Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Mengenal Strategi Pemasaran Tanpa Modal: Words of Mouth

by Lakuuu 16 December 2021

words-of-mouth
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan strategi pemasaran yang sudah digunakan dari generasi ke generasi ini, bukan?

Sesuai dengan namanya, metode pemasaran words of mouth ini memang minim modal, mengingat proses pemasarannya dilakukan oleh sejumlah orang atau kelompok hanya bermodalkan cerita dan ulasan dari “mulut ke mulut”.

Walau terkesan tidak meyakinkan, faktanya strategi marketing ini mampu meningkatkan penjualan dan omset Sobat Lakuuu tanpa harus mengeluarkan biaya beriklan atau marketing yang mahal. Bagaimana cara menggunakan strategi marketing words of mouth ini? Berikut ulasannya.

Apa yang dimaksud dengan words of mouth?

Sederhananya, words of mouth merupakan proses pemasaran sederhana dengan cara saling berbagi informasi terhadap orang yang dikenal.

Umumnya, mereka akan menceritakan pengalaman, kualitas produk atau layanan, serta tidak jarang juga mereka merekomendasikan suatu brand atau merek untuk segera dibeli di jaringan pertemanannya.

Jadi, saat ada salah seorang konsumen mendapati bahwa produk atau layanan yang ia gunakan sangat memuaskan, maka nama dari perusahaan atau merek tersebut akan selalu disebutkan di setiap kesempatan dalam percakapan sehari-hari.  

Siapa pun yang mendengarnya, pasti akan dibuat penasaran, bukan? Terlebih jika seseorang sedang mencari solusi atas permasalahan mereka, dan kebetulan merek tersebut mampu memecahkan “rasa sakit” yang mereka rasakan.

Jika sudah click, maka calon pelanggan tak akan ragu untuk membeli atau memanfaatkan produk dan jasa Sobat Lakuuu.

Sederhana, bukan? Hanya lewat percakapan sehari-hari, penjualan menjadi melejit.

Keuntungan strategi words of mouth

Dilansir penelitian Nielsen menunjukkan, bahwa hampir sebanyak 92% orang akan percaya rekomendasi yang diberikan oleh salah seorang teman atau kerabatnya, daripada hanya melihat ulasan di internet. Walau, tidak menutup kemungkinan ulasan tersebut juga akan dipercaya oleh mereka.

Dapat diambil kesimpulan, bahwa metode words of mouth sangat efektif untuk mempengaruhi pola pikir seseorang untuk membuat transaksi.

Ada beberapa keuntungan lainnya yang akan mereka dapatkan jika berhasil mempraktikkan words of mouth dengan baik dan benar. Apa saja? 

1. Meningkatkan rasa percaya

Keuntungan utama dari words of mouth adalah baik antara produk dan konsumen, tercipta rasa kepercayaan yang tinggi.

Rasa percaya inilah yang membuat calon pelanggan tidak ragu untuk melakukan pembelian, dan bahkan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal.

Tapi, perjalanan words of mouth ini sangatlah menantang. Ada berbagai aspek yang harus ditingkatkan, mulai dari aspek pelayanan pelanggan hingga kualitas produk.

Jika kedua area tersebut mampu memuaskan pelanggan, maka mereka akan dengan senang hati merekomendasikan merek Sobat Lakuuu ke ruang lingkup pertemanannya.

2. Membangun brand awareness

Akan menjadi challenge tersendiri bagi semua orang yang terlibat di dalam merek baru dan belum memiliki tempat tersendiri di masyarakat. Maka dari itu, semua orang harus terlibat dan bersama-sama untuk berjuang mendapatkan brand awareness di tengah masyarakat.

Selain branding di berbagai platform media sosial, menerapkan strategi marketing words of mouth bisa menjadi strategi pemasaran alternatif yang cukup efektif.

Words of mouth dapat membantu brand agar mendapatkan kredibilitasnya, sehingga banyak orang yang akan tanpa ragu melakukan pembelian.

3. Lebih hemat, tidak membutuhkan banyak biaya  

Keuntungan terakhir menerapkan strategi words of mouth ini adalah biayanya yang sangat terjangkau. Perusahaan tidak memerlukan dana atau budget yang lebih agar bisa melakukan jenis pemasaran yang satu ini.

Seperti yang sudah disinggung di atas, teknik pemasaran ini hanya bermodalkan pengalaman pelanggan yang sudah menggunakan produk atau jasa Sobat Lakuuu, dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa menyenangkan, sehingga mereka secara sukarela merekomendasikan merek Sobat Lakuu.

Adapun salah satu upaya yang harus dilakukan oleh perusahaan agar pelanggan terus merasa senang dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan adalah dengan selalu memberikan apresiasi.

Bentuk apresiasi yang bisa Sobat Lakuuu berikan adalah dengan pemberian hadiah setiap pelanggan yang merayakan ulang tahun misalkan, atau memberikan pelayanan secara cuma-cuma, hingga melibatkan merek ke setiap keputusan merek yang ada.