Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

Bisnis Produk Viral, Gunakan 5 Cara Ini Sebelum Memulai

by Lakuuu 23 April 2022

cara-sebelum-memulai-bisnis-produk-viral

Memiliki bisnis produk viral memang memiliki keuntungan tersendiri, terutama dalam hal kemudahan marketing. Sebab barang atau jasa yang ditawarkan memang sedang banyak dicari oleh konsumen.

Meski demikian, Sobat Lakuuu perlu untuk membuat riset terlebih dahulu untuk mengetahui hal apa yang sedang banyak digemari. Dengan begitu memulai membuka usaha bisa jauh lebih mudah dan sesuai dengan apa yang sedang dicari banyak konsumen.

Penting juga untuk diperhatikan jika meskipun layanan baik barang maupun jasa yang diberikan banyak dicari orang, strategi marketing juga perlu diterapkan. Nantinya, Sobat Lakuuu juga bisa merambah hingga dunia online untuk mendapat konsumen lebih luas.


5 Cara Riset Bisnis Produk Viral

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa riset sangat penting sebelum memulai bisnis produk yang viral untuk mengetahui potensi laku atau tidak di pasaran. Informasi yang didapatkan dalam riset termasuk juga dari harga, kualitas, maupun saingan. Berikut adalah cara-caranya.

1.  Google Trend
Google trend merupakan salah satu tool yang dapat menunjukkan seringnya pengguna internet mencari tentang suatu topik. Oleh karena itu Sobat Lakuuu bisa memanfaatkannya untuk mencari bisnis produk viral.

Apalagi saat ini sudah ada banyak fitur sehingga memudahkan penggunanya untuk mempelajari topik tersebut. Misalnya saja rentang waktu, kategori, lokasi, juga jenis pencarian. Dengan begitu, hal-hal populer dapat disesuaikan dengan target pasar.

2.  Google Keyword Planner
Tool yang disediakan oleh Google lain untuk dapat Sobat Lakuuu gunakan adalah Keyword Planner. Di sana berbagai informasi mengenai potensi ide keyword, jumlah volume keyword, juga estimasi performa dapat diketahui.

3.
  Survei di Marketplace
Sobat Lakuuu juga dapat melakukan riset dengan membuka berbagai marketplace populer untuk melihat produk apa saja yang sedang laris. Dengan begitu, akan lebih mudah mempertimbangkan barang yang ingin dijual.

4.  Review Produk
Review produk dari konsumen biasanya akan dilakukan ketika sebuah barang memiliki tingkat penjualan tinggi atau trending. Cara ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk meriset apa saja yang sedang digemari dan dicari banyak orang.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk melihat kelebihan maupun kekurangan dari barang dari kompetitor. Dengan mempelajari hal ini, maka Sobat Lakuuu bisa menerapkannya dalam strategi bisnis agar lebih banyak konsumen datang.

5.  Survei Kuesioner
Cara riset untuk menemukan bisnis produk viral ini melakukan pendekatan langsung pada konsumen sehingga informasi yang Sobat Lakuuu dapatkan akan lebih mendalam dan detail. Kuncinya adalah pertanyaan untuk responden sesuai target pasar.

Menggunakan kuesioner dapat dilakukan ketika merilis sebuah produk baru maupun untuk mengetahui kualitas dan performa brand usaha. Jika mengalami peningkatan, maka dapat terus dikembangkan. Sementara jika sebaliknya, maka dapat segera diperbaiki.


Strategi Marketing Bisnis Produk Viral

Setelah melakukan riset untuk bisnis produk yang viral dan mulai memasarkannya, maka perlu untuk memiliki strategi marketing. Cara ini dilakukan untuk menarik lebih banyak konsumen sehingga usaha yang dijalankan dapat lebih berkembang.

Jika Sobat Lakuuu menjual produk-produk yang sedang viral, maka dapat juga menggunakan strategi viral marketing. Banyak pemilik usaha menggunakannya dan terbukti efektif sebagai teknik pemasaran agar dikenal masyarakat luas dalam waktu singkat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah iklan menggunakan humor menggelitik, cara ini akan banyak menarik perhatian. Selanjutnya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan.

Cara selanjutnya adalah dengan memudahkan pengguna internet melakukan share terhadap bisnis produk yang sedang viral yang diiklankan lewat sosial media. Salah satu caranya adalah membuat video-video reaksi ketika pertama kali mencoba barang yang ditawarkan.

Memberikan hadiah atau giveaway akan memberikan kesempatan konten tersebar cepat selama periode pemberian hadiah tersebut, konsumen juga menjadi lebih banyak. Dan terakhir adalah dengan membuat relasi terhadap perusahaan lain agar bisnis terus berjalan.


Memulai Bisnis Produk Viral di Olshop


Dengan perkembangan internet semakin pesat, maka penting untuk merambah olshop sebagai tempat memasarkan bisnis produk yang viral. Cara ini juga memungkinkan untuk mendapatkan calon pembeli hingga luar daerah.

Meski demikian, memulai untuk menjual di online shop juga perlu cara-cara tepat agar lebih efektif. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting untuk Sobat Lakuuu persiapkan sebelum memulainya.

Pertama adalah dengan memperhatikan kualitas produk, dalam hal ini juga termasuk kurir pengantar hingga ke tangan pembeli. Selanjutnya platform yang Sobat Lakuuu gunakan harus sesuai dengan bisnis produk viral yang akan dipasarkan.

Foto barang yang akan dijual dengan semenarik mungkin agar calon pembeli merasa penasaran dan ingin membeli barang tersebut. Agar tidak bingung, Sobat Lakuuu dapat mencari contoh foto bagus untuk promosi dan menerapkannya.

Terakhir adalah dengan memberikan reward atau potongan harga kepada pembeli, misalnya dengan menggunakan cara beli satu gratis satu. Seperti diketahui, banyak calon konsumen tergiur dengan diskon sehingga cara ini bisa menjadi efektif.

Ada hal-hal penting dan perlu diperhatikan jika akan memulai usaha seperti riset, strategi pemasaran, juga memanfaatkan platform online. Dengan cara ini bisnis produk viral akan lebih banyak mendatangkan pembeli.