Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Brand Sneakers Compass, dari Lokal Menjadi Go Internasional

by Lakuuu - 19 March 2022

brand-compass-go-internasional
Source: Instagram @sepatucompass


Brand sneakers Compass menjadi banyak perbincangan, dikarenakan harganya yang ramah dan kualitas serta desainnya yang bagus. Materialnya twill, bahannya lebih lentur dan tidak setebal kanvas sehingga nyaman digunakan.


Selain karena kualitasnya, sneaker ini menjadi perbincangan karena bisa menjelma dari produk dengan brand local menjadi produk go internasional dan berkolaborasi dengan brand – brand unggulan luar negeri.


Sejarah dan Perkembangan Sneakers Compass



Produsen sepatu Compass sudah memulai produksi tahun 80-an namun belum memiliki merek sendiri tapi masih menjadi vendor untuk sepatu dengan merek luar negeri.


Baru pada tahun 1998 Brand Compass dimulai dari Bandung. Di tahun 2000 brand ini sempat terpuruk dikarenakan minat masyarakat yang lebih memilih produk impor. Brand ini bangkit kembali tahun 2017 karena model Gazelle Vintage sangat digemari.


Salah satunya adalah karena kinerja Aji Handoko sebagai creative director brand yang menaikkan kembali pamor Compass melalui riset, desain strategi dan pemasaran sepatu Compass.


Strategi Penjualan Produk dan Kolaborasi Figur



Strategi penjualan produk yang apik membuat Sneakers Compass diburu oleh para pecinta sneakers. Diantara yang dilakukan adalah menjaga kualitas produk tetap unggul, membuat produk dengan edisi terbatas, berkolaborasi dengan brand lokal papan atas dan bekerja sama dengan influencer terkenal.


Kolaborasi brand Compass dengan brand pakaian terkenal sangat mempengaruhi penjualan sneakers ini. Salah satunya pada tahun 2019, Compass berkolaborasi dengan reseller store Amerika bernama Round Two Hollywood.


Roundtwo adalah penjual barang – barang bekas dan pernah bekerjasama dengan Nike untuk mendesain sepatu Nike Air Max 1 yang dipadukan dengan siluet Nike Air 97. Sepatu hasil desainnya adalah salah satu yang terbaik dan disukai banyak orang.


Compass juga disinyalir berkolaborasi dengan brand Fxxking Rabbits sebuah streetwear dari Jepang. Selain itu popularitas sneakers Compass semakin meningkat karena review influencer fashion seperti “Bryant” Brian Notodihardjo, dr. Tirta dan Boim di media sosialnya.


Penjualan dengan Edisi yang Terbatas



Ada beberapa jenis sneakers yang dibuat dan dijual dalam jumlah terbatas sehingga semakin membuat orang penasaran dengan brand Sneakers Compass. Seperti Sepatu Compass 98 Vintage Sneakers seri Gazelle model hi-top di mana satu orang hanya boleh membeli satu pasang sepatu saja.


Produk ini memiliki spesifikasi bahan kanvas sueding 6 oz di upper serta lining upper, tambahan ornamen dari kulit sapi, hook dan gold eyelet, tali sepatunya dari katun dengan wax, label woven dan melalui proses vulkanisasi.


Sepatu ini dibuat dalam jumlah terbatas yaitu hanya 300 pasang, yang pemesanannya dibagi dalam 2 gelombang yaitu gelombang pertama pada Pameran Wall of Fades yang merilis 240 pasang dan gelombang kedua merilis 60 pasang dalam waktu yang masih rahasia.


Cara Memilih Sneakers yang Nyaman



Banyaknya produk sneakers di pasaran membuat Sobat Lakuuu harus jeli dalam memilih produk. Beberapa aspek yang dapat dilihat untuk membedakan produk asli atau tiruan diantaranya adalah:


1.  Memilih Sneakers sesuai Aktivitas



Ada berbagai bentuk sneakers yang dibuat sesuai aktivitas yang dilakukan. Ada sneakers yang dirancang untuk fungsi khusus seperti olahraga atau hanya untuk santai bersama dengan teman.


 


2.  Ukuran Sepatu yang Pas



Ukuran sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki akan membuat sepatu tersebut nyaman digunakan dan mengurangi resiko cedera serta membuat brand Sneakers Compass nyaman digunakan.


 


3.  Jangan Terpaku pada Merk



Sneakers dengan merk luar negeri belum tentu bagus dan cocok di kaki Sobat Lakuuu. Sebaiknya gunakan sepatu dengan kualitas yang baik, harga wajar dan nyaman ketika digunakan.


Salah satu yang membuat sepatu nyaman digunakan adalah bantalan sepatu atau cushion shoes yang tebal dan nyaman sehingga tidak membuat kaki sakit.


 


4.  Budget yang Ramah di Kantong



Sebelum membeli sepatu, pastikan terlebih dahulu budget untuk membelinya. Jangan mudah tergoda pada diskon  dan pastikan harganya masih sesuai dengan anggaran Sobat Lakuuu.


 


5.  Bedakan Produk Asli dan Tiruan



Produk sneakers terkenal seperti brand sneakers Compass banyak ditiru di pasaran dan dijual dengan harga yang murah. Untuk menghindari penipuan, tips – tips yang dapat diperhatikan adalah:


1.       Harganya yang Wajar


Hal pertama yang perlu dilihat adalah harga, sepatu sneakers asli biasanya berharga di atas Rp. 5 ratus ribu hingga Rp. 8 juta. Bila Sobat Lakuuu menemukan Sneakers dengan harga yang sangat miring namun desainnya mirip dengan band ternama maka boleh curiga.


2.       Informasi yang Sesuai


Bandingkan tulisan pada box dengan label sepatu, apakah informasi mengenai warna, Negara produsen, dan ukuran adalah sama atau berbeda.


3.       Perhatikan Logo


Logo yang terpasang pada sneakers tiruan biasanya memiliki banyak cacat. Mulai dari arah yang tidak sesuai, warna yang berbeda, dan penempatan yang tidak sesuai.


4.       Sol yang Khas


Sneakers asli umumnya memiliki sol yang khas, sedangkan sneakers tiruan biasanya tidak memperhatikan detail sampai hal tersebut.


5.       Bandingkan Jahitan dan Bahannya


Sneakers branded yang asli pasti dijahit dengan rapi, tidak ada sisa kain dan menggunakan bahan yang lembut serta berkualitas.


 


6.  Beli di Store Terpercaya



Cara terbaik membeli sepatu Sneakers branded adalah datang langsung ke store aslinya. Namun bila Sobat Lakuuu ingin membelinya secara online, pastikan membeli di toko yang terpercaya.


Salah satu caranya adalah dengan melihat review pembeli di akun tersebut.


 


Sneakers Compass melakukan banyak terobosan agar dapat bertahan di tengah persaingan sneakers global. Diantaranya dengan melakukan kolaborasi dengan influencer dan brand unggulan, itulah yang membuat brand Sneakers Compass dapat go internasional.



Bagikan artikel

Artikel Terkait

memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...
foto-produk-fashion-yang-menarik
Tips & Trik
Perhatikan 7 Hal Penting Ini Untuk Mendapatkan Hasil Foto Produk Fashion yang Menarik
Sobat Lakuuu, cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis selain melakukan branding adalah dengan menghasilkan foto produk katalog yang mampu ...
rahasia-sukses-berjualan-di-website
Tips & Trik
Kupas Sampai Tuntas 5 Rahasia Sukses Berjualan di Website
Sobat Lakuuu tertarik dengan bisnis perniagaan online? Sudah tahu belum rahasia sukses berjualan di website? Atau malah ...
membuat-copywriting-terlihat-menarik
Tips & Trik
5 Cara Agar Membuat Copywriting Terlihat Menarik
Perlunya membuat copywriting terlihat menarik. Copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk ...