah dari sisi biaya dan flexibilitas-nya. Sedangkan tantangannya adalah waktu dan skill yang harus dikuasai untuk membuat toko online sendiri.

 

Lalu, bagaimana jika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa developer pembuatan toko online?

 

Jasa Developer Toko Online - Keuntungannya


developer toko online

 

Jelaslah semua problem tentang skill pemrograman tidak akan lagi menjadi kendala karena developer pasti sudah menguasainya.

 

Dalam hal ini, Anda hanya tinggal meminta mereka membuat toko online yang sesuai dengan spesifikasi yang Anda harapkan dan inginkan.

 

Developer yang bagus biasanya akan langsung paham maksud Anda karena mereka biasanya sudah berpengalaman dalam membuat website ataupun toko online.

 

Biasanya, developer bisa juga membuat fitur-fitur custom yang sulit dibuat namun yang memang Anda butuhkan. 

 

Dengan adanya developer, maka pembuatan website toko online Anda akan lebih mudah dilakukan.

 

Jasa Developer - Tantangannya

 

Satu hal yang sangat mencolok dari menggunakan jasa developer adalah biayanya. Boleh dibilang, jika Anda menggunakan developer, maka Anda perlu menyiapkan budget yang cukup besar. 

 

Memang setiap individu atau perusahaan punya budget yang berbeda-beda. Namun biasanya, pembuatan toko online dengan jasa developer berkisar mulai dari Rp 20 juta.

 

Jika fitur yang Anda minta lebih dari sekedar standar, maka biayanya akan terus meningkat. 

 

Belum lagi, perhitungkan juga biaya update yang harus disiapkan. 

 

Update yang dimaksud disini adalah biaya berkesinambungan yang selalu ada. Contohnya, sewaktu Anda ingin menambah produk ke toko online Anda, maka Anda harus membayar biaya penambahan produk-produk tersebut atas jasa mereka dalam melakukannya.

 

Hal lain yang penting Anda ketahui juga adalah, sekali Anda menggunakan jasa developer, maka bisnis Anda kedepannya akan terus bergantung pada developer tersebut.

 

Contoh tentang menambah produk diatas adalah salah satunya. Hal lainnya yang juga termasuk adalah perubahan desain toko online dan penambahan atau penguranan fitur-fitur tertentu. 

 

Mungkin Anda bertanya, bukankah setelah proyek pembuatan selesai maka developer akan menyerahkan toko online itu sebagai milik Anda sehingga Anda bisa mengelolanya sendiri? 

 

Jika itu yang Anda mau, itu memang benar. Tapi ingatlah, untuk mengoperasikan toko online tersebut, Anda juga harus paham bagaimana caranya bukan?

 

Nah, cara pengoperasian toko online yang dibuat developer bisa jadi tidak sederhana dan harus dipelajari terlebih dulu. Dijamin Anda akan kesulitan melakukannya. Jadi mau tidak mau, Anda akan cenderung terus bergantung pada developer untuk pengoperasiannya.

 

Kesimpulannya, sebagai keuntungan menggunakan developer adalah Anda tidak perlu repot belajar cara membuat toko online beserta bahasa pemrogramannya. Sedangkan tantangannya, dari sisi biaya yang besar dan ketergantungan Anda pada developer.

 

Tidak Suka Dengan Tantangan-Tantangan Diatas? Ini Solusinya

 

Anda bisa tetap membuat toko online sendiri, punya kendali penuh terhadapnya, dan dengan biaya yang tidak mahal. Bagaimana caranya?

 

Dengan menggunakan layanan pembuatan toko online sendiri dari Lakuuu ID

 

Layanan ini membuat Anda mudah untuk membangun toko online Anda sendiri dengan cepat, dengan desain yang bagus, dan dengan segala fitur pendukung yang akan memudahkan Anda untuk bisa jualan online dengan efektif.

 

Jadi kapanpun Anda ingin menambah produk atau menguranginya, Anda tidak akan tergantung dengan developer. Anda juga tidak perlu punya skill bahasa pemrograman.

 

Untuk mencobanya, Anda juga bisa membuat toko online secara gratis di Lakuuu ID. Atau Anda bisa chat langsung dengan tim sales dari Lakuuu ID sekarang.

 

Solusi ini akan menghemat banyak biaya dan waktu Anda. Silakan coba gratis layanan toko online Lakuuu ID.


membuat toko online sendiri