Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
UMKM

5 Tren Bisnis UMKM di Tahun 2022, Catat Sekarang!

by Lakuuu - 30 January 2022

tren-bisnis-umkm
Diprediksi pandemi covid-19 akan mulai menurun di tahun 2022. Tentu saja, prediksi di atas akan terjadi jika masyarakat kuat dalam menjalankan protokol kesahatan.

Partisipasi aktif masyarakat sangat dibutuhkan dalam menurunkan angka kasus covid-19 sangat diperlukan, agar roda perekonomian kembali pulih.

Pandemi membuat seluruh perekonomian kini mulai bermigrasi menuju digital. Semua hal bisa dibeli dan dilakukan selama memiliki sambungan internet. Bisnis kelas UMKM juga dituntut untuk melakukan adaptasi dan penyesuaian. Berikut 5 tren bisnis UMKM yang akan viral di tahun 2022.

1.    Bisnis Konsultasi

Perkembangan dunia semakin cepat, dan setiap orang membutuhkan nasihat, kritik serta saran dari para profesional untuk menentukan serta pengambilan keputusan. Sobat Lakuuu yang memiliki wawasan luas dan pengalaman di bidang tertentu, bisa menjadi konsultan.

Lakukanlah personal branding dengan memanfaatkan media sosial yang tepat, agar bisa menjangkau niche atau target market yang spesifik, sehingga nantinya bisnis konsultasi Sobat Lakuuu akan dikenal oleh lebih banyak audiens dengan cepat.

2.    Online shop

Akibat pandemi covid-19, banyak karyawan yang di-PHK atau “diliburkan” untuk sementara waktu sampai situasi dan kondisi telah membaik. Adapun sebagian besar perusahaan yang tidak bisa bertahan terpaksa untuk gulung tikar.

Banyak masyarakat yang kini mendadak menjadi pedagang online, baik dengan menerapkan sistem reselling, dropshipping, atau Bahkan membuat produk mereka sendiri.

Tidak ada salahnya untuk memulai membuka toko online. Cobalah untuk menjual produk-produk yang memang Sobat Lakuuu sukai. Contohnya, jika Sobat Lakuuu suka dengan fashion, cobalah menjual baju, celana, atau Bahkan aksesoris penunjang fashion.

3.    Bisnis katering

Percaya atau tidak, bisnis katering seakan tidak akan pernah ada matinya. Semua orang butuh yang namanya makan, kan? Tapi, banyak masyarakat metropolitan alias masyarakat modern yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan makanannya sendiri.

Ini bisa menjadi kesempatan emas bagi Sobat Lakuuu untuk berbisnis makanan, khususnya katering dengan menggunakan sistem berlangganan, atau cara lain agar konsumen tertarik untuk membeli katering Sobat Lakuuu.

4.    Coffee shop

Bukan menjadi rahasia umum lagi, coffee shop masuk ke dalam daftar tren bisnis 2022 yang akan viral. Pasalnya, cobalah lihat setiap sudut perkotaan. Ada banyak coffee shop berdiri tegak yang memiliki penikmatnya tersendiri.

Coffee shop dipercaya akan semakin terkenal, dan akan banyak generasi milenial yang memutuskan untuk keluar dari Pekerjaan monotonnya, dan beralih menjadi pebisnis kedai kopi.

5.    Kursus akademik dan non-akademik daring

Keuntungan adanya akses internet adalah informasi yang tidak terbatas. Semua orang yang terhubung dengan internet, bisa mendapatkan hampir semua informasi, baik gratis maupun ekslusif yang sifatnya berbayar.

Sobat Lakuuu yang memiliki passion dalam bidang pendidikan dan kemampuan untuk membimbing orang lain, membuka kursus akademik atau non-akademik bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya menolong orang lain, ini bisa menjadi side hustle yang menjanjikan.

6.    Jasa penulisan SEO

Banyak perusahaan yang kini berfokus pada Bagaimana menjangkau lebih banyak audiens melalui website mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat konten artikel SEO yang tidak hanya bermanfaat, tetapi juga mampu mendatangkan traffic.

Memang, menulis artikel SEO tidak langsung mendatangkan traffic organik ke situs halaman. Membutuhkan waktu dan strategi yang tepat agar website mampu perlahan demi perlahan menjangkau audiens.  
Bagikan artikel

Artikel Terkait

cara-dukung-umkm-lokal
UMKM
5 Cara Dukung UMKM Lokal yang Bisa Kamu Lakukan
Tahukah kamu apa itu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)? Yap, ia adalah usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga atau badan usaha kecil. UMKM ibarat sebagai ...
pengertian-umkm-dan-ciri-usaha
UMKM
Pengertian UMKM dan Ciri Usaha yang Wajib Diketahui
Usaha Mikro Kecil Menengah atau sering disingkat UMKM menjadi tema yang terus diperbincangkan hingga sekarang. Hal ini terjadi karena ...
strategi-umkm-di-masa-pandemi
UMKM
Strategi UMKM di Masa Pandemi Agar Mampu Bertahan dan Bangkit
Strategi UMKM di masa pandemi sangat penting demi kelangsungan suatu usaha. Di tengah kondisi pandemi saat ini, semua berjuang bersama untuk ...
bisnis-umkm-go-digital
UMKM
6 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis UMKM Go Digital
Kabar bahagia bagi para UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih maju lagi dengan go digital. Sebab, saat ini UMKM bisa ...