Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

5 Co-Working Space di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi

by Lakuuu - 25 April 2022

5-co-working-space-di-jabodetabek-yang-wajib-dikunjungi

Semakin banyaknya coworking space di Jabodetabek membuat banyak orang memanfaatkannya untuk berbagai hal positif. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mencari dan mengembangkan ide bisnis.

Tempat umum ini tidak hanya nyaman digunakan, namun juga lengkap dengan fasilitas memadai seperti jaringan internet, meeting room, juga tersedia minuman. Terdapat juga resepsionis profesional yang akan membantu jika ada surat maupun paket datang.

Cukup banyak pemilik maupun pengembang usaha yang berkumpul di tempat ini sehingga sangat memungkinkan terjadi relasi dan kolaborasi. Jika Sobat Lakuuu sedang membuka bisnis, maka dapat sebagai tempat memperluas jaringan dan melakukan diskusi.


Apa itu Coworking Space?

Coworking space di Jabodetabek sendiri menjadi fenomena, bahkan industri ini tumbuh dan berkembang pesat di Asia Tenggara hingga 15 persen pada 2017. Kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan sekitarnya menjadi peluang besar untuk membangun industri ini.

Adanya ruang publik ini menjadi salah satu alternatif pengganti ruang gedung perkantoran yang tentu saja relatif mahal. Padahal kebutuhan ruang kerja semakin meningkat seiring banyaknya bisnis-bisnis startup maupun peminat pekerjaan freelance.

Bisa dikatakan coworking space di Jabodetabek merupakan ruang kerja untuk digunakan oleh orang-orang yang berasal dari organisasi maupun perusahaan berbeda. Konsep yang digunakan adalah berbagai atau sharing.

Umumnya, terdapat satu ruangan besar untuk digunakan secara bersama-sama. Selain itu, terdapat juga ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa sebuah perusahaan atau komunitas, bahkan juga individu jika perlu ruang khusus.


Beberapa Manfaat adanya Coworking Space

Adanya coworking space di Jabodetabek cukup diminati sebab memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Apalagi dengan munculnya bisnis-bisnis baru yang membutuhkan tempat dalam melakukan berbagai aktivitas kerja.

1. Biaya Terjangkau
Membangun kantor apalagi bagi yang baru saja mengembangkan bisnis tentu sulit dilakukan karena membutuhkan biaya sangat besar. Padahal kebutuhan fasilitas kantor sangat perlu untuk melakukan berbagai aktivitas kerja.

Hadirnya coworking space di Jabodetabek bisa dimanfaatkan untuk solusi tersebut. Tempat yang menyediakan fasilitas lengkap dalam melakukan berbagai aktivitas kerja ini juga menyediakan sewa ruangan jika membutuhkan tempat khusus.

2. Jaringan Bisnis Luas
Tempat umum ini tidak hanya digunakan oleh satu pemilik bisnis saja, namun sangat banyak. Jika Sobat Lakuuu dapat mengambil kesempatan emas, maka kemungkinan untuk memperluas jaringan bisnis akan semakin luas.

Jaringan yang luas sendiri sangat diperlukan oleh pemilik usaha agar terus berkembang dan semakin maju. Cara ini juga dapat digunakan sebagai tempat mempromosikan produk agar dapat menjangkau konsumen dalam lingkup lebih luas.

3. Mencari dan Berbagi Ide
Mungkin sebagian dari Sobat Lakuuu perlu mencari ide untuk membangun maupun mengembangkan usaha. Tempat paling tepat untuk mencari ide-ide baru adalah coworking space.

Bukan hanya itu, dengan bertemu orang-orang dengan minat bisnis yang sama akan mempermudah dalam melakukan diskusi dan berbagi ide. Hal ini tentu sangat bermanfaat, karena inovasi baru sangat diperlukan ketika membangun usaha.

4. Bersosialisasi
Sobat Lakuuu juga dapat bersosialisasi dengan orang dari berbagai kalangan termasuk perusahaan dan komunitas berbeda. Hal ini karena dalam ruangan luas tidak ada pemisah antara satu dengan lain. Dengan banyak bersosialisasi, wawasan menjadi jauh lebih luas.


Rekomendasi Coworking Space di Jabodetabek

Sebenarnya ada banyak sekali coworking space Jabodetabek yang dapat dikunjungi oleh Sobat Lakuuu. Berikut adalah rekomendasi tempat nyaman untuk melakukan aktivitas kerja agar lebih produktif.

1.
GoWork
GoWork tampak sangat mewah dan memiliki fasilitas lengkap, termasuk dedicated desk sebagai ruang kerja yang dapat digunakan setiap hari. Sobat Lakuuu juga dapat menyewa mulai harian atau bulanan untuk private office.

2. Co Hive Space
Co Hive Space menggunakan konsep semi-outdoor dengan taman vertikal yang menyejukkan mata. Bukan hanya itu saja fasilitas tersedia juga termasuk permainan seperti meja ping pong dan billiard. Tempat ini cocok untuk Sobat Lakuuu ingin bekerja dengan suasana santai.

3.
BASE Cowork Lounge
Tempat ini bukan hanya nyaman untuk bekerja dan formal seperti kantor, namun juga dapat digunakan dalam berbagai event dan gathering. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap bahkan hingga loker pribadi, printer, juga scanner untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Bukan hanya itu saja, tersedia perpustakaan dengan koleksi cukup lengkap jika ingin beristirahat sejenak. Bisa juga sambil menikmati seduhan kopi atau teh dan camilan yang sudah tersedia.

4.
Conclave
Conclave cukup populer di Jakarta Selatan dan dirancang sedemikian rupa agar dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Lingkungan kerja di dalamnya juga akan sangat mendukung untuk lebih produktif tanpa gangguan.

5. CoworkInc
CoworkInc menjadi salah satu coworking space Jabodetabek yang baru buka pada Maret 2017. Tempat ini juga sangat nyaman untuk bekerja, tetap profesional namun bisa lebih santai agar tidak terlalu stres ketika melakukan aktivitas.

Memiliki bangunan kantor untuk para pemilik bisnis akan membutuhkan biaya yang sangat besar. Oleh karena itu coworking space di Jabodetabek menjadi solusi tepat jika ingin bekerja juga mencari dan mengembangkan ide.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

tempat-untuk-kerja
Inspirasi
Bosan Suasana Kantor? Coba 5 Tempat ini Untuk Kerja
Kini, sebagian besar perusahaan sudah tidak mengharuskan para karyawannya untuk bekerja dari kantor. Tentu saja, langkah ini merupakan ...
pekerjaan-keren-untuk-penulis
Inspirasi
Suka Menulis? Ini 8 Pekerjaan Keren yang Bisa Dicoba!
Faktanya, profesi seorang penulis tidak hanya memanfaatkan keahliannya dalam merangkai suatu kata menjadi kalimat yang ...
side-hustle-dan-side-job
Inspirasi
Apa itu Side Hustle dan Perbedaannya dengan Side Job
Pernahkah Sobat Lakuuu dengar tentang apa itu side hustle, istilah sedang sangat tren pada generasi Milenial atau Generasi Z berbeda dengan side job.