Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Tips & Trik

Penjualan Toko dan Traffic Meningkat? Manfaatkan Meta Description!

by Lakuuu Team 10 September 2021

penjualan-toko-dan-traffic-meningkat
Indonesia semakin hari semakin membentuk kerajaan digital. Hal ini bisa Sobat Lakuuu lihat dari banyaknya pekerjaan mulai memanfaatkan internet, hingga menjamurnya e-commerce dan toko online.

Toko-toko online ini tidak hanya menjual kebutuhan sandang, seperti perhiasan, alat kecantikan, atau bahkan parfum, tetapi juga kebutuhan pokok, seperti bahan masakan, makanan, hingga minuman tak luput dijual.

Saking banyaknya toko online, Sobat Lakuuu harus pintar-pintar memasang strategi, agar produk jualan yang dipasarkan, dapat menembus pasar dan dilihat oleh lebih banyak audiens. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan meta deskripsi produk yang SEO friendly. Tapi, apa itu meta description atau meta deskripsi?

7 Cara Menulis Meta Description yang Menjual


Apa Sobat Lakuuu sering memperhatikan informasi singkat yang terdapat di bawah link atau judul hasil pencarian, seperti di bawah ini?
 
Jika iya, itulah yang dimaksud dengan meta description, yaitu sebuah deskripsi singkat yang bertujuan untuk menginformasikan pembaca atau calon pembeli tentang suatu produk, sebelum memutuskan untuk membuka suatu tautan.

Meta description harus bisa menarik dan meyakinkan calon pembeli untuk mengklik tautan yang mengarah ke toko online atau website Sobat Lakuuu.

Sobat lakuuu mulai bertanya, bagaimana caranya untuk membuat meta deskripsi yang baik dan menjual? Simak cara mudah ini!

#1 Gunakan bahasa sesuai target market

Menjual suatu produk atau menawarkan jasa di dunia digital, sama seperti melakukan penawaran di dunia nyata. Maksudnya bagaimana?

Saat Sobat Lakuuu ingin menjual produk dengan target anak muda, pastinya bahasa yang digunakan tidak baku dan lebih menggunakan bahasa gaul, betul? Ini akan menyamakan frekuensi mereka dan membuat target merasa tertarik.

Lain halnya apabila Sobat Lakuuu menjual suatu produk untuk ibu rumah tangga. Bahasa yang digunakan tentunya akan menyesuaikan dengan target pasar. Tidak mungkin Sobat Lakuuu menggunakan bahasa gaul, bukan?

#2 Cantumkan solusi atau manfaat yang akan mereka peroleh

Apakah Sobat Lakuuu pernah membuka website yang isinya tidak sesuai dengan harapan atau yang sedang dicari? Ujung-ujungnya tidak ada informasi atau produk yang kita cari.

Meta description sangat penting untuk menampilkan informasi singkat tentang apa yang akan ditemukan oleh target market, saat membuka tautan tersebut. Maka dari itu, penting untuk mencantumkan solusi atau manfaat yang akan mereka peroleh.

Meta description memegang peranan yang penting. Tidak hanya untuk menampilkan kilasan informasi, juga menunjukkan kualitas dari konten yang Sobat Lakuuu buat.

#3 Sisipkan SEO lokal

Langkah ini akan sangat berguna bagi Sobat Lakuuu yang menargetkan pelanggan dari wilayah tertentu. Bagaimana cara menggunakan local SEO ini?

Sobat Lakuuu cukup menyisipkan nama wilayah ke meta deskripsi konten. Dengan begitu, konten akan menembus orang-orang yang mencari konten ataupun produk yang berkaitan di suatu wilayah tertentu.

#4 Tulis meta description yang spesifik dan relevan

Menulis deskripsi yang umum atau bahkan tidak relevan akan membuat first impression website Sobat Lakuuu tampak tidak profesional.

Agar barang atau jasa Sobat Lakuuu bisa menembus pasar yang diinginkan, tulislah meta deskripsi yang relevan, sehingga memudahkan target market menemukan dan menjangkau website Sobat Lakuuu.

#5 Keyword stuffing? Jangan!

Memasukkan berbagai macam kata kunci atau keyword stuffing dalam meta description adalah kesalahan besar dan hanya menurunkan kredibilitas website Sobat Lakuuu.

Hal ini berhubungan dengan poin sebelumnya, yaitu spesifik dalam menulis sebuah meta description, dan bukannya membombardir dengan beragam keyword dengan harapan masuk ke dalam halaman utama mesin pencari.

Cobalah untuk membuat meta description sesuai dengan tips diatas.

#6 Batasi jumlah karakter!

Pernah melihat meta description yang terpotong karena terlalu panjang? Jika dilihat dengan mata, sebagian besar pasti akan setuju bahwa deskripsi ini tidak menarik untuk dibaca, iya kan?

Sobat Lakuuu, apabila ingin membuat meta description, batasi jumlah karakter di dalamnya. Jumlah karakter ideal untuk meta deskripsi adalah 150-160 karakter. Sehingga, yang muncul di mesin pencarian menjadi rapi.

#7 Manfaatkan Call-to-Action (CTA)

Tujuan meta deskripsi adalah untuk menarik pengunjung agar mengklik konten yang Sobat Lakuuu miliki. Dengan begitu, kehadiran CTA atau Call-to-Action sangatlah penting.

CTA berfungsi mengajak pengunjung untuk melakukan suatu tindakan tertentu sesuai yang diinginkan Sobat Lakuuu. Melakukan transaksi, mendaftarkan email, atau berlangganan produk. 

Adapun kata dan kalimat CTA yang terbukti efektif mendatangkan traffic dan meningkatkan penjualan adalah,

  1. “yuk cek di sini!”;
  2. “klik tautan ini sekarang!”;
  3. “klik tombol di bawah!”;
  4. “klaim hadiah kamu sekarang!”; dan lain sebagainya.