Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

Mengembangkan Bisnis UMKM dengan Bergabung ke Komunitas

by Lakuuu - 14 March 2022

komunitas-bisnis-umkm

Jika ingin mengembangkan bisnis UMKM, peran komunitas sangat penting. Jangan secara total bergantung pada kemampuan pemasaran diri sendiri. Bisnis ini sangat luas dan selalu butuh peran orang lain. Bergabung ke komunitas tertentu, terkhusus bisnis, akan penting!


Berbicara soal bisnis, banyak yang ingin membuka bidang usaha ini. Tetapi ada juga yang takut gagal membuat bisnis berkembang dan berakhir rugi. Benar, menjalankan bisnis ini tidak boleh sepenuhnya bergantung pada modal dan niat usaha saja, ada peran eksternal juga.


Bisnis telah menjadi roda perekonomian dan lembaga usaha yang terdaftar juga semakin hari semakin bertambah. Total kini, sudah ada ratus ribuan jenis usaha yang terdata di pusat data. Sementara itu, bank Indonesia klaim kalau UMKM adalah penopang bisnis terbesar.


Melihat hal tersebut, maka tidak sulit untuk mencari rekan bisnis. Setidaknya ada saja orang di sekitar yang membangun karir sebagai pebisnis, terlebih di bidang UMKM. Jangan hanya bergantung pada diri sendiri karena komunitas akan berikan efek yang lebih besar.


Manfaat Komunitas Dalam Mengembangkan Bisnis UMKM



Memberikan kontribusi yang luar biasa ke masyarakat, menjadi roda perekonomian, hingga banyak keuntungan lain yang bisa didapat. Hal tersebut yang menjadi penilaian utama soal apa yang membuat UMKM bisa menjadi kesempatan besar untuk belajar lebih banyak.


Berbicara soal belajar lebih banyak, maka orang yang berpengalaman tentu saja lebih tahu soal hal tersebut. Coba dulu bergabung ke komunitas dan kami jamin kalau bisnis akan berkembang pesat. Karena dari bergabung dengan komunitas, manfaat ini akan terasa:


1.  Memberikan Feedback


Membangun dan mengembangkan bisnis UMKM tidak akan lepas dari yang namanya feedback. Feedback merupakan umpan balik, atau lebih simpelnya merupakan saran atau komentar terhadap ide, produk, atau jasa yang ditawarkan pada UMKM.


Mengapa hal ini penting? Alasannya adalah karena feedback dari orang luas itu menggambarkan kondisi dan persepsi dari para calon pembeli saat melihat produk yang Sobat Lakuuu tawarkan. Jangan semua hanya pendapat diri sendiri saja.
 

2.  Kerja Sama



Dengan bergabung ke satu komunitas tertentu, ini tidak menutup kemungkinan bahwa akan ditawarkan kesempatan untuk kerja sama, atau istilahnya kolaborasi. UMKM adalah sarana untuk berkembang dan kerja sama bisa menjadi caranya.


Sobat Lakuuu misalnya menawarkan sebuah produk sepatu, sementara teman yang di komunitas merupakan desainer. Maka kerja sama bisa dilakukan hingga penjualan sepatu meningkat dengan pesat berkat ide dan produk dari Sobat Lakuuu itu.


 3.  Memperluas Relasi



Relasi juga selalu diperlukan untuk mengembangkan bisnis UMKM. Komunitas adalah tempat berkumpulnya orang yang sadar akan pentingnya komunitas dan selalu bertemu dengan orang-orang baru. Dari sini juga bisa melihat peluang tumbuh.


Sobat Lakuuu yang bergabung di komunitas secara otomatis akan dikenali. Sehingga ketika teman di komunitas perlu sebuah produk yang ternyata Sobat Lakuuu jajalkan, maka mereka tidak perlu lagi kerepotan untuk mencari produk tersebut.


Hal yang sama berlaku juga ketika teman ketika berada di komunitas lain. Semisal ada yang butuh jasa seseorang yang bergerak di bidang Sobat Lakuuu, relasi itu pasti akan langsung terpikir soal temannya di komunitas lain. Jadi sama-sama untung.


Brand Besar Juga Selalu Mengembangkan Bisnis UMKM dari Komunitas



Coba Sobat Lakuuu bayangkan bagaimana kehadiran brand-brand besar saat ini dimulai. Tak lain ini karena peran komunitas yang mereka ikuti. Riset pasar menjadi satu poin penting di komunitas dan kemampuan riset ini tidak selalu dimiliki oleh pebisnis, terutama pemula.


Semakin banyak informasi yang pengembang brand besar terima, maka semakin besar juga ide yang bermunculan. Strategi pemasaran menjadi sangat strategis karena mendegar apa saja yang dikeluhkan orang dalam komunitas saat itu, jadi selalu aktif untuk interaksi.


Tak jarang sejak pertama kali mengeluarkan ide bisnis, para pelaku usaha yang rupanya tertarik soal ide tersebut akan membangun Sobat Lakuuu mengembangkannya. Mulai dari membantu promosi atau melakukan kolaborasi untuk produk yang bisa semakin bagus.


Komunitas Seperti Apa yang Mampu Mengembangkan Bisnis UMKM?



Benar, komunitas selalu menjadi pintu gerbang untuk semakin berkembang, apalagi jika ada expert di bidang usaha ini yang menemani Sobat Lakuuu jadi sukses. Tetapi tidak semua jenis komunitas adalah yang dapat membangun, ada beberapa kriteria soal komunitas itu.


Untuk membangun relasi bisnis yang lebih luas, maka komunitas yang wajib menjadi pilihan adalah yang diisi oleh para tokoh expert yang juga memiliki tujuan sebagai pengusaha sukses. Sebisa mungkin yang sudah jelas memiliki fasilitas yang menunjang anggotanya.


Artinya, di dalam komunitas itu harus ada tekad kuat sama-sama untuk mewujudkan impian bersama. Komunitas memang diisi oleh banyak orang yang siap mencari tantangan baru. Jika Sobat Lakuuu adalah anak muda, bisa juga memilih komunitas yang diisi pebisnis muda.


Menjadi sukses adalah cita-cita dan kesuksesan tidak dapat diraih secara instan. Semua butuh proses dan saat melewati semua proses itu, akan diisi oleh banyak tantangan. Disini juga peran besar dari komunitas untuk mengembangkan bisnis UMKM dapat terlihat.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

cara-dukung-umkm-lokal
UMKM
5 Cara Dukung UMKM Lokal yang Bisa Kamu Lakukan
Tahukah kamu apa itu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)? Yap, ia adalah usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga atau badan usaha kecil. UMKM ibarat sebagai ...
alasan-kompetitor-tawarkan-harga-murah
Insight
Perang Harga, Ini Alasan Kompetitor Tawarkan Harga Murah
Menjalankan suatu bisnis pasti tidak terhindar dari yang namanya perang harga, yaitu kondisi dimana antar pebisnis saling bersaing dengan menurunkan harga demi ...
bisnis-rumahan-yang-menguntungkan
Insight
Ini 5 Daftar Bisnis Rumahan 2021 yang Menguntungkan
Pada tahun ini, peluang usaha rumahan tengah marak dan digandrungi oleh berbagai kalangan. Bagaimana tidak? Anda dapat dengan mudah menjalankan bisnis ini ...
pentingnya-review-dan-testimoni-untuk-bisnis
Insight
Pentingnya Review dan Testimoni Untuk Bisnis Agar Semakin Sukses
Pentingnya review dan testimoni untuk bisnis dimasa sekarang dan masa depan tentulah sangat berpengaruh. Mungkin belum begitu banyak yang menyadari manfaat dari ...