Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Website Phishing, Kejahatan Dunia Maya yang Merugikan

by Lakuuu 31 March 2022

website-phishing-kejahatan-dunia-maya-yang-merugikan

Kejahatan dunia maya tidak pernah sepenuhnya musnah dari zaman yang terus berkembang ini. Teknologi yang semakin canggih memberi dua dampak umum pada masyarakat yaitu, negatif dan positif.

Bagi yang sudah Sobat Lakuuu ketahui, bahwa dengan kecanggihan teknologi manusia dapat mudah mengakses informasi dari arah mana saja dan juga tidak tentu waktu. Semua tergantung dari kebutuhan masing-masing.

Bila dilihat dari dampak positif, merupakan hal menguntungkan. Tetapi, akan selalu ada oknum yang memanfaatkan hal baik tersebut menjadi ajang mencari solusi instan untuk suatu ambisi.

Seperti halnya website phising yang semakin meresahkan para pengguna jejaring internet. Alih-alih ingin mendaftarkan diri pada web resmi, sebagian Sobat Lakuuu justru bisa saja tertipu dan akun terancam dibobol paksa.

Apa yang Dimaksud dengan Website Phishing?


Demi mengenal lebih jauh salah satu kejahatan dunia maya yaitu website phising. Sobat Lakuuu perlu tahu apa yang dimaksud dengan phising, agar ke depannya mudah memahami segala ketersangkutannya.

Secara luas, metode yang masuk ke dalam perilaku menyimpang ini merupakan bagian dari kasus cyber crime. Perkembangannya sungguh pesat, dan bahkan menyamai kecanggihan teknologi itu sendiri.

Lebih tepatnya, website phising merupakan cara membobol paksa atau mengambil data pribadi seseorang (penipuan data) dengan cara ilegal. Umumnya, oknum akan membuat sebuah web palsu untuk mengelabui.

Contoh dari data yang diambil adalah nomor kartu kredit, sebuah kata sandi, informasi sensitif seperti jumlah rekening dan sebagainya. Ini dilakukan agar oknum bisa dengan mudah menggunakan akun tersebut.

Dan cara ini tidak tanggung-tanggung karena sering menyerang korban nasabah sebuah bank. Dapat Sobat Lakuuu bayangkan berapa kerugian yang didapat korban bila oknum berhasil mendapatkan seluruh datanya.

Selain itu, website phising juga sangat baik dari segi tampilan atau juga nama domainnya. Tentu saja semua detail ini demi menutup kemungkinan calon korban curiga atas aksinya.

Dari penjelasan singkat salah satu kejahatan di dunia maya ini, maka dapat disimpulkan jika website phising adalah wadah menarik orang untuk masuk ke dalam jebakan oknum penipuan berdasar ingin mengambil untung.

Website Phishing, Kejahatan Dunia Maya yang Merugikan


Setelah mengetahui penjelasan awal dari website phising, Sobat Lakuuu pasti sudah bisa melihat titik di mana metode ini menjadi sangat terlarang untuk digunakan. Hal paling utama adalah merugikan banyak pihak.

Sehingga tidak salah jika masuk ke dalam jajaran kejahatan dunia maya. Aktivitas yang terus marak sepanjang penggunaan jaringan online masih berlaku ini, juga terus menimbulkan risau dari berbagai masyarakat.

Bukan hanya memang membutuhkan website resmi itu untuk mendaftar demi melakukan suatu kegiatan, tetapi juga pada pihak lembaga atau layanan yang menyediakan fasilitas online tersebut.

Phising adalah tindakan yang tidak melihat siapa korbannya. Entah, bisa jadi kalangan remaja bahkan orang dewasa semua berada di akses lingkup kejahatannya.

Meski di Indonesia sendiri cukup sering phising hanya untuk akun sosial media ketimbang data bank. Namun tetap saja memberikan rasa tidak nyaman pada setiap penggunanya.

Terlebih, oknum kejahatan dunia maya saat bertindak bisa sangat ‘halus’, sehingga orang lain tidak sadar bahwa data pribadinya telah bocor. Ini dikarenakan, mereka mengatasnamakan suatu lembaga atau pihak berwenang.

Ada beberapa jenis phising lain yang sering digunakan, yaitu melalui email, spear phishing, whaling dan website phishing. Pertama, sesuai namanya, oknum mengelabui korban menggunakan sebuah akun email.

Kedua, spear phishing tidak jauh berbeda dengan email, tetapi lebih mengutamakan target dengan beberapa ketentuan. Seperti sudah mengetahui informasi dasar korban, mencakup aspek nama dan alamat.

Whaling adalah tindakan phising yang menargetkan suatu perusahaan besar atau memiliki kewenangan tinggi, sehingga mendapatkan untung lebih banyak. Sedangkan, web phising memanfaatkan website palsu.


Ciri dan Cara Menghindari Web Phising


Sobat Lakuuu pasti sudah memahami dengan jelas bagaimana bahaya dan merugikannya kejahatan dunia maya, yaitu website phising ini. Karena itu, ada beberapa ciri dan cara untuk bisa menghindarinya.
Ciri pertama, dengan memastikan domain situs yang Sobat Lakuuu masuk hanya ada satu. Alamat setiap website itu unik, sehingga bisa coba menganalisanya terlebih dahulu menggunakan cara yang beredar di internet.
Kedua, memperhatikan copywriting pada bagian halaman log in. Jika Sobat Lakuuu menyadari kalimat persuasif yang digunakan terlalu memaksa, ada kemungkinan besar itu adalah situs palsu.
Setelah itu, ada beberapa cara untuk menghindarinya seperti berikut :

1.      Disarankan untuk memastikan domain bersangkutan, atau menyimpan halaman pada bookmark jika sudah pernah membuka situs resminya.
2.      Jangan terpancing untuk mengklik email mencurigakan. Sobat Lakuuu bisa abaikan.
3.      Sederhana namun sangat penting, yaitu memeriksa akun secara rutin serta mengganti password jika dirasa terlalu mudah dibobol orang.
4.      Memperkuat patch keamanan pada komputer atau laptop demi mengantisipasi ‘hacker’ membobol akun Sobat Lakuuu.

Seakan tidak pernah ada habisnya, seseorang tega mendapatkan keuntungan dari merugikan orang lain. Salah satu perilaku menyimpang ini, sangat umum dilakukan oleh oknum yang tergiur dengan  cara instan.

Terlebih, cara membuat situs phising sangat mudah dan dapat dibuat sendiri oleh oknum.  Kejahatan dunia maya seperti ini secara berkala harus bisa diberantas dengan cara meningkatkan keamanan dan kewaspadaan.