Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

5 Wanita Entrepreneur yang Sukses Berbisnis di Indonesia

by Lakuuu Team 22 October 2021

wanita-entrepreneur-yang-sukses
Sobat Lakuuu, kata wirausahawan atau entrepreneur selalu diidentikkan dengan kehadiran atau buah hasil karya para kaum adam, betul?

Hal di atas disebabkan, karena masih banyak masyarakat yang selalu mengidentikkan pekerjaan dengan hasil yang luar biasa selalu diproduksi oleh para pria, khususnya dalam membuat dan memimpin suatu perusahaan.

Tapi, 5 wanita berikut membuktikkan bahwa tidak hanya kaum pria saja, kaum wanita juga bisa menelurkan ide bisnis yang bernilai tinggi, serta memimpin perusahaan dengan omset milyaran bahkan triliunan rupiah. Siapa sajakah wanita-wanita tangguh ini?

5 Wanita Entrepreneur yang Berhasil Berbisnis di Tanah Air


Mengelola perusahaan memang bukanlah hal yang mudah. Tapi, faktanya, 5 wanita asal Indonesia ini berhasil mematahkan stigma masyarakat, yang mengatakan bahwa pemimpin haruslah seorang pria. Siapa saja wanita pebisnis tersebut?

1. Catherine Hindra Sutjahyo

Catherina Hindra Sutjahyo adalah sosok di balik suksesnya marketplace fashion ternama di Asia Tenggara, ZALORA.

Selama ini mungkin kita menganggap, bahwa ZALORA adalah marketplace buah hasil karya negara tetangga. Tapi, ternyata, ZALORA merupakan hasil karya anak bangsa Indonesia, sungguh luar biasa, bukan?

Dalam membangun marketplace fashion yang berdiri tahun 2012 ini, Catherine harus meninggalkan zona nyamannya sebagai seorang konsultan di Mckinsey & Company.

Walau dulu sempat mengalami kegagalan akibat startup buatan pertamanya mengalami gulung tikar, Catherine tidak pantang menyerah, dan berhasil membangun marketplace ZALORA, yang tidak hanya sukses di dalam negeri, tetapi juga di berbagai kawasan di Asia Tenggara.

2. Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth

Para kaum hawa pasti sudah tidak asing dengan marketplace BERRYBENKA, bukan?

Nah, ternyata marketplace yang dibangun pada tahun 2011 ini, dulunya hanyalah toko online kecil. Pendirinya, yaitu Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth tidak pernah memikirkan untuk mengembangkan toko buatannya hingga menjadi besar seperti sekarang ini.

Sampai akhirnya, investor melirik BERRYBENKA, dan potensi yang ada untuk bisa dikembangkan lagi. Hingga saat ini, BERRYBENKA masih menerima suntikan dari para investor yang tertarik dengan bisnis dua sohib tersebut.

Walau sudah banyak marketplace yang memiliki lini bisnis yang serupa, BERRYBENKA nyatanya masih mampu bertahan dan mendominasi pasar di tanah air.

3. Nabilah Alsagoff

Seperti yang kita ketahui, DOKU adalah media pembayaran online, sekaligus menjadi salah satu pelopor transaksi online yang memudahkan banyak pelaku marketplace dan e-commerce dalam melakukan transaksi.

Nabilah Alsagoff adalah sosok di balik suksesnya perusahaan DOKU yang berhasil menggaet banyak perusahaan dan marketplace tanah air, untuk memudahkan proses pembayaran.

Walau Nabilah sempat berpikir salah masuk jurusan saat kuliah dulu, tapi nyatanya ia berhasil mendirikan startup pembayaran online bernilai milyaran rupiah ini.

Nabilah mengatakan, berani mengambil resiko demi mewujudkan visi yang dimiliki adalah kunci untuk bisa meraih kesuksesan.

4. Veronika Linardi
Veronika Linardi adalah salah satu wanita yang berhasil mendirikan startup dan membantu banyak pencari kerja serta karyawan, untuk saling bertukar informasi mengenai gaji yang didapat dari seluruh perusahaan di Indonesia secara anonim.

Qerja merupakan hasil pengalaman dan pengamatan Veronika sendiri saat ia berkecimpung di dunia SDM. Banyaknya para pencari kerja yang kebingungan tentang gaji yang akan mereka dapat di suatu perusahaan, membuat hatinya tergerak untuk membuat platform Qerja.

Walau banyak orang yang menentang idenya yang terbilang “berani” ini, namun Qerja menjadi platform favorit para pencari kerja dan karyawan, baik untuk sekedar memberikan informasi gaji yang mereka terima secara anonim, ataupun mencari data gaji di perusahaan tertentu.

5. Diajeng Lestari
Wanita pebisnis asal Indonesia yang terakhir adalah Diajeng Lestari, sosok yang berhasil menargetkan para kaum muslimah tanah air.

HijUp merupakan e-commerce yang menjual berbagai macam aksesoris dan pakaian muslimah yang memiliki kualitas bahan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berkat kepemimpinan Diajeng, usaha yang ia rintis pada tahun 2011 ini, akhirnya telah menembus pasar internasional, dan menjadikan produknya sebagai salah satu produk buatan asli Indonesia yang berhasil diperdagangkan secara internasional.