Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

7 Kuliner Nusantara yang Mendunia

by Lakuuu Team 8 September 2021

kuliner-nusantara-yang-mendunia
Selain terkenal dengan tempat wisata dan kebudayaan para leluhur, Indonesia juga mengundang perhatian mata dunia dengan kuliner khasnya yang menggiurkan. 

Kuliner nusantara memang memiliki keunggulannya tersendiri, mulai dari persiapan memasak, bahan yang digunakan, hingga tradisi-tradisi penyajiannya yang sarat dengan budaya.

Maka tak heran, 7 kuliner nusantara ini terkenal di dunia dan bahkan menjadi makanan favorit masyarakat global. Apa saja makanan-makanan Indonesia tersebut?

1. Rendang

https://www.canva.com/
Makanan yang terbuat dari daging dan dibumbui dengan rempah-rempah asli Indonesia ini, berhasil masuk ke dalam daftar 50 Makanan Terenak di Dunia versi CNN Internasional di tahun 2011.

Makanan yang berasal dari daerah Padang, Provinsi Sumatera Barat tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya.

Daging yang telah dibumbui harus dipanaskan berulang kali menggunakan santan kelapa, agar menghasilkan tekstur daging yang empuk dan gurih.

Ketenaran rendang bahkan sampai ke telinga Gordon Ramsay, seorang koki ternama dunia asal Johnstone, United Kingdom.

Dalam programnya Gordon Ramsay: Uncharted Season 2, ia mencicipi dan bahkan mempelajari proses pembuatan rendang, serta ditantang oleh Gubernur Sumatera Barat untuk membuatnya.

2. Gado-gado

https://www.canva.com/
Makanan khas Jawa ini memang cocok untuk wisatawan asing, khususnya bagi mereka yang memiliki diet vegan atau vegetarian, mengingat bahan yang digunakan tidak mengandung unsur daging sama sekali.

Tidak hanya di Jawa, Sobat Lakuuu dapat dengan mudah menemukan gado-gado di seluruh provinsi di Indonesia, dengan varian yang berbeda-beda tentunya.

Walau terkesan sederhana, gado-gado menjadi juara pertama dalam kategori Tampilan Sajian Estetika dalam perlombaan memasak internasional yang diadakan di Napoli, Italia di tahun 2010.

Tidak hanya penyajiannya yang menarik, gado-gado juga disebut-sebut sebagai masakan yang menggunakan bahan dan cita rasa yang unik dan khas.

3. Gudeg

https://www.canva.com/
Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang memiliki cita rasa manis asal Yogyakarta berikut?

Berkat cita rasanya yang unik dan menggoyang lidah, kuliner khas Indonesia itu memiliki tempat tersendiri di mata warga dunia.

Saking nikmatnya, masakan semur manis nangka muda ini diimpor oleh banyak negara dalam kemasan kaleng.

Dalam proses pembuatannya, nangka muda yang telah diparut akan direbus dengan santan dan gula aren dengan api kecil selama beberapa jam ke depan.

Kemudian, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, ketumbar, dan daun jati dimasukkan ke dalam adonan yang memberikan warna coklat kemerahan dalam hidangan.

Bagaimana? Cukup membuat perut keroncongan, kan?

4. Bakso

https://www.canva.com/
Atau bahasa Inggrisnya adalah meat ball menjadi salah satu makanan yang mencuri perhatian dunia berkat bola daging, isian mie, dan kuah kaldunya yang menggoda.

Tak jarang juga, bakso dilengkapi dengan gorengan atau pangsit goreng untuk membuat pengalaman makan menjadi lebih nikmat.

Inilah sebabnya, mengapa bakso menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Tiongkok, walau mereka memiliki versi masakan yang serupa.

Jangan lupakan betapa presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyukai bakso dan bahkan menyebut masakan Indonesia itu di dalam pidatonya.

5. Nasi goreng

https://unsplash.com/@laurlanc
Saat berbicara kuliner Indonesia yang mendunia, kita tidak boleh melupakan nasi goreng untuk masuk ke dalam daftar.

Bagaimana tidak? Masakan yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat ini, mampu membuat siapapun tergoda dengan wanginya yang bikin perut bersuara.

Masih belum jelas asal dari nasi goreng ini, namun yang pasti, nasi goreng di setiap daerah memiliki ciri khas, cita rasa, dan cara penyajian yang berbeda-beda.

6. Sate

https://unsplash.com/@mufidpwt
Kuliner khas Indonesia berbahan dasar daging yang dibakar ini juga mendapatkan sorotan tersendiri di mata internasional.

Makanan khas Indonesia itu memiliki pengolahan dan bumbu yang beragam tergantung daerahnya. Seperti sate Madura, sate Padang, atau bahkan sate lilit khas Bali yang memiliki cita rasa yang unik.

Biasanya, daging sapi atau ayam akan dilumuri dengan bumbu rahasia, dan disajikan dengan bumbu kacang dan kerupuk. 

7. Tempe

https://unsplash.com/@ellaolsson
Bahan makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini, dapat disajikan menjadi berbagai macam olahan yang tidak hanya mengenyangkan, tapi juga menyehatkan.

Di luar negeri, terutama di Jepang, tempe menjadi salah satu bahan makanan favorit dan semakin banyak digunakan di dalam masakan lokal.

Tak hanya di Jepang, tempe juga menjadi makanan favorit komunitas vegetarian dan vegan di berbagai negara, seperti Amerika Serikat dan belahan negara lainnya.

Kemiripan tekstur dan rasa tempe dengan daging, serta kandungan protein nabati, serat dan banyaknya prebiotik, membuat bahan makanan ini sangat digemari masyarakat global.