Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

9 Tips yang Wajib Kamu Ketahui agar Aman Selama Traveling di Masa Pandemi

by Lakuuu 28 November 2021

traveling-di-masa-pandemi
Sobat Lakuuu butuh traveling di masa pandemi? Kini kegiatan traveling sudah bisa dilakukan seiring dengan penurunan kasus covid di Indonesia. Yang paling penting adalah Sobat Lakuuu tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah.

Traveling menjadi salah satu kebutuhan dalam hidup, terutama bagi mereka yang memiliki waktu kerja tinggi. Saat traveling pikiran dibuat jadi lebih rileks, serta dapat memacu semangat baru untuk bekerja lebih baik.

Saat pandemi covid mulai menerjang dunia, berbagai tempat wisata terpaksa di tutup. Kegiatan masyarakat juga dibatasi, akibatnya kegiatan traveling tidak bisa dilakukan. Sekarang ini kondisi sudah mulai beranjak normal.

Sobat Lakuuu yang sudah bosan terlalu lama berdiam diri di rumah kini mulai bisa relaksasi keluar rumah. Agar perjalanan jadi lebih menyenangkan, pastikan tetap jaga keamanan dan jauhi diri dari area kerumunan.

9 Tips Traveling di Masa Pandemi Penting Diketahui untuk Keamanan dan Kenyamanan

Walaupun kegiatan masyarakat saat ini mulai diperlonggar, tetap saja kegiatan traveling tidak bisa dilakukan sebebas dahulu. Sobat Lakuuu harus tetap mengikut pedoman yang berlaku untuk memastikan keamanan dan kenyamanan.

Sebagian besar tempat wisata sudah mulai beroperasi. Buat Sobat Lakuuu yang ingin berwisata sebaiknya, 9 tips berikut ini penting diketahui agar perjalanan dan keseruan selama traveling tetap bisa dirasakan.

1. Pastikan Membeli Tiket yang Refundable

Jika Sobat Lakuuu ingin traveling keluar kota, maka saat hendak membeli tiket, pastikan bahwa tiket tersebut sifatnya refundable. Saat ini sudah banyak layanan penjual tiket yang menyediakan pembatalan secara gratis.

Tujuannya agar Sobat Lakuuu tidak dirugikan nantinya. Misalnya jika saat melakukan rapid test hasilnya positif, maka Sobat Lakuuu tidak diizinkan bepergian. Jika jenis tiketnya refundable, maka bisa langsung dibatalkan dan mendapatkan uang kembali 100%.

2. Pilih Tempat Wisata dan Akomodasi yang Menerapkan Protokol Ketat

Selain memilih tiket yang refundable, Sobat Lakuuu juga sebaiknya memilih tempat wisata dan akomodasi yang menerapkan protokol ketat. Walaupun saat ini casus covid sudah mulai menurun, tetap saja berpotensi mengalami lonjakan kembali.

Jika tempat wisata tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Sobat Lakuuu pasti merasa lebih aman dan terlindungi. Dalam memilih akomodasi juga pastikan akomodasi tersebut steril dan para stafnya sudah divaksin.

3. Selalu Siapkan Safety Kit

Tips lain yang juga penting diketahui saat traveling di masa pandemi adalah selalu menyiapkan safety kit. Safety kit seperti kotak P3K wajib dibawa ketika berwisata ke berbagai tempat.

Masker dan hand sanitizer juga menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa. Jika memungkinkan sebaiknya gunakan masker medis.

4. Pastikan Sudah Menerima Vaksin Minimal Dosis Pertama

Jika Sobat Lakuuu ingin traveling ke luar kota, maka pastikan sudah menerima vaksin minimal dosis pertama. Karena kalau Sobat Lakuuu belum vaksin, maka tidak diizinkan bepergian mengendarai transportasi umum.

Bukti sudah vaksin akan terlihat di aplikasi Peduli Lindungi. Jadi jika Sobat Lakuuu belum divaksin, sebaiknya tunda terlebih dahulu kegiatan traveling karena tidak akan diizinkan.

5. Hindari Tempat Wisata yang Terlalu Ramai

Ketika traveling di masa pandemi memilih tempat wisata juga perlu dilakukan secara selektif. Jauh lebih baik memilih tempat wisata yang tidak terlalu ramai untuk memastikan keamanannya.

Selain itu sebaiknya Sobat Lakuuu juga memilih tempat traveling yang sifatnya outdoor, sehingga kemungkinan penyebaran virusnya semakin kecil.

6. Cek Terlebih Dahulu Review Tempat Wisata dan Akomodasi

Sobat Lakuuu juga perlu mengecek review dari para traveler lain terkait tempat wisata dan akomodasi yang hendak dikunjungi. Tujuannya untuk memastikan area wisata tersebut aman untuk para pelancong.

Walaupun destinasi tersebut sudah pernah dikunjungi sebelumnya, bisa saja terdapat perubahan terkait kebijakan dan layanannya.

7. Cek Aturan dan Kebijakan Traveling Terbaru dari Pemerintah

Sebelum memutuskan melakukan traveling di masa pandemi Sobat Lakuuu perlu rutin mengecek kebijakan atau aturan terbaru dari pemerintah, khususnya dinas pariwisata.

Dinas pariwisata rutin memberikan update terkait zona wisata yang aman. Jadi Sobat Lakuuu bisa tahu apakah destinasi yang hendak dituju masuk zona aman atau tidak.

8. Jaga Kesehatan Sebelum Traveling

Dua minggu sebelum traveling lebih baik untuk tidak terlalu sering beraktivitas di luar rumah. Sobat Lakuuu perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Tujuannya agar saat melakukan rapid test nantinya, Sobat Lakuuu mendapatkan hasil negatif. Jika sebelum hari H traveling terinfeksi virus Covid, maka terpaksa kegiatan traveling dibatalkan. Sobat Lakuuu pasti tidak ingin hal ini terjadi.

9. Utamakan Mengkonsumsi Makanan Sehat Selama Traveling

Saat traveling, Sobat Lakuuu harus selalu memprioritaskan keamanan dan kesehatan. Sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan tidak sehat. Lebih baik perbanyak makan buah dan sayuran sehingga imun tubuh tetap kuat.

Selama traveling penting juga mengkonsumsi vitamin C dan D yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian setelah pulang dari traveling, Sobat Lakuuu tetap fit dan segar serta semakin semangat beraktivitas.

Dengan kondisi pandemi yang semakin menurun, masyarakat sudah diizinkan melakukan kegiatan wisata. Sobat Lakuuu juga bisa traveling di masa pandemi asalkan tetap menaati tips yang telah disebutkan di atas.