Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

5 Cara Dukung UMKM Lokal yang Bisa Kamu Lakukan

by Lakuuu Team - 19 July 2021

cara-dukung-umkm-lokal
Tahukah kamu apa itu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)? Yap, ia adalah usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga atau badan usaha kecil. UMKM ibarat sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, karena dengan hadirnya mereka dapat memperluas kesempatan dan penyerapan tenaga kerja yang berefek pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.  

Pemerintah melakukan berbagai macam cara dalam mendukung keberlangsungan UMKM ini. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan modal tunai kepada pelaku UMKM melalui anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Meskipun sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun masih kurang rasanya kalau tidak didukung juga oleh masyarakatnya, termasuk kita. Nah, di sini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukung UMKM lokal lho, Sobat Lakuuu. Ikuti terus artikel ini ya!

1.   Membantu Mempromosikan UMKM Lokal

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membantu UMKM lokal yaitu dengan mempromosikan atau mengiklankan produknya. Salah satu caranya yaitu melalui media sosial. Dengan begitu, kamu akan membantu meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk atau jasa dari UMKM lokal yang kamu promosikan. Selain itu, kamu juga bisa merekomendasikan produk dan jasa UMKM lokal ke teman dan keluargamu. 

2.   Follow Media Sosial UMKM Lokal

DI zaman sekarang ini, hampir semua orang memiliki dan aktif di media sosial. Nah, kamu bisa mendukung UMKM lokal dengan cara ikuti atau follow media sosial mereka. Lalu, aktif berinteraksi di postingan mereka. Semakin banyak interaksi pada postingan mereka, maka kamu membantu mereka meningkatkan engagement dan memperluas jangkauan usaha mereka.

3.   Membeli Produk UMKM Lokal

Saat ini, dengan adanya marketplace, sangat memudahkan penggunanya untuk membeli produk bukan dari dalam negeri saja, tapi juga dari luar negeri. Menggunakan produk luar memang seringkali membuat kita merasa semakin percaya diri dan bangga. Tapi, membeli produk lokal justru lebih membanggakan lho, Sobat Lakuuu. Dengan kamu membeli produk lokal, maka kamu telah mendukung UMKM lokal. Bahkan, kualitas produk lokal juga tidak kalah keren kok.

4.   Dampingi UMKM Lokal

Kamu juga bisa lho mendampingi mereka dengan cara memberikan informasi atau ilmu kepada UMKM lokal. Kalau kamu punya ilmu atau keahlian di suatu bidang, jangan ragu untuk memberikan pelatihan kepada mereka. Selain itu, kamu juga bisa memberikan dukungan emosional kepada mereka, supaya mereka semakin semangat dan terdorong untuk mengembangkan usahanya.

5.   Berikan Review Positif untuk Setiap Produk yang Kamu Beli

Cara terakhir untuk mendukung UMKM lokal adalah dengan memberikan review atau penilaian positif. Beri mereka penilaian, saran, maupun kritik yang membangun ya, Sobat Lakuuu! Setelah membaca review positif kamu, mereka pasti akan senang dan terdorong untuk meningkatkan kualitasnya. Selain itu, review yang kamu tulis juga akan berdampak pada respon orang lain supaya terdorong juga untuk ikut membeli produknya.

Itu dia beberapa cara dukung UMKM lokal yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, sudah siap untuk ikut andil dalam mewujudkan peningkatan ekonomi di Indonesia? Manakah cara yang akan kamu lakukan pertama kali nih, Sobat Lakuuu?

Bagikan artikel

Artikel Terkait

pengertian-umkm-dan-ciri-usaha
UMKM
Pengertian UMKM dan Ciri Usaha yang Wajib Diketahui
Usaha Mikro Kecil Menengah atau sering disingkat UMKM menjadi tema yang terus diperbincangkan hingga sekarang. Hal ini terjadi karena ...
strategi-umkm-di-masa-pandemi
UMKM
Strategi UMKM di Masa Pandemi Agar Mampu Bertahan dan Bangkit
Strategi UMKM di masa pandemi sangat penting demi kelangsungan suatu usaha. Di tengah kondisi pandemi saat ini, semua berjuang bersama untuk ...
bisnis-umkm-go-digital
UMKM
6 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis UMKM Go Digital
Kabar bahagia bagi para UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih maju lagi dengan go digital. Sebab, saat ini UMKM bisa ...
rekomendasi-interior-rumahmu
UMKM
6 Rekomendasi Produk Lokal untuk Mempercantik Interior Rumahmu!
Rekomendasi produk lokal interior rumah sangat diperlukan untuk mempercantik hunian. Terkadang banyak orang melakukan ...